Topik Terkait: Gerakan Cinta Zakat

  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 23:56 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal perlu diketahui umat muslim. Dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu, zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Zakat Profesi dalam Bingkai Sejarah Islam
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 10:35 WIB
    Zakat bersinonim dengan sedekah wajib. Dalam Al-Quran kata sedekah dalam berbagai bentuk dan derivasinya disebutkan sebanyak 154 kali
  • Konsep  Zakat Syari’ah dan Zakat Thariqah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 20:19 WIB
    Seperti halnya salat, Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani juga membagi zakat menjadi dua: zakat syariah dan zakat thariqah. Zakat thariqah menjurus ke zakat pahala. Apa itu?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat Fitrah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • Permudah Masyarakat Berinfak dan Bersedekah, IZI Luncurkan Zakat Self Service
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.
  • Zakat Konsep Harta yang Bersih Menurut Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 17:32 WIB
    Mengkaitkan soal pemerataan, dengan konsep zakat bukan merupakan hal yang tak masuk akal. Bahkan mengkaitkannya dengan rukun Islam yang lain bukan merupakan perkara mustahil.
  • Dulu Miskin Sekarang Kaya, Haruskah Mengqadha Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:18 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Wajibkah Membayar Zakat untuk Orang yang Terlilit Utang?
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 11:04 WIB
    Utang memang sangat membebani kehidupan manusia, apalagi jika sampai terlilit. Biasanya jika sudah terlilit, kita akan sulit untuk melunasi dan sulit keluar dari jeratannya.
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • Beda Pendapat 4 Mazhab tentang Zakat Harta Penghasilan
    Tips
    Kamis, 09 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Para imam mazhab empat berbeda pendapat yang cukup kisruh tentang harta penghasilan. Abu Hanifah berpendapat harta penghasilan itu dikeluarkan zakatnya bila mencapai masa setahun penuh.
  • Beda Zakat dengan Pajak Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 03:00 WIB
    Zakat merupakan faridhah maliyah dan bersifat sosial. Dia merupakan rukun yang ketiga dari rukun Islam. Barangsiapa yang tidak mau menunaikan zakat karena pelit maka ia ditazir.
  • Zakat untuk Pemerataan, Haruskan untuk Muslim Saja?
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 17:09 WIB
    Perbedaan yang mendasar antara zakat dan pajak, adalah bahwa pajak dibayar orang karena terpaksa, tapi zakat dibayarkan sebagai lambang kerja sama, persaudaraan.
  • Pintu-pintu Surga Terbuka Bagi yang Mengeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 12:01 WIB
    Kemuliaan yang dikaruniakan Allah Taala kepada umat Nabi Muhammad adalah kekhususan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat.
  • 4 Perbedaan Kurban dan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Ada banyak perbedaan antara kurban dengan zakat, meskipun juga ada banyak kesamaan. Namun yang perlu lebih digarisbawahi adalah perbedaannya.
  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Kemenag Sebut Seseorang yang Terjerat Utang Pinjol Berhak Terima Zakat
    Dunia Islam
    Senin, 25 Oktober 2021 - 07:03 WIB
    Seseorang yang dililit utang pinjol dikategorikan golongan yang berhak menerima zakat. Hal ini dikatakan Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag Fuad Nasar.
  • 3 Pandangan Fiqih tentang Zakat Penghasilan dan Profesi
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 16:52 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada 3 pandangan fiqih tentang zakat penghasilan dan profesi. Setidaknya begitu jika kita mengacu pada pendapat para ulama. Apa saja?
  • Bukan Sekadar Panitia, Berikut 9 Amil Zakat dan Tugasnya
    Tips
    Senin, 25 April 2022 - 09:05 WIB
    Tugas Amil Zakat adalah mengambil dan mendistribusikan harta zakat kepada mustahiq. Amil tidak sama dengan panitia zakat yang hanya dibentuk atas inisiatif masyarakat.