Topik Terkait: Usman Bin Affan

  • 13 Nasihat Emas Sayyidina Utsman bin Affan, Inspirasi untuk Hidup Lebih Baik
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 05:10 WIB
    Nasihat emas Sayyidina Utsman bin Affan ini bisa dijadikan inspirasi sekaligus motivasi untuk menjalani hidup lebih baik. Berikut mutiara nasihatnya.
  • Mimpi Bertemu Nabi dan Kronologi Terbunuhnya Utsman bin Affan
    Hikmah
    Senin, 23 November 2020 - 17:08 WIB
    Tidak berselang lama, masuk seseorang dari Bani Sadus yang dijuluki sebagai AlMaut Al-Aswad (Kematian hitam), lalu dia mencekik beliau dan cekikannya seperti tebasan pedang.
  • Misteri Abdullah bin Saba, Tokoh di Balik Pembunuhan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 13:43 WIB
    Abdullah bin Saba diperselisihkan. Ada sebagian ulama tarikh yang menisbatkannya ke suku Himyar. Sementara Al-Qummi memasukkannya ke dalam suku Hamadan.
  • Ketegangan Saat Sahabat Nabi Menolak Jadi Khalifah, Gantikan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
    Kaum pemberontak menyadari, tanpa kerjasama dan bantuan aktif kaum Muhajirin dan Anshar, mereka tidak akan berhasil menentukan pengganti Khalifah Utsman r.a.
  • Ini Jabatan Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan ketika Abu Bakar Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 11:38 WIB
    Abu Bakar mengangkat Umar bin Khattab untuk bidang kehakiman di Madinah. Selama setahun penuh memegang jabatan itu ia pernah berselisih dalam menghadapi berbagai perkara.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Teladan Utsman bin Affan, Khalifah Ketiga Khulafaur Rasyidin
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 20:59 WIB
    Utsman bin Affan radhiyallahu anhu adalah sahabat Nabi yang juga khalifah ketiga dalam Khulafaur Rasyidin. beliau diangkat sebagai khalifah ketiga menggantikan Umar bin Khattab.
  • Kisah Tragis Utsman bin Affan (2): Ketika Rasulullah Bicara dengan Gunung Uhud dan Hira
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 13:11 WIB
    Kepada Gunung Uhud Rasulullah bersabda: Tenanglah (engkau) wahai Uhud, tidaklah yang di atasmu melainkan seorang Nabi, shiddiq dan dua orang syahid
  • Begini Sidang Majelis Syuro Saat Menetapkan Utsman bin Affan Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 20:12 WIB
    Sesuai dengan wasiat Khalifah Umar r.a. maka 50 orang Anshar lengkap dengan pedangnya rnasing-masing, ditugaskan menjaga pintu-pintu rumah. Kepada 6 orang itu dipersilakan berunding.
  • Kampanye Keji untuk Menumbangkan Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:26 WIB
    Secara demonstratif sampul surat Muawiyah diperlihatkan kepada orang banyak. Semua orang ingin tahu apa yang terjadi akibat pembangkangan Muawiyah.
  • Rasulullah Sudah Peringatkan Utsman bin Affan Akan Terbunuh karena Fitnah
    Hikmah
    Selasa, 17 November 2020 - 10:18 WIB
    Rasulullah SAW telah mengabarkan kepada Utsman bin Affan dan maupun kepada para sahabat secara berulang-ulang bahwa akan terjadi fitnah yang bakal menimpa Utsman.
  • Abu Dzar Al Ghifari, Anak, dan Istrinya Tewas Mengenaskan di Pembuangan
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Demi Allah, aku tidak berdusta! Seandainya aku mempunyai baju bakal kain kafan untuk membungkus jenazahku dan jenazah isteriku, aku tidak akan minta dibungkus selain dengan bajuku sendiri atau baju isteriku.....
  • Begini Wasiat Umar bin Khattab kepada Khalifah Penggantinya
    Hikmah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 13:50 WIB
    Umar tidak cukup hanya menyerahkan majelis syura itu ke tangan keenam tokoh itu bahkan ia ingin sekali berpesan kepada khalifah sesudahnya, yang menurut pendapatnya akan merupakan kebijakan yang lebih baik.
  • Kisah Kekalahan Ali bin Abi Thalib dari Utsman bin Affan dalam Pemilihan Khalifah
    Hikmah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 05:49 WIB
    Sumber kedua mengatakan bahwa setelah Abdur-Rahman membaiat Utsman, Ali berkata kepadanya: Anda merangkak untuk selamanya. Ini bukan yang pertama kali Anda memperlihatkan kekuatan Anda kepada kami.
  • Kisah Kedermawanan Tiga Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Diabadikan Al-Qur’an
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:25 WIB
    Di dalam Al-Quran Allah SWT menyinggung tentang buah dari kedermawanan tiga sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Utsman bin Affan, Abdurahman bin Auf, dan ABu Bakar Ash-Shiddiq.
  • Menolak Jadi Khalifah, Ali bin Abi Thalib: Aku Lebih Baik Jadi Wazir
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:37 WIB
    Pada mulanya Ali bin Abi Thalib menolak dibaiat sebagai Khalifah. Dengan terus terang ia menyatakan: Aku lebih baik menjadi wazir yang membantu daripada menjadi seorang Amir yang berkuasa.
  • Abu Dzar Al-Ghifari (5): Kepedihan Ali Bin Abu Thalib, Hasan, dan Husein
    Hikmah
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 15:19 WIB
    Rasulullah sempat mengatakan pada Abu Dzar bahwa dirinya akan diusir dari Madinah dan tinggal di tempat sunyi di Rabzah. Di sana akan mati dan akan dikubur oleh sekelompok orang Irak.
  • Ini Penyebab Retaknya Hubungan Khalifah Ali bin Abi Thalib dan Siti Aisyah
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Gara-gara Haditsul Ifk itulah, Sitti Aisyah r.a. sangat kecewa mendengar Ali bin Abi Thalib r.a. dibaiat sebagai Khalifah oleh penduduk Madinah.
  • Kisah Utsman bin Affan Menangis karena Kuburan, Ini Nasihatnya
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Biasanya orang menangis dan ketakutan apabila mendengar cerita tentang neraka dan hari Kiamat, namun tidak demikian bagi Sayyidina Utsman bin Affan.
  • Barmak: Memeluk Islam di Era Utsman bin Affan, Berjaya di Era Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Rabu, 29 September 2021 - 17:52 WIB
    Barmak, memeluk Islam di era Khalifah Utsman bin Affan. Dalam perjalanan sejarah, anak cucu Barmak menjadi tokoh penting di era Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Pasca-Terbunuhnya Utsman bin Affan: Delapan Hari Tanpa Khalifah
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 08:17 WIB
    Pasca-terbunuhnya Khalifah Utsman bin Affan justru muncul krisis politik yang sifatnya lebih gawat, yang menuntut penanggulangan secara tepat dan bijaksana.