Topik Terkait: Cara Berbuka Puasa (halaman 2)

  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Tata Cara Puasa Syawal, Fadilah dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Kamis, 05 Mei 2022 - 11:05 WIB
    Tata cara puasa Syawal berikut fadilah dan niatnya penting untuk diketahui umat muslim. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal.
  • Allah Berfirman, Makan dan Minumlah, dan Jangan Berlebih-lebihan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 17:30 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak dan tidak bisa mengontrol diri.
  • Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2017 - 11:50 WIB
    Tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Daarul Quran masih &nbspterus istiqomah berjelajah memberikan manfaat menjelang akhir Ramadan.
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan serta Kategori Orang yang Harus Membayarnya
    Tips
    Senin, 26 Februari 2024 - 13:03 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa Ramadan ini penting diketahui umat muslim. Fidyah puasa Ramadan, berarti tebusan yang dibayar karena melakukan larangan atau tidak berpuasa Ramadan.
  • Restoran Tempat Berbuka Puasa di Riyadh, Tak Melulu Masakan Arab
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 12:51 WIB
    Berbuka puasa di Riyadh amat beragam. Ibu kota Arab Saudi ini memiliki beragam restoran lokal dan internasional yang menawarkan menu dan hidangan khusus untuk menandai bulan suci
  • Tata Cara Puasa Arafah yang Perlu Diketahui
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 11:19 WIB
    Tata cara puasa Arafah dan waktu pengerjaannya perlu diketahui umat muslim. Puasa Arafah sendiri hukumnya sunah dan dianjurkan bagi muslim yang tidak menunaikan ibadah Haji.
  • 3 Doa Berbuka Puasa Berdasarkan Hadis Nabi SAW
    Tips
    Kamis, 23 Maret 2023 - 09:34 WIB
    Doa berbuka puasa yang diamalkan selama ini ada dua. Pertama Allhumma laka shumtu wa bika mantu wa al rizqika afthartu. Kedua adalah: Dzahabaz zhamau wabtallatil urqu wa tsabatal ajru, insy Allah.
  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Kisah Sahabat Nabi Berpura-pura Buka Puasa
    Hikmah
    Kamis, 28 April 2022 - 09:30 WIB
    Kisah sahabat yang satu ini benar-benar mengagumkan. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberi pujian kepadanya. Berikut kisahnya.
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Apakah Boleh Puasa Ramadan Jika Masih Punya Utang Puasa?
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:02 WIB
    Apakah boleh puasa ramadhan jika masih punya utang puasa? Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, waktu untuk membayar puasa adalah pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan.
  • Tiga Tingkatan Puasa Menurut Al-Ghazali
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:37 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin membagi tiga tingkatan puasa yaitu puasa umum, puasa khusus, dan khususul khusus atau puasa paling khusus. Apa maksudnya?
  • Jadwal dan Niat Puasa Muharam, Puasa Tasua, Asyura dan Ayyamul Bidh 2023
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 17:59 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Muharam 2023 ini perlu diketahui oleh setiap muslim yang ingin menunaikannya demi mendapat limpahan pahala dari Allah SWT.
  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Bertepatan Hari Tasyrik, Begini Cara Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 15:23 WIB
    Puasa Ayyamul Bidh di bulan Dzulhijjah bertepatan Hari Tasyrik atau hari yang dilarang untuk puasa. Lalu, bagaimana cara mengerjakan puasa sunnah Ayyamul Bidh di bulan Dzulhijjah nanti?
  • Keistimewaan Puasa Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu
    Tausiyah
    Senin, 09 September 2019 - 15:05 WIB
    Besok Selasa (10/10/2019) atau nanti malam (menurut kalender Hijriyah), kita memasuki hari ke-10 Muharram atau dikenal dengan sebutan Asyura.
  • Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Bacaan niat puasa Senin-Kamis dalan bahasa Indonesia dan Arab ini, penting diketahui ketika berniat menjalankan ibadah puasa sunah tersebut
  • Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya
    Tips
    Senin, 06 September 2021 - 17:23 WIB
    Puasa Senin --Kamis merupakan puasa sunnah yang memiliki segudang manfaat. Bahkan puasa ini sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi wa sallam untuk melaksanakan dan mengamalkannya secara rutin serta istiqamah.
  • Maqali, Hidangan Asal Suriah yang Selamatkan Pengungsi saat Berbuka Puasa
    Dunia Islam
    Senin, 18 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Dibuat dalam bentuk yang paling sederhana, hidangan sayuran goreng ini menyatukan keluarga miskin dan terlantar yang hidup di pengungsian pada bulan Ramadan.