Topik Terkait: Buang Sial

  • Mengapa Merasa Bernasib...
    Hikmah
    Jum'at, 24 November 2023 - 11:30 WIB
    Dalam Islam tidak mengenal nasib buruk atau nasib sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam islam hal itu dinamakan at thatayyur
  • 10 Adab dan Tata Krama...
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 12:21 WIB
    Sebagai muslim, salah satu adab yang harus diperhatikan ialah adab ketika buang air, baik itu buang air kecil maupun buang air besar.
  • Jangan Sembarangan Buang...
    Tips
    Selasa, 16 Juli 2024 - 13:49 WIB
    Dalam Islam, salah satu adab yang harus diperhatikan ialah adab ketika buang hajat, baik itu buang air kecil maupun buang air besar. Karena jika mengabaikannya bisa berakibat buruk bagi diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • Adab dan Doa saat Buang...
    Tips
    Rabu, 28 September 2022 - 10:46 WIB
    Islam sangat memperhatikan hal-hal sekecil apapun dalam menjalankan aktivitas harian, salah satunya tentang buang hajat. Bila mengabaikannya, maka akan berakibat buruk bagi diri sendiri, juga dapat mengganggu orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • Beginilah Cara Menutup...
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:17 WIB
    Salah satu adab buang hajat adalah diwajibkan menutup aurat. Mengapa demikian? Hal demikian disebabkan menutup aurat wajib hukumnya bagi siapa pun, kapan dan dimana pun dia berada.
  • Adakah Kesialan dan...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Agustus 2024 - 13:11 WIB
    Dalam keyakinan masyarakat kita, masih ada yang percaya akan kesialan. Sampai harus melakukan tradisi buang sial. Lantas adakah kesialan dan buang sial itu dalam Islam?
  • Islam Melarang Perasaan...
    Hikmah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 14:30 WIB
    Islam sangat melarang atau tidak mengenal nasib sial/perasaan sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam Islam hal itu dinamakan at thatayyur.
  • Thiyarah: Berpikir Sial...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 04:14 WIB
    Sikap menyalahkan sesuatu yang lain karena kesialan yang sedang menimpanya atau kegagalan yang sedang dihadapinya. Dampak negatifnya adalah berputus asa.
  • Guru Yahudi Ini Anggap...
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 12:17 WIB
    Guru Yahudi itu berkata kepada teman-teman Iyas, Tidakkah kalian merasa heran kepada kaum Muslimin itu? Mereka berkata bahwa mereka akan makan di surga, namun tidak akan buang air besar?
  • Bantahan Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 13:10 WIB
    Masyarakat Arab jahiliyyah dulu mempercayai Safar sebagai bulan sial, penuh kemalangan dan hal-hal buruk lainnya. Berikut bantahan Rasulullah SAW terhadap mitos tersebut.
  • Doa ketika Keluar Jamban...
    Tips
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:57 WIB
    Ketika keluar toilet atau jamban usai buang hajat, kita dianjurkan berdoa agar segala penyakit yang berasal dari tempat itu tidak menempel dan juga sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT.
  • Hati-hati, Kencing di...
    Tips
    Senin, 23 Agustus 2021 - 12:40 WIB
    Islam mengajarkan tentang adab-adab buang hajat, salah satunya ketika buang air kecil. Jika kencing sembarangan saja , maka ada ancaman bagi yang melakukannya. Ancaman apa?
  • Benarkah Bulan Safar...
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 11:21 WIB
    Benarkah bulan Safar adalah bulan kesialan atau selalu diindetikan dengan kesialan? Bagaimana dalam pandangan Islam tentang kesialan-kesialan ini?
  • 13 Bukan Angka Sial
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Mei 2017 - 10:59 WIB
    Ajaran Islam melarang tathayyur. Yaitu berfirasat buruk, berperasaan sial, yang menimbulkan rasa pesimis, karena pengaruh sesuatu di alam. Bila pengaruh-pengaruh itu membuat seseorang membatalkan niat bepergian, melangsungkan pernikahan, dan lain-lain, berarti dia telah terjerumus ke dalam perbuatan syirik.
  • Cara Menuntaskan Buang...
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 16:48 WIB
    Gus Musa Muhammad menerangkan cara menuntaskan buang air kecil dalam satu kajiannya. Dalam ilmu fiqih, menuntaskan buang air kecil dikenal dengan istilah Istibra.
  • Jemaah Haji Lansia Diizinkan...
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 22:33 WIB
    Koordinator Bimbingan Ibadah PPIH Arab Saudi Daker Madinah KH Ahmad Wazir Ali mengatakan, jemaah yang sering beser dibolehkan memakai popok.
  • Khotbah Jumat: Safar...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Khotbah Jumat kali ini menangkat tema bulan Safar dan meluruskan pandangan negatif dan sikap pesimis terhadap bulan ini. Berikut teks dan pesan khotbahnya.
  • Surat Yasin Ayat 18-19:...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 November 2021 - 20:11 WIB
    Surat Yasin Ayat 18-19 menceritakan bagaimana kaum Antokiah menganggap kehadiran para rasul sebagai pembawa sial. Padahal hukuman dari Allah ditimpakan kepada akibat perbuatan buruk mereka.
  • Ternyata Merasa Diri...
    Muslimah
    Kamis, 02 September 2021 - 08:51 WIB
    Merasa diri sendiri mendatangkan keburukan atau sial bagi lingkungannya, sangat dilarang dalam Islam. Karena segala yang terjadi pada diri manusia adalah takdir Allah Taala. Namun, takdir (buruk) bisa ditutup dengan doa.
  • Doa Saat Buang Hajat...
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:46 WIB
    Saat akan buang hajat dan memasuki kamar mandi, setiap muslim dianjurkan berdoa terlebh dahulu. Begitupun setelah selesai dan mau keluar dari tempat buang hajat tersebut dianjurkan berdoa kembali.