Topik Terkait: Lafaz Amin

  • Hukum dan Keutamaan Mengucapkan Amin setelah Membaca Al Fatihah dalam Salat
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:31 WIB
    Hukum dan keutamaan mengucapkan kata amin setelah membaca Al Fatihah dalam salat sering dianggap remeh oleh sebagian kaum Muslimin.
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan September 2020 dan Lafaz Niatnya
    Tausyiah
    Selasa, 01 September 2020 - 17:31 WIB
    Bulan September 2020 bertepatan dengan Muharram dan Shafar 1442 Hijriyah. Sebagian dari bulan ini (1-17 September) merupakan hari-hari terbaik menunaikan puasa.
  • Sejarah Azan Bermula dari Mimpi Sahabat Nabi, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Jum'at, 25 Februari 2022 - 23:14 WIB
    Allah memberi isyarat tentang panggilan Azan lewat mimpi sahabat yang kemudian dibenarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut kisahnya.
  • Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Lafaz Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 21:27 WIB
    Kelebihan puasa dari ibadah lain adalah adanya jaminan Allah Taala bagi mereka yang mengerjakannya. Berikut keutamaan puasa sunnah Senin dan lafaz niatnya.
  • Lafaz Niat Salat Dhuha dan Doa yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut lafaz niat dan doanya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan dan Hukum Membaca Amin Setelah Al-Fatihah
    Tips
    Minggu, 06 November 2022 - 10:04 WIB
    Amien (tamn) adalah perhiasan sholat seperti mengangkat kedua tangan yang merupakan perhiasan sholat. Juga termasuk mengikuti sunnah dan mengagungkan perintah Allah.
  • Lafaz Niat Puasa Sunnah Harian Bulan Muharram, Tasua dan Asyura
    Tausyiah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 21:46 WIB
    Umat Islam dianjurkan memperbanyak amal saleh di bulan Muharram mengingat besarnya fadhillah yang dimilikinya. Adapun amalan yang dimaksud adalah menghidupkan puasa sunnah.
  • Ramadan Malam ke-24, Wapres Ma’ruf Amin Tarawih dan Sampaikan Tausiah di Masjid Istiqlal
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 April 2023 - 22:32 WIB
    Wapres Maruf Amin menjalankan salat Isya dan Tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta, bertepatan dengan Ramadan malam ke-24 Ramadan, Jumat (14/04/2023) malam.
  • Bacaan Niat Puasa Tasua dan Asyura Lafaz Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 31 Juli 2022 - 08:05 WIB
    Hari ini kita memasuki 2 Muharram 1444 Hijriyah bertepatan Ahad (31/7/2022). Pada bulan ini terdapat satu hari yang istimewa dimana umat Islam diperintahkan untuk berpuasa.
  • Bacaan 3 Lafaz Zikir Menjelang Hari Raya Iduladha, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 13:25 WIB
    Di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan waktu-waktu utama untuk mengamalkan banyak amal shaleh termasuk amalan zikir. Walaupun zikir bisa dilakukan kapan dan di mana saja, namun 10 hari awal pertama bulan tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan Juni 2021 Berikut Lafaz Niatnya
    Tausyiah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 08:01 WIB
    Jadwal puasa sunnah di bulan Juni 2021 bertepatan dengan Syawal dan Dzulqadah, salah satu bulan haram (bulan yang diagungkan Allah). Berikut jadwalnya.
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Imam Bukhari di Uzbekistan, Kenang Peran Penting Bung Karno
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:31 WIB
    Wapres Maruf Amin berziarah ke makam ahli hadist termasyur, Imam Bukhari, di Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Wapres lalu mengenang kisah penemuan makam Imam Bukhari.
  • Lafaz Niat Puasa Sunnah Dzulqadah, Pahalanya Dilipatgandakan
    Tausyiah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 17:30 WIB
    Dzulqadah adalah bulan yang diistimewakan Allah Taala bersama tiga bulan haram lainnya (Dzulhijjah, Muharram dan Rajab). Adapun amalan yang dianjurkan di bulan ini adalah menghidupkan puasa sunnah.
  • Mendoakan Orang Sakit, Sebut Namanya dengan Lafaz Berikut
    Tips
    Jum'at, 19 November 2021 - 13:36 WIB
    Mendoakan dan menjenguk orang sakit merupakan sunnah yang sangat dianjurkan. Namun terkadang hukumnya bisa wajib bagi orang-orang tertentu. Berikut doanya.
  • Lafaz Niat Puasa Sunnah Kamis dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 20:15 WIB
    Tidak diragukan lagi ibadah puasa memiliki keutamaan besar di sisi Allah Taala. Bahkan amalan yang satu ini mendapat gajaran khusus dan pahala berlipat.
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Ibnu Athaillah di Kairo, Siapa Dia?
    Dunia Islam
    Minggu, 06 November 2022 - 15:49 WIB
    Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin berziarah ke makam Syekh Ibnu Athaillah di sela kunjungan ke Kairo Mesir, Sabtu (5/11/2022) waktu setempat.
  • Lafaz Doa Qunut Subuh Sendiri dan Artinya
    Tausyiah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 15:21 WIB
    Membaca doa Qunut ketika Sholat Subuh adalah amalan yang disunnahkan dalam Mazhab Syafii dan Maliki. Berikut lapaz dpa Qunut Subuh sendiri.
  • Lafaz Niat Sholat Gerhana Bulan Lengkap Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 11:44 WIB
    Pada Rabu malam 26 Mei 2021 (malam Kamis) bertepatan malam 15 Syawal 1442 H akan terjadi Gerhana Bulan Total yang dapat diamati di wilayah Indonesia. Berikut niatnya.
  • Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Wapres Berikan Tausiah
    Dunia Islam
    Rabu, 29 Maret 2023 - 21:50 WIB
    Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin melaksanakan salat tarawih berjemaah di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Rabu (29/3/2023).
  • Perbedaan Adzan dan Iqamah dalam Mazhab Syafii
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 21:12 WIB
    Perbedaan antara adzan dan iqamah pastinya telah banyak diketahui umat Islam. Namun dalam Mazhab Syafii terdapat beberapa perbedaan mendasar terkait dua panggilan ibadah ini.