Topik Terkait: Cara Orangtua Ajari Anak Puasa

  • Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 09:24 WIB
    Mengajarkan anak untuk berpuasa Ramadan, terutama anak yang belum baligh harus sejak dini. Ini penting, karena merupakan sebuah keteledanan yang harus dilakukan para orang tua.
  • Cara Mengenalkan Puasa Ramadan pada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Cara mengenalkan puasa Ramadan pada anak penting dipahami oleh para orang tua, terutama pasangan keluarga muslim yang masih memiliki anak usia dini atau anak yang belum baligh.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Mengganti Puasa Ramadan di bulan Syawal, Begini Tata Cara dan Niatnya
    Tips
    Kamis, 11 April 2024 - 15:54 WIB
    Mengganti puasa (qadha) Ramadan beserta tata caranya ini, penting diketahui umat muslim. Dan bulan Syawal merupakan bulan awal untuk segera mengganti utang puasa (qadha) Ramadan ini.
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan bagi Lansia dan Orang Sakit
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:55 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa ramadan bagi lansia dan orang sakit diatur dalam surat Al Baqarah ayat 184. Di sini diatur ketentuan tentang siapa saja yang boleh tidak berpuasa.
  • 5 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Si kecil ingin belajar puasa Ramadan? Orang tua wajib mendukung dan melatihnya, apalagi bagi anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Tidak Bisa Qadha Puasa? Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 08:33 WIB
    Sebelum Ramadan tiba, umat muslim yang masih memiliki utang puasa wajib menggantinya dengan cara qadha di bulan-bulan sebelum Ramadan. Lalu, bagaimana yang tidak bisa qadha puasa?
  • Mengajak Anak Berlatih  dan Belajar Puasa
    Tips
    Sabtu, 17 April 2021 - 08:00 WIB
    Melatih anak kecil yang belum mukallaf (belum baligh) untuk turut beribadah bersama kaum muslimin, merupakan sebuah keteledanan yang harus kita lakukan. Salah satu ibadah tersebut adalah puasa.
  • Begini Cara Rasulullah SAW Berbuka Puasa
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 17:38 WIB
    Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika berjumpa Rabbnya. Di antara sunnah yang dianjurkan saat puasa adalah menyegerakan waktu berbuka.
  • Niat Qadha Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • 5 Cara Meredam Amarah Agar Pahala  Puasa Tidak Hilang
    Tips
    Kamis, 06 Mei 2021 - 11:12 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, perselisihan dengan pasangan biasa terjadi kapan saja, tak terkecuali saat sedang berpuasa. Pada saat itu kesabaran kita akan diuji.
  • Benarkah Bekam Membatalkan Puasa?
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 07:49 WIB
    Bekam juga disebut hijamah adalah penyedotan (darah) dengan membuat irisan kecil pada permukaan kulit secara sengaja untuk mengeluarkan darah dari tubuh melalui pembuluh darah (yang dilukai). Benarkah tindakan ini membatalkan puasa?
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Apakah Boleh Puasa Ramadan Jika Masih Punya Utang Puasa?
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:02 WIB
    Apakah boleh puasa ramadhan jika masih punya utang puasa? Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, waktu untuk membayar puasa adalah pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan.
  • Inilah Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunah Rasul
    Tips
    Minggu, 19 Maret 2023 - 09:25 WIB
    Waktu yang paling ditunggu-tunggu pada saat bulan Ramadan adalah waktu berbuka puasa. Saking senangnya menyambut waktu berbuka ini, banyak cara dilakukan untuk menanti datangnya waktu berbuka ini.
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (1)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 02:31 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar safar yang dilakukan seseorang bisa dijadikan dasar untuk terbebas dari perintah puasa.
  • Beginilah Cara Mendidik Anak Meniru Para Nabi
    Muslimah
    Minggu, 06 November 2022 - 05:15 WIB
    Pendidikan anak adalah prioritas utama para nabi Allah. Selain sebagai penerus dalam berdakwah dan bermuamalah, anak juga bisa menjadi penyebab kebaikan orang tua ketika orangnya sudah meninggal.
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan Desember 2020
    Tausyiah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 21:55 WIB
    Selain menjadi syafaat di Hari Kiamat, puasa juga menjadi benteng dan perisai dari gangguan setan. Berikut jadwal puasa sunnah di bulan Desember 2020.
  • Parenting Islami : Hindari Mencela Anak
    Muslimah
    Senin, 18 September 2023 - 17:52 WIB
    Ketika marah dan emosi memuncak, seringkali orang tua lepas kontrol bahkan hingga mengeluarkan ucapan-ucapan yang tidak pantas pada anak, bahkan menjurus ke mencela anak. Padahal hal tersebut dilarang dalam Islam
  • Bacaan Niat Menggabung Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Sunnah Rajab
    Tausyiah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 11:30 WIB
    Waktu untuk membayar puasa Ramadan juga tinggal sedikit lagi. Bolehkah menggabungkannya pelaksanaan puasa sunnah Rajab dengan qadha puasa Ramadan?