Kumpulan Artikel: Khilafah

  • Politik: Islam Telah Mensyariatkan Aturan yang Sempurna dan Adil
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:18 WIB
    Dalam urusan politik, Islam telah mensyariatkan aturan yang paling sempurna dan adil. Islam mengajari umatnya segala yang seharusnya dilakuan dalam berintraksi (muamalah) dengan sesama Muslim atau dengan yang lainnya.
  • Apa yang Dimaksud Syura dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:57 WIB
    Apa yang dimaksud syura dalam Islam? Syura merupakan sendi kehidupan dalam sosial dan bernegara yang digunakan sebagai prinsip yang harus ditegakkan di muka bumi.
  • Kisah Melawan Zionisme pada Kongres Islam Dunia 1931
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Februari 2024 - 17:24 WIB
    Kongres Islam Dunia digelar pada tanggal 7 Desember 1931 dihadiri oleh 130 delegasi dari 22 negara. Tokoh yang hadir antara lain Riad al-Solh, calon perdana menteri Lebanon, dan Shukri al-Quwatli.
  • Wawasan Politik dalam Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 14:17 WIB
    Pengamatan sepintas, boleh jadi mengantarkan orang yang berkata, bahwa ada ayat Al-Quran yang secara tegas mengkhususkannya hanya kepada dan bersumber dari Allah yakni QS AnAnam ayat 57.
  • Seorang Pria Non-Muslim Kanada Berharap Islam Menguasai Dunia
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 22:15 WIB
    Di tengah agresi barbar militer Israel terhadap Palestina, seorang pria non-Muslim Kanada angkat bicara berharap Islam menguasai dunia demi tegaknya keadilan.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Zionis Dalang di Balik Kehancuran Khilafah Utsmani
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 10:45 WIB
    Gerakan Freemasonry telah berusaha dengan usaha sangat keras untuk menurunkan Sultan Abdul Hamid II. Mereka berhasil dalam usahanya. Inilah yang kemudian mengakibatkan kehancuran khilafah Utsmani secara keseluruhan.
  • Kekhalifahan Dinasti Fatimiyah : Pendiri, Sejarah, dan Kekayaan
    Dunia Islam
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 01:01 WIB
    Disebut Dinasti Fatimiyah karena dinasti ini dinisbatkan kepada Fatimah Zahra putri Nabi Muhammad Shallalahu Alaihi wa Sallam dan sekaligus istri Ali bin Abi Thalib Radhiallahuanhu.
  • Syaikh Muhammad Abduh: Dinamakan Islam, Sebenarnya Bukan Islam
    Dunia Islam
    Senin, 29 Agustus 2022 - 17:43 WIB
    Sebagian besar yang kita saksikan sekarang, yang dinamakan Islam, sebenarnya bukan Islam. Hanya bentuknya saja yang masih dipelihara sebagai amalan-amalan Islam.
  • Hubungan Turki Utsmani dengan Nusantara, Meriam Lada Sichupa Jadi Saksi
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 19:56 WIB
    Sultan Turki menerima Aceh sebagai negara bawahannya. Karena kesulitan untuk mengirimkan upeti tahunan, maka sebagai gantinya masyarakat Aceh diminta untuk merayakan Maulid Nabi.
  • Begini Kondisi Maju Pesatnya Dinasti Abbasiyah di Era Abu Nawas
    Hikmah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 14:07 WIB
    Yang membanggakan lagi, perbedaan bahasa, latar belakang sejarah, dan kebudayaan berbagai bangsa itu tidak menjadi penghalang untuk menyatu dan melebur diri menjadi ummatan wahidatan.