Kumpulan Artikel: Fiqih Puasa (halaman 4)

  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Begini Cara Rasulullah SAW Berbuka Puasa
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 17:38 WIB
    Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika berjumpa Rabbnya. Di antara sunnah yang dianjurkan saat puasa adalah menyegerakan waktu berbuka.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (5)
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 07:15 WIB
    Untuk menambah pengetahuan dan ilmu seputar puasa, berikut kumpulan hadis Nabi seputar Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.
  • Sahkah Puasa Orang yang Berimsak dalam Kondisi Junub?
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 04:00 WIB
    Banyak pertanyaan yang muncul seputar fiqih puasa. Salah satunya tentang puasa orang yang berimsak dalam kondisi junub. Bagaimana hukumnya dalam pandangan syariat?
  • Bagaimana Hukum Orang yang Tidak Puasa Ramadhan Tanpa Uzur?
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 17:10 WIB
    Syariat Islam memberi perhatian besar terhadap kewajiban puasa Ramadhan karena termasuk rukun Islam. Bagaimana hukum orang yang tidak puasa Ramadhan tanpa uzur syari?
  • Inilah 6 Pembatal Puasa Menurut Mazhab Syafii
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 04:00 WIB
    Setiap muslim diwajibkan mengetahui ilmu fiqih termasuk perkara-perkara yang membatalkan puasa. Dalam Mazhab Syafii, ada 6 perkara yang membatalkan puasa.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (4)
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 08:30 WIB
    Hari ini merupakan hari kedua bagi umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Untuk menambah ilmu tentang puasa, berikut kumpulan hadis Nabi seputar Ramadhan.
  • Puasa Tidak Salat, Gus Miftah: Seperti Orang Telanjang Pakai Sepatu
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:37 WIB
    Orang yang salat itu ibarat mengenakan celana dan baju, sedangkan puasa adalah sepatu. Maka orang yang puasa tapi tidak salat ibaratnya orang telanjang tapi mengenakan sepatu.
  • 2 Rukun Puasa yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:30 WIB
    Di antara ilmu Fiqih yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah rukun puasa. Setiap muslim wajib mengetahui apa saja rukun puasa sebelum mengamalkannya.
  • Makna Kesempurnaan Puasa Menurut Imam al-Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 02:10 WIB
    Orang yang berpuasa hendaknya juga harus menahan anggota tubuh mereka lainnya dari perkara-perkara yang dimurkai oleh Allah sehingga mencapai kesempurnaan berpuasa.
  • Subuh Belum Mandi Wajib Setelah Jima,  Masih Sahkah Puasa?
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 15:05 WIB
    Puasa menjadi batal ketika bersetubuh atau jima walau dengan istri. Lalu, sahkah puasa wajib jika sampai waktu subuh tiba belum mandi junub setelah jima?
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (3)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 03:21 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa hal yang menyebabkan status sebagai musafir itu berakhir, di antaranya ketika orang itu berhenti di suatu tempat dan berniat untuk menetap di tempat itu.
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (2)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 03:12 WIB
    Mazhab Al-Hanafiyah berpendapat jarak perjalanan seseorang dikatakan sebagai musafir minimal adalah jarak perjalanan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik unta selama tiga hari tiga malam.
  • Sahur Hari Pertama, Kembali Mengingat Batas Waktu Imsak
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 02:53 WIB
    Maksud imsak adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Imsak jatuh 10 menit sebelum azan Subuh
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (1)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 02:31 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar safar yang dilakukan seseorang bisa dijadikan dasar untuk terbebas dari perintah puasa.
  • Syarat-syarat yang Mewajibkan Seseorang Puasa Ramadhan
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 16:04 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat dalam buku Puasa: Syarat Rukun dan Membatalkan menjelaskan syarat wajib dan syart sah puasa Ramadhan. Berikut penjelasannya:
  • Hukum Orang Sakit dan Berpuasa
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 15:21 WIB
    Tak semua orang sakit tidak terkena kewajiban berpuasa. Ibnu Juzai mengelompokkan orang sakit dan puasa menjadi empat kasus, dengan masing-masing hukumnya.
  • Selain Puasa, Saatnya Menambang Pahala di Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 13:13 WIB
    Bulan Ramadhan akan menjadi bulan menambang pahala serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Selain puasa, umat Islam akan melakukan ibadah-ibadah sunnah lainnya.
  • Rukun dan Tata Cara Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 20:01 WIB
    Rukun puasa ada dua rukun yaitu pertama, menahan diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit Fajar hingga tenggelam matahari. Kedua, niat untuk puasa. Niat dilakukan paling lambat sebelum terbit Fajar.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (2)
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 17:40 WIB
    Berikut kumpulan Hadis Nabi seputar bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.