Kumpulan Artikel: Islam (halaman 60)

  • Polemik Wahabi: Pendirinya Hafal Al-Quran Sebelum Usia 10 Tahun
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:16 WIB
    Belakangan ini polemik mengenai Wahabi lumayan ramai, menyeusul keluarnya rekomendasi PBNU agar pemerintah melarang penyebaran paham Wahabi Lalu, siapa sejatinya Wahabi dan pendiri Wahabi tersebut?
  • Perempuan Ini Mengaku Nabi Begitu Rasulullah SAW Wafat
    Hikmah
    Selasa, 01 November 2022 - 13:00 WIB
    Perempuan itu bernama Sajah binti Al Harits ibn Suwaid ibn Aqfan. Dia seorang dukun dan memproklamirkan diri sebagai nabi, begitu mendengar Rasululllah SAW wafat.
  • Tiga Jawaban Cerdas untuk Tiga Pernyataan
    Hikmah
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 13:04 WIB
    Ada cerita menarik tentang Muawiyah bin Abu Sufyan ketika membanggakan diri sebagai keluarga dekat Rasulullah dan kaum Quraisy . Pernyataan berbangga diri itu dibalas oleh seorang laki-laki dari kalangan Anshar yang berbeda dengan Muawiyah.
  • Inilah Amalan Wanita yang Menyamai Semua Amal Laki-laki
    Muslimah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 21:05 WIB
    Pengasuh Ponpes Subulana Bontang Kalimantan Timur Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq menjelaskan, ada satu amalan wanita yang menyamai semua amal laki-laki.
  • Begini Penjelasan Syaikh Yusuf Al-Qardhawi Mengenai Hukum Mengambil Bunga Bank
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:38 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi menegaskan sesungguhnya bunga yang diambil oleh penabung di bank adalah riba yang diharamkan, karena riba adalah semua tambahan yang disyaratkan atas pokok harta.
  • Keutamaan Mencintai Sesama Muslim Seperti Mencintai Diri Sendiri
    Tausyiah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 22:51 WIB
    Mencintai sesama muslim termasuk wujud dari kesempurnaan iman seseorang. Rasulullah SAW menggamabrkan seorang mukmin dengan mukmin lainnya laksana satu tubuh.
  • Doa Pembuka Hati dan Pintu Rezeki, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 07:45 WIB
    Hati manusia sangat sering tertutup. Sehingga seseorang akan sulit mendapat hidayah kebaikan. Tertutupnya hati juga membuat sempitnya rezeki yang berkah dari Allah Subhanahu wa Taala.
  • Selamat Datang Rabiul Akhir, Ini 7 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Hari ini kita memasuki bulan Rabiul Akhir 1444 Hijriyah bertepatan Kamis (27/10/2022). Berikut tujuh peristiwa penting bulan Rabiul Akhir dalam sejarah Islam.
  • Kisah Muhammad Iqbal Menjawab Jawaharlal Nehru Terkait Khatamul-Anbiya dan Ahmadiyah
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:55 WIB
    Kelompok Qadiani yang mempercayai pendiri gerakan Ahmadiyyah sebagai penerima wahyu semacam Nabi Muhammad SAW, berarti mereka menyatakan bahwa seluruh dunia Islam adalah kafir.
  • Suksesi Kepemimpinan: Mengapa Kaum Anshar Mengalah dengan Muhajirin?
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:55 WIB
    Mengapa Kaum Anshar selalu mengalah dengan Muhajirin dalam hal suksesi kepemimpinan pasca-Nabi Muhammad SAW menjadi pertanyaan menarik. Soalnya, sejak Abu Bakar Ash-Shiddiq, kepemimpinan dipegang terus kaum Muhajirin.
  • Cara Anak Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Meninggal
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 15:28 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Hindari Memajang Gambar dan Patung Jasad Utuh, Ini Dalilnya
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 10:13 WIB
    Islam sangat detil mengatur perilaku kehidupan penganurnya. Allah Subhanahu wa Taala telah menegaskan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Dalam hal ini adalah tentang menggambar dan membuat patung jasad utuh.
  • Menikah adalah Wasiat Terpenting Rasulullah, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu aktivitas umat Islam yang bernilai pahala besar adalah menikah. Berlimpah pahala ada dalam pernikahan. Keagungan pernikahan karena merupakan Sunnah Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam.
  • Fatwa Rasulullah tentang Hak Asuh Anak Ketika Orang Tua Bercerai
    Muslimah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 12:04 WIB
    Anak yang dalam kondisi orang tuanya bercerai, baik anak yang masih kecil atau anak cacat, tetap membutuhkan penanganan urusan-urusannya dan memberikan pemeliharaan bagi dirinya.
  • Salah Satu Indikasi Keimanan adalah Berbuat Baik pada Tetangga, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:57 WIB
    Hak dan kedudukan tetangga bagi seorang muslim sangatlah besar dan mulia. Sampai-sampai sikap terhadap tetangga dijadikan sebagai indikasi keimanan. Dan hidup rukun dalam bertetangga adalah moral yang sangat ditekankan dalam Islam.
  • Tangisan yang Membuat Mata Terhindar dari Api Neraka
    Muslimah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:35 WIB
    Menangis karena takut kepada murka Allah Subhanahu wa Taala adalah bukti kehambaan seorang muslim. Hati yang menangis penuh kesyahduan karena berharap ampunan-Nya tidak mungkin keluar dari hati yang keras karena penuh dengan maksiat.
  • Kisah Raden Fatah: Pendiri Kesultanan Islam Demak Kelahiran Palembang
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:32 WIB
    Raden Fatah atau Patah adalah raja pertama dan pendiri Kerajaan Islam Demak. Trah Majapahit ini lahir di Palembang yang menolak suksesi di wilayah Sumatra tersebut.
  • Sejarah Paham Al-Mahdi: Mulanya Bersifat Politis Bukan Agama
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 17:05 WIB
    Pada mulanya landasan ideal paham al-Mahdi lebih bersifat politis dan bukan didasarkan atas kepentingan agama. Para pendukung paham ini sedikit demi sedikit membalut kepentingan politik tersebut dengan kepentingan agama,
  • Bolehkah Taubat Diumumkan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 10:16 WIB
    Taubat adalah perbuatan atau amal kebaikan seorang hamba untuk menyesali dan meminta ampun kepada Rabbnya Allah Subhanahu wa taala dari perbuatan yang dilarang oleh syariat.
  • Sebaik-baiknya Curhat, Hanya Kepada Allah SWT
    Muslimah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 10:08 WIB
    Curahan hati (curhat) sering dianggap dapat meringankan masalah. Padahal, sebenarnya justru curhatlah yang membuat masalah semakin besar. Lihatlah fenomena zaman sekarang, banyak orang curhat justru ditampilkan di media-media sosial .