Topik Terkait: Larangan Tidur Setelah Sahur

  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • Inilah 2 Dampak Negatif Tidur Setelah Subuh
    Muslimah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 16:20 WIB
    Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, karena dengan tidur maka setiap manusia istirahat dari aktivitas kesehariannya. Namun, di antara waktu tidur , Islam melarang umatnya untuk tidak tidur di waktu-waktu tertentu.
  • Hukum Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Perspektif Islam
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 03:35 WIB
    Tidur bukan sekadar melepas lelah, tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Bagaimana hukum tidur setelah sholat Subuh menurut perpektif Islam?
  • Sejarah Disyariatkannya Makan Sahur Saat Puasa Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Makan sahur saat puasa Ramadan merupakan sunnah Nabi dan bagian dari syiar Islam. Berikut sejarah disyariatkannya makan sahur bagi umat muslim.
  • Lagi Makan Sahur Terdengar Adzan, Berhenti Makan Atau Diteruskan?
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 03:00 WIB
    Di antara kaum muslimin mungkin pernah punya pengalaman ketika makan sahur tiba-tiba terdengar Adzan. Pertanyaannya, makanan yang di piring dihabiskan atau berhenti makan dan minum?
  • Tidur Siang, Sunnah Rasul yang memiliki Banyak Manfaat
    Tips
    Selasa, 11 Januari 2022 - 09:48 WIB
    Tidur siang ternyata merupakan sunnah Rasul. Tidur ini disebut tidur qailulah atau di siang hari dan aktivitas tersebut selalu dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Sejarah dan Asal-usul Diperintahkannya Makan Sahur
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 03:15 WIB
    Makan sahur adalah makan yang penuh berkah. Umat Islam perlu mengetahui sejarah dan asal usul diperintahkan makan sahur. Berikut ulasannya.
  • Berkahnya Makan Sahur, Ini 7 Keutamaannya yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 03:10 WIB
    Salah satu ibadah di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama hukumnya sunnah, tetapi memiliki keutamaan yang penuh berkah.
  • Doa Tidur yang Dibaca Rasulullah SAW dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 30 Mei 2023 - 00:00 WIB
    Selain doa Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut, ada doa lain yang memiliki keutamaan besar. Berikut doa Rasulullah SAW ketika hendak tidur.
  • 4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Tak ada manusia yang hidupnya paling berkah dan paling produktif kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 4 Sunnah Rasul sebelum tidur patut kita tiru.
  • Rahasia Tidur yang Jarang Diketahui Berikut Adabnya
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 22:02 WIB
    Tidur adalah bagian dari sunnatullah yang dengannya manusia dapat mengistirahatkan anggota tubuhnya. Inilah rahasia dan hakikat tidur berikut adab-adabnya.
  • Bolehkah Perempuan Haid Berwudhu Sebelum Tidur?
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 19:27 WIB
    Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk berwudhu.Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk perempuan yang tengah berhadast besar seperti menstruasi atau haid? Bagaimana hukumnya?
  • Perjalanan Ruh Setelah Terpisah Dari Jasadnya
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 18:18 WIB
    Ruh merupakan unsur non materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Allah Subhanahu wa taala. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana sebenarnya perjalanan ruh seseorang setelah terpisah dari jasadnya?
  • Allah Berselawat kepada Orang-orang yang Sahur
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 03:01 WIB
    Sahur merupakan satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadan, bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa saalm memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Bagaimana Hukum Tidur Tanpa Pakaian?
    Muslimah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:15 WIB
    Ada anjuran bahwa ketika kita tidur sebaiknya tanpa mengenakan pakaian alias telanjang. Bagaimana syariat memandang hal tersebut dan bagaimana hukumnya?
  • Dilarangnya Tidak Tidur Setelah Sahur, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 20:03 WIB
    Kondisi perut yang kenyang dan rasa kantuk yang masih tersisa kerap membuat seseorang memilih kembali tidur usai santap sahur. Padahal, baik secara kajian agama maupun kesehatan prilaku ini termasuk dalam kategori yang kurang baik.
  • 4 Amalan Sebelum Tidur yang Diwasiatkan Rasulullah SAW
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 20:20 WIB
    Ada amalan sebelum tidur yang lebih bermanfaat dan tentunya mendatangkan pahala jika dilakukan. Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Quran maupun As Sunnah.
  • Adab-adab Sebelum Tidur yang Penting Diketahui
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:20 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Tidur bukan hanya merebahkan tubuh di atas kasur semata, tetapi ada rahasia yang terkandung di dalamnya.
  • Benarkah Hidangan Terbaik Saat Sahur Adalah Kurma? Begini Penjelasan Ulama
    Tips
    Rabu, 06 April 2022 - 18:57 WIB
    Salah satu amalan yang paling baik dalam menjalankan ibadah puasa Ramdhan adalah melakukan makan sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama dihukumi sunnah dan bukanlah wajib.
  • Manfaatkan Waktu Sahur dengan Memperbanyak Istighfar
    Hikmah
    Senin, 18 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Di waktu sahur di bulan Ramadan ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Salah satunya adalah memperbanyak istighfar. Mengapa demikian?