Topik Terkait: Cara Berbuka Puasa

  • Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul
    Tips
    Kamis, 03 Februari 2022 - 16:55 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, seperti puasa Rajab dan Senin Kamis ini
  • Doa Berbuka Puasa Berdasar Hadis Sahih
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 16:27 WIB
    Ulama dari Madzhab Syafii menggabungkan doa riwayat Imam Bukhari dan Muslim dengan doa riwayat Abu Dawud, demikian disebutkan Sulaiman Bujairimi.
  • Makanan Paling Afdhol Saat Berbuka Puasa, Ini Khasiatnya
    Tips
    Kamis, 15 April 2021 - 14:24 WIB
    Berbuka puasa merupakan momentum membahagiakan karena selain dapat melepas lapar dan dahaga, juga waktu diijabahnya doa-doa. Lalu, apa makanan paling afdhol (paling utama) ketika berbuka puasa?
  • Inilah Kebaikan Di Balik Anjuran Menyegerakan Berbuka Puasa
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 15:04 WIB
    Ada beragam kebaikan ketika menyegerakan berbuka puasa. Selain karena sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, ternyata banyak nilai-nilai kebaikan di dalamnya.
  • Berbuka Puasa dengan Kurma atau yang Manis?
    Tips
    Kamis, 15 April 2021 - 07:50 WIB
    Setiap kali mau berbuka puasa, maka iklan-iklan yang menggoda selera muncul di berbagai televisi. Umumnya iklan yang ada menampilkan slogan berbukalah dengan yang manis, Benarkah berbuka harus dengan yang manis?
  • 5 Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadan yang Penting Diketahui
    Tips
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:34 WIB
    Salah satu bekal mempersiapkan diri menjalani puasa Ramadan selain niat juga sunnah-sunnah dari puasa Ramadan itu sendiri. Terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Rahasia Buka Puasa dengan Kurma dari Abah Guru Sekumpul
    Tausyiah
    Minggu, 03 April 2022 - 18:06 WIB
    KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari mengatakan, keutamaan berbuka puasa yaitu bahagia ketika berbuka puasa dan bahagia ketika kelak bertemu dengan Allah.
  • Tangisan Imam Malik Ketika Berbuka Puasa, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 18:22 WIB
    Ulama besar Madinah yang juga pendiri Mazhab Maliki, Al-Imam Malik bin Anas rahimahullah (93-179 Hihriyah) diceritakan pernah menangis saat berbuka puasa.
  • Cara Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Makan Kurma Atau Minum Air Dulu?
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 17:05 WIB
    Umat Islam perlu mengamalkan cara buka puasa sesuai sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam. Mana yang harus didahulukan, makan kurma atau minum air putih?
  • Menu Sahur dan Berbuka ala Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Sabtu, 15 April 2023 - 03:00 WIB
    Terkait hidangan buka puasa dan sahur, Nabi Muhammad SAW memiliki makanan favorit yang biasa disantap pada dua waktu tersebut. Selain kurma, apa saja?
  • Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 09:24 WIB
    Mengajarkan anak untuk berpuasa Ramadan, terutama anak yang belum baligh harus sejak dini. Ini penting, karena merupakan sebuah keteledanan yang harus dilakukan para orang tua.
  • Aspek Hukum Puasa: Zhahiriyah dan Syiah Mewajibkan Berbuka bagi Musafir
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:34 WIB
    Ulama-ulama Zhahiriyah dan Syiah mewajibkan berbuka bila dalam perjalanan, antara lain berdasar firman-Nya: Awala safarin Fa iddatun min ayyamin ukhar.
  • Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk berbuka ini, ada cara berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah.
  • Cara Mengenalkan Puasa Ramadan pada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Cara mengenalkan puasa Ramadan pada anak penting dipahami oleh para orang tua, terutama pasangan keluarga muslim yang masih memiliki anak usia dini atau anak yang belum baligh.
  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Pelaksanaan Puasa Syawal Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Sabtu, 13 April 2024 - 05:15 WIB
    Dalam praktik atau pelaksanaannya, puasa 6 hari di bulan Syawal ini masih banyak yang belum memahami. Bahkan muncul pertanyaan, haruskah dilaksanakan berturut-turut atau boleh dicicil?
  • Mengqadha Puasa Ramadhan, Inilah Doa, Niat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 08:44 WIB
    Karena kekhususan kaum perempuan seperti mengalami haid atau nifas, menjalankan puasa Ramadhan tidak dapat sebulan penuh dilaksanakan. Maka ia pun harus membayarnya dengan mengqadha puasa
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan serta Kategori Orang yang Harus Membayarnya
    Tips
    Senin, 26 Februari 2024 - 13:03 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa Ramadan ini penting diketahui umat muslim. Fidyah puasa Ramadan, berarti tebusan yang dibayar karena melakukan larangan atau tidak berpuasa Ramadan.
  • Kisah Menjelang Buka Puasa : Sepotong Roti dan Minyak Sayyidah Aisyah
    Muslimah
    Minggu, 03 April 2022 - 17:38 WIB
    Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha, adalah potret perempuan muslimah yang menjadi teladan dalam hal kedermawanan. Seorang istri yang gemar bersedekah dan sangat dermawan.