Topik Terkait: Niat Dan Doa Puasa Ramadhan

  • Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 08:57 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan sebulan penuh biasanya diamalkan umat muslim yang akan menjalani puasa di Bulan Suci Ramadan. Namun, umumnya yang mengamalkan bacaan niat puasa ini penganut Mazhab Maliki.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Sunnah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • Bacaan Niat Menggabung Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Sunnah Rajab
    Tausyiah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 11:30 WIB
    Waktu untuk membayar puasa Ramadan juga tinggal sedikit lagi. Bolehkah menggabungkannya pelaksanaan puasa sunnah Rajab dengan qadha puasa Ramadan?
  • Niat Ganti Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 27 Februari 2024 - 13:15 WIB
    Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadan, puasa qadha, atau puasa nazar. Syarat ini berdasar pada hadis Nabi Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin-Kamis dan Waktu Mengamalkannya
    Tips
    Rabu, 06 September 2023 - 17:18 WIB
    Bacaan niat puasa sunnah Senin-Kamis dan kapan waktu mengamalkannya ini, penting diketahui ketika berniat menjalankan ibadah puasa sunah tersebut. Biasanya niat dilakukan di malam hari, namun ternyata bisa juga dilakukan mendadak di siang harinya.
  • Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya
    Tips
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:37 WIB
    Kapan puasa Tarwiyah dan Arafah tahun 2022? Berikut ini kami ulas jadwal, niat dan keutamaannya. Meski dihukumi sunnah, kedua puasa ini memiliki luar biasa.
  • Niat Puasa Asyura dan Tasua
    Tips
    Senin, 16 Agustus 2021 - 14:57 WIB
    Niat puasa Asyura dan Tasua perlu dilafalkan untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah yang lainnya, atau membedakan ibadah dengan adat kebiasaan. Itu adalah fungsi niat.
  • 3 Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 05 April 2021 - 13:44 WIB
    Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Doa berbuka puasa yang diamalkan oleh masyarakat Islam selama ini ada dua lafaz. Keduanya sama-sama baik dan dapat diamalkan.
  • Menggabungkan Niat Puasa Rajab dengan Qadha Ramadhan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 08:49 WIB
    Bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan? Terutama bagi kalangan muslimah yang masih memiliki utang puasa karena haid dan belum menggantinya.
  • Jangan Tinggalkan Doa ini Ketika Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 17:00 WIB
    Waktu mustajab berdoa pada bulan Ramadhan salah satunya sebelum berbuka puasa. Umat muslim dianjurkan memanfaatkan waktu berbuka puasa dengan berdoa.
  • Niat Puasa Idul Adha, Tarwiyah dan Arafah
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 20:00 WIB
    Niat puasa Idul Adha dilaksakan di bulan Dzulhijah. Karena bulan ini adalah termasuk bulan yang mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya. Di antaranya adalah puasa hari Tarwiyah dan puasa Arafah.
  • Niat Puasa Tarwiyah Lengkap Arab Latin
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 14:23 WIB
    Niat puasa Tarwiyah lengkap Arab Latin adalah sebagai berikut:. Nawaitu shauma ghadin an ad?i sunnati yaumit tarwiyah lillhi ta?l?. Artinya:.Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT
  • Doa dan Niat Berkurban Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:02 WIB
    Tak lama lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban pada Hari Idul Adha 20 Juli 2021. Berikut bacaan doa dan niat berkurban yang harus diketahui kaum muslimin.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Perbedaan Cara Niat Puasa Menurut Ulama 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 19:33 WIB
    Dalam melaksanakan ibadah puasa, hal paling penting diperhatikan adalah niat. Berikut perbedaan cara niat menurut ulama 4 mazhab yang perlu diketahui umat muslim.
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 22:21 WIB
    Niat puasa Dzulhijjah lengkap Arab, latin dan terjemahan perlu diketahui bagi yang ingin menjalankan puasa sunnah. Keutamaan puasa Dzulhijjah ini disebutkan dalam banyak Hadis.
  • Niat Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Dilazimkan Para Ulama
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 09:36 WIB
    Setiap amalan tergantung pada niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Berikut niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dilazimkan para sholihin.
  • 3 Doa Jibril yang Diaminkan Rasulullah, Nomor 1 Terkait Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 23:19 WIB
    Sebuah Hadis dari Abu Hurairah mengemukakan tiga doa Malaikat Jibril yang diaminkan oleh Nabi Muhammad. Satu dari tiga doa itu berkaitan dengan bulan Ramadhan.