Topik Terkait: Lawrens Rasyid

  • Rasyid Ridha Ditanya Orang Jawa: Bagaimana Hukum Menikahi Perempuan Penyembah Berhala?
    Dunia Islam
    Senin, 25 Desember 2023 - 19:16 WIB
    Hal ini menurutnya bermula dan pertanyaan seseorang dari Jawa (Indonesia) tentang hukum mengawini wanita-wanita penyembah berhala semacam orang-orang Cina (dan memakan sembelihan mereka).
  • Syaikh Al-Qardhawi Kupas Pernyataan Rasyid Ridha tentang Hal-Hal Berikut Ini
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 18:03 WIB
    Sayyid Rasyid Ridha mengatakan kita bantu-membantu (tolong-menolong) mengenai apa yang kita sepakati dan bersikap toleran dalam masalah yang kita perselisihkan. Apa maksudnya?
  • Kisah Sunan Muria Adu Sakti untuk Mendapatkan Si Cantik Dewi Roroyono
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 14:21 WIB
    Pathak Warak mengendap-endap ke kamar Dewi Roroyono. Gadis itu disirapnya sehingga tak sadarkan diri. Kemudian melalui genteng Pathak Warak melorot turun dan membawa lari gadis itu melalui jendela.
  • Kisah Bahlul yang Berani Menasihati Khalifah Harun Ar-Rasyid
    Hikmah
    Senin, 21 Mei 2018 - 16:26 WIB
    Siapa yang tidak kenal dengan istilah &ldquobahlul&rdquo? Istilah yang sangat populer dan seringkali diselipkan saat bercanda, mengejek atau menertawakan orang lain.
  • Ini Si Pemalu yang Dicintai Allah Taala
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Sesungguhnya Allah Maha Santun, Malu, lagi menutupi, menyukai sikap malu dan menutupi. Apabila salah seorang darimu mandi maka hendaklah ia menutupi.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Polemik Salafi: Benarkah Tidak Cocok dengan Tradisi Islam Indonesia?
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:27 WIB
    Prof Mahfud MD menilai paham Wahabi dan Salafi tak cocok dengan tradisi Islam yang ada di Indonesia. Benarkah? Lalu apa sejatinya Salafi itu? Berikut penjelasan al-Qardhawi.
  • Ridha Dengan Bala untuk Meraih Cinta Allah Taala
    Tausyiah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 06:59 WIB
    Orang yang ridha dengan bala adalah hamba yang dicintai Allah taala. Dia mencobanya dengan berbagai cobaan dan musibah, lalu ia sabar, istirja dan mengharapkan pahala di sisi Allah.
  • Air Surga dari Orang Badui untuk Baginda Harun Al-Rasyid
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 06:17 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Kisah Khalifah Harun Al-Rasyid Membagi Dunia kepada 3 Putranya di Kaki Kakbah
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Juni 2022 - 09:31 WIB
    Harun Al-Rasyid membuat sebuah piagam perjanjian yang mengikat kesepakatan di antara anak-anaknya. Kemudian menggantung piagam tersebut di dinding Kakbah.
  • Kisah Mubahalah dan Pemberontakan Keturunan Ali bin Abi Thalib di Era Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 19:38 WIB
    Hampir saban tahun sejak tahun 175 H, selalu saja ada gejolak keamanan. Pemberontakan terjadi di sejumlah wilayah, mulai dari Mesir di barat, Suriah dan sekitarnya di utara, serta Khurasan di Timur.
  • Berikut Ini Tiga Ibadah yang Paling Dicintai Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Ibadah yang sangat dicintai Allah yang pertama iman kepada-Nya, silaturahim, dan amar maruf nahi munkar. Berikut ibadah lainnya yang juga sangat dicintai Allah.
  • Serakah Tak Mengenal Usia: Kisah Nenek Renta dan Khalifah Harun Al-Rasyid
    Hikmah
    Rabu, 07 April 2021 - 22:03 WIB
    Setidaknya, kisah tentang Khalifah Harun ar-Rasyid dan nenek tua memberi contoh betapa cinta harta tak mengenal usia. Harun Ar-Rasyid adalah kalifah kelima dari kekalifahan Abbasiyah dan memerintah antara tahun 786 hingga 803.
  • Kisah Sufi: Air Surga dari Orang Badui untuk Khalifah Harun Ar-Rasyid
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 16:26 WIB
    Kisah ini diceritakan oleh Abu al-Atahiyyah dari Suku Aniza (sezaman dengan Harun al-Rasyid dan pendiri Darwis Makhara), yang namanya diabadikan dalam istilah Mascara dalam bahasa-bahasa Barat.
  • Kisah Khalifah Harun Al-Rasyid Habisi Keluarga Barmaki, Dipicu sang Wazir Hamili Adiknya
    Dunia Islam
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Khalifah Harun Al-Rasyid mengeksekusi satu persatu pentolan keluarga Yahya bin Khalid. Peristiwa ini dipicu skandal Yahya bin Khalid yang menghamili adik khalifah di luar nikah.
  • Riba Jelas Haram, Lalu Apa Makna Sejatinya Riba Menurut Al-Quran? (3-Habis)
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:44 WIB
    Ayat-ayat di atas lebih memperkuat kesimpulan bahwa kelebihan yang dipungut, apalagi bila berbentuk pelipatgandaan, merupakan penganiayaan bagi si peminjam.
  • Kisah Kegagalan Khalifah Al-Hadi Menyingkirkan Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Mei 2022 - 17:34 WIB
    Khalifah Al-Hadi berniat menyingkirkan bahkan membunuh Harun Al-Rasyid namun gagal. Ia justru tewas dibunuh budaknya sendiri atas perintah ibunya. Akhirnya, Harun menggantikannya sebagai khalifah.
  • Kisah Wafatnya Imam Musa Al-Kazhim di Penjara Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Juni 2022 - 18:25 WIB
    Pada tahun 183 H salah seorang tokoh paling terkemuka di kalangan umat Islam, Musa Al-Kazhim, meninggal dunia di dalam penjara Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Kisah Harun Al-Rasyid di Bawah Ancaman Dinasti Idrisiyah dan Kekaisaran Carolingian
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:25 WIB
    Pada tahun kedua, pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, wilayah Dinasti Abbasiyah mendapat rongrongan baru dengan lahirnya Dinasti Idrisiyah di Maroko dan bangkitnya Kekaisaran Carolingian di Eropa Barat.
  • Kisah Raja Romawi Nicephorus I Bersimpuh di Hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:28 WIB
    Dalam kondisi malu dan kalah, Nicephorus I bersimpuh di hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid dan mohon ampunan berkali-kali. Permohonan ini akhirnya dikabulkan oleh Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi Taklukkan Konstantinopel, Harun Al-Rasyid Jadi Bintang Abbasiyah
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Mei 2022 - 19:25 WIB
    Pada 165 H, Harun diperintahkan ayahnya menyerang Bizantium dengan kekuatan 100.000 prajurit terpilih. Harun berhasil menembus pertahanan Bizantium dan menghancurkan satu persatu kota mereka.