Kumpulan Artikel: Niat (halaman 5)

  • Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadan dengan Puasa Senin Kamis?
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 10:41 WIB
    Bolehkah berniat mengqadha (ganti) puasa Ramadan dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Bagaimana hukumnya? Menurut para ulama, mengqadha (mengganti) puasa Ramadan dapat digabung dengan puasa sunnah.
  • Niat Salat Tarawih Berjamaah dan Sendiri, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 14:26 WIB
    Niat salat tarawih berjamaah dan sendiri perlu diketahui umat Islam yang akan menjalankan salat sunah tersebut di bulan Ramadan. Berikut adalah niat tarawih berjamaah dan sendiri 2 rakaat 1 kali salam:
  • Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 14:08 WIB
    Bacaan niat sahur puasa Ramadan tidak diajaran secara khusus dalam kitab-kitab hadis maupun kitab-kitab fiqih terkemuka macam Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab.
  • Doa-Doa Ketika Membasuh Anggota Tubuh Saat Wudu
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 18:46 WIB
    Ada doa-doa khusus saat berwudu, yakni ketika membasuh anggota tubuh saat wudu dilakukan. Doa-doa ini terdapat dalam hadis shahih Bukhari dan Muslim
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Tata Cara Mandi Wajib yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:02 WIB
    Inilah tata cara mandi wajib yang perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib atau disebut juga mandi janabah (junub) adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Waktu Paling Afdhol Mengerjakan Sholat Tahajud
    Tausyiah
    Kamis, 14 September 2023 - 23:51 WIB
    Waktu pelaksanaan sholat Tahajud ini terbentang luas antara sholat Isya sampai masuknya waktu sholat Subuh. Berikut waktu paling afdhol dalam mengerjakannya.
  • Niat Puasa Ramadhan Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 22:59 WIB
    Niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris menjadi informasi penting bagi umat Islam. Sekadar info, Puasa Ramadhan 1445 Hi akan jatuh antara tanggal 11 atau 12 Maret 2024.
  • Hal-hal yang Membatalkan Tayamum yang Penting Diketahui
    Tausyiah
    Sabtu, 09 September 2023 - 05:15 WIB
    Hal-hal yang bisa membatalkan tayamum penting diketahui setiap muslim, karena hal tersebut yang bisa menjadikan tidak sahnya ibadah salat yang kita lakukan.
  • Cara Tayamum di Bis Beserta Niat dan Syaratnya
    Tips
    Kamis, 07 September 2023 - 18:06 WIB
    Cara tayamum di bis ini penting diketahui muslim yang tengah melakukan perjalanan jauh. Karena bersuci menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari setiap muslim.
  • Syarat Tayamum Beserta Tata Cara, Rukun dan Kondisi Diperbolehkannya Tayamum
    Tips
    Kamis, 07 September 2023 - 09:57 WIB
    Syarat Tayamum lengkap beserta dengan tata cara, rukun dan kondisinya akan dibahas dalam artikel ini. Tayamum merupakan salah satu cara bersuci menggunakan debu lantaran sulit mendapatkan air.
  • Cara Tayamum di Mobil, Syarat dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Rabu, 06 September 2023 - 21:22 WIB
    Cara tayamum di mobil penting diketahui umat Islam yang melakukan perjalanan jauh. Tayamum adalah pengganti wudhu jika tidak menemukan air suci.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin-Kamis dan Waktu Mengamalkannya
    Tips
    Rabu, 06 September 2023 - 17:18 WIB
    Bacaan niat puasa sunnah Senin-Kamis dan kapan waktu mengamalkannya ini, penting diketahui ketika berniat menjalankan ibadah puasa sunah tersebut. Biasanya niat dilakukan di malam hari, namun ternyata bisa juga dilakukan mendadak di siang harinya.
  • Bacaan Salat Lengkap dari Awal Hingga Akhir Beserta Tata Cara dan Niat
    Tips
    Rabu, 06 September 2023 - 09:54 WIB
    Bacaan salat dari awal hingga akhir ini perlu diperhatikan oleh setiap muslim supaya ketika beribadah bisa maksimal dan sesuai dengan apa yang telah diajarkan Rasulullah SAW.
  • Faedah Melaksanakan Puasa Senin-Kamis yang Sangat Istimewa
    Tips
    Senin, 04 September 2023 - 10:21 WIB
    Sesuai namanya, puasa ini merupakan amalah puasa sunnah yang waktu pelaksanaannya dilakukan pada hari Senin dan hari Kamis. Dan ternyata, puasa sunnah Senin-Kamis ini memiliki banyak manfaat dan faedah bagi yang mengamalkannya.
  • Inilah Alasan Mengapa Puasa Senin-Kamis Disunahkan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 10:07 WIB
    Mungkin ada sebagian umat muslim yang ingin mengetahui, mengapa puasa Senin-Kamis menjadi kebiasaan yang dilakukan Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam?
  • Berjuang Meluruskan Niat Itu Berat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:35 WIB
    Hendaknya setiap orang meluruskan niat dalam setiap amal ibadah, terutama dalam hal menuntut ilmu. Ini merupakan pekerjaan yang berat karena niat dan ikhlas itu berat.
  • Hadis tentang Meluruskan Niat, Begini Pendapat Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20 WIB
    As-Suyuthi berkata: Ketahuilah bahwasanya telah mutawatir dari para imam tentang keagungan hadis niat. Imam Bukhari juga berkata: Tidak ada sebuah hadis yang lebih padat dan kaya faedah melainkan hadis ini.
  • Tata Cara Sholat Isya Lengkap Bacaan Niat Sendiri dan Berjamaah
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 22:46 WIB
    Tata cara sholat Isya lengkap dengan bacaan niat sendiri dan berjamaah penting diketahui umat Muslim terutama bagi anak-anak atau mualaf yang belajar sholat.
  • Puasa Nazar dan Bacaan Niatnya Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Puasa Nazar adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang karena nazar atau janji yang dilakukan. Sehingga, jika nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jika janji atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa.