Kumpulan Artikel: Ajaran Islam (halaman 3)

  • Islam Mengajarkan Profesionalisme, Begini Penjelasan Syaikh As-Sadi
    Tausyiah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 16:58 WIB
    Termasuk dalam siysah syariyah yaitu Allh menuntun para hamba-Nya untuk berusaha merealisasikan maslahat umum dengan cara membagi permasalahan tersebut dan menyerahkannya kepada yang berkompeten
  • Keterwakilan Muslim di Industri Hiburan Dunia Hanya 1 Persen
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 15:53 WIB
    Satu penelitian mengungkap meskipun umat Islam berjumlah sekitar 24 persen dari populasi global, hanya 1 persen karakter di acara TV yang bernafaskan Islam.
  • Surat An Nisa Ayat 59 Membahas tentang Apa?
    Tausyiah
    Senin, 12 Februari 2024 - 15:38 WIB
    Surat An Nisa ayat 59 membahas tentang Apa? Sayyid Qutub dalam kitab Tafsir fi Dzilalil Quran mengatakan pada surat An-Nisa ayat 59, Allah SWT menjelaskan syarat iman dan batasan Islam.
  • Siapakah yang Dimaksud Ulil Amri? Berikut Ini Pendapat Mufassir
    Tausyiah
    Senin, 12 Februari 2024 - 15:30 WIB
    Siapakah yang dimaksud ulil amri? Quraish Shihab berpendapat ulil amri tidak harus orang yang mampu memimpin lembaga atau instasi, akan tetapi bisa jadi dia adalah perorangan yang memiliki tujuh syarat ulil amri.
  • Kaidah Pokok Syariat Politik Islam Menurut Syaikh As-Sa’di
    Tausyiah
    Minggu, 11 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Di antara ushl syariah (kaidah pokok syariat) adalah kaum Muslimin diperintahkan untuk melaksanakan agama mereka, menunaikan hak-hak Allh dan menunaikan hak para hamba.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Politik: Islam Telah Mensyariatkan Aturan yang Sempurna dan Adil
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:18 WIB
    Dalam urusan politik, Islam telah mensyariatkan aturan yang paling sempurna dan adil. Islam mengajari umatnya segala yang seharusnya dilakuan dalam berintraksi (muamalah) dengan sesama Muslim atau dengan yang lainnya.
  • Makna Tegaknya Masyarakat Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:54 WIB
    Akidah yang tegak di atasnya masyarakat Islam yaitu akidah Laa ilaaha illallah Muhammadan Rasuulullah. Masyarakat Islam benar-benar memuliakan dan menghargai akidah itu.
  • Syura dalam Al-Quran: Mementingkan Musyawarah dalam Setiap Persoalan yang Dihadapi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:48 WIB
    Al-Quran menggunakan kata syura dalam tiga ayat. Pertama, surat Al-Baqarah ayat 233. Adapun ayat kedua dan ketiga yaitu surat Ali-Imran ayat 159 dan Asy-Syura ayat 38.
  • Apa yang Dimaksud Syura dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:57 WIB
    Apa yang dimaksud syura dalam Islam? Syura merupakan sendi kehidupan dalam sosial dan bernegara yang digunakan sebagai prinsip yang harus ditegakkan di muka bumi.
  • Doa Memohon Agar Pemimpin yang Buruk Bertobat sehingga Menjadi Baik
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:44 WIB
    Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin.
  • Doa Agar Terhindar dari Pemimpin yang Tidak Menyayangi Rakyat
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:43 WIB
    Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami--karena dosa-dosa kami--orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak punya belas kasihan kepada kami.
  • Doa Berlindung dari Pemimpin Kekanak-kanakan dan Bodoh
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:43 WIB
    Berikut ini doa berlindung dari pemimpin kekanak-kanakan dan bodoh berdasar hadis Nabi Muhammad SAW yang kita dapati tuntunannya dalam Adabul Mufrad, yakni salah satu kumpulan hadis riwayat Imam Bukhari.
  • Etika Politik dalam Islam: Kekuasaan adalah Amanah
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Februari 2024 - 17:33 WIB
    Prinsip ajaran Islam yang dapat dijadikan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah kekuasaan sebagai amanah. Prinsip amanah tercantum dalam Al-Quran surah Al-Nisa/4:58
  • Berikut Ini Gagasan Etika Politik Bersumber Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 14:37 WIB
    Al-Quran adalah petunjuk bagi umat manusia, maka tidak berlebihan apabila kitab suci ini dijadikan sebagai konsep etika politik, di mana etika ingin menjawab bagaimana hidup yang baik.
  • Sistem Politik Madani dan Plato: Seirama Etika Politik Islam
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:27 WIB
    Etika dan moral kepemimpinan Islam maupun kepemimpinan di luar Islam sangat ditentukan oleh penguasa. Hal itu dikatakan Imam Al-Ghazali dalam kitab At-Tibr Al-Masbuk fi Nashihah Al-Muluk
  • Ini Mengapa Muncul Keterpurukan Etika dan Moral Pemimpin
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:08 WIB
    Kekuasaan adalah amanah, maka Islam secara tegas melarang kepada pemegang kekuasaan agar melakukan abusei atau penyalagunaan kekuasaan yang diamanahkannya.
  • Etika Politik dan Moral Kepemimpinan dalam Islam
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 15:56 WIB
    Peran pemimpin sungguh sangat menentukan dalam kehidupan masyarakat, rusak rakyat karena rusak penguasa dan rusak penguasa karena rusak ulamanya.
  • Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Indonesia dan Arab
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:35 WIB
    Bacaan ijab kabul akad nikah bahasa Indonesia dan Arab mengandung arti penyerahan dari pihak wali si perempuan. Sedangkan Kabul (Qobul) mengandung arti penerimaan dari pihak calon suami.
  • Bacaan Sighat Taklik setelah Akad Nikah
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:04 WIB
    Bacaan sighat taklik setelah akad nikah yang diucapkan oleh mempelai laki-laki (suami) adalah sebagai berikut. Sighat takliq talak merupakan sebuah kebijakan khusus yang dibentuk oleh pemerinah.
  • Pemilu: Memilih Pemimpin adalah Kewajiban Bukan Hak
    Hikmah
    Selasa, 06 Februari 2024 - 08:05 WIB
    Menaati kepala negara adalah wajib, berarti mengangkat pemimpin pun hukumnya wajib, karena jika pemimpin tidak ada, maka kewajiban untuk menaati pemimpin pun tidak bisa dijalankan.