Topik Terkait: Salat Ied

  • Waktu-waktu yang Diharamkan Mengerjakan Salat
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Mengerjakan salat di awal waktu adalah ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat.
  • Tumaninah dalam Salat, Rukun Salat yang Sering Dilalaikan
    Tips
    Jum'at, 03 November 2023 - 13:15 WIB
    Tumaninah atau tenang ketika salat adalah salah satu rukun dari rukun-rukun salat. Tidak sah salat apabila tidak tumaninah. Kenapa demikian?
  • 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Alhamdulillah! Ini Manfaat Salat Tahajud dalam Perspektif Medis
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 16:40 WIB
    Salah Tahajud adalah salat yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur dari Isya hingga menjelang Subuh. Ibadah ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.
  • 5 Ganjaran Orang yang Salat Berjamaah Tepat Waktu
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:17 WIB
    Rasulullah SAW pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau menjawab, salat di awal waktunya. Berikut lima ganjaran bagi yang salat berjamaah tepat waktu.
  • Lafaz Niat Salat Dhuha dan Doa yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut lafaz niat dan doanya.
  • Jadi Khatib Idulfitri? Jangan Lupa Beberapa Sunah Nabi Berikut Ini
    Tips
    Senin, 08 April 2024 - 14:42 WIB
    Setelah menunaikan Salat Id, khatib segera melangkah menuju mimbar untuk memberikan khotbah. Berikut beberapa Sunah Nabi SAW yang dianjurkan dalam prosesi khotbah Idul Fitri:
  • Keutamaan Salat Awwabin, Salat Sunah yang Pahalanya Luar Biasa
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:14 WIB
    Salat sunnah Awwabin adalah salat yang dikerjakan antara salat Maghrib dan Isya. Salat sunnah Awwabin dikerjakan 2, 4 atau 6 rakaat. Paling banyak 20 rakaat dengan sepuluh kali salam.
  • Salat Tarawih Berapa Rakaat?
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 13:29 WIB
    Salat tarawih berapa rakaat? Hadis-hadis shahih dari Rasulullah SAW telah menunjukkan, bahwa salat malam itu adalah muwassa (leluasa, lentur, fleksibel).
  • Bolehkah Salat Dhuha Dilakukan Berjamaah?
    Tausyiah
    Senin, 04 September 2023 - 08:05 WIB
    Bolehkah salat Dhuha dilaksanakan secara berjamaah? Bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, Salat Dhuha termasuk salat sunnah yang dianjurkan karena memiliki banyak fadhilah (keutamaan).
  • Hadis - hadis yang Menjelaskan Keutamaan Salat Dhuha sama dengan Pahala Sedekah
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 08:34 WIB
    Salat Dhuha adalah ibadah salat sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan. Banyak hadis yang menerangkan tentang keutamaan salat Dhuha ini.
  • Niat Salat Tarawih Berjamaah di Masjid, Bahasa Arab, Latin dan Indonesia
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 16:18 WIB
    Niat salat tarawih berjamaah di masjid perlu dilakukan karena menjadi salah satu rukun salat Tarawih. Berikut adalah bacaan niat shalat Tarawih, baik untuk imam, makmum, atau pun ketika salat sendiri.
  • Rukun Salat Iduladha Tak Berbeda dengan Salat Idulftri
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Rukun salat Iduladha tidak berbeda dengan rukun salat Idulfitri dan mirip dengan salat lain. Demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunahkan.
  • Hukum Salat Id di Rumah dan Cara Mengerjakannya
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 16:13 WIB
    Jika pandemik wabah ini masih berlangsung hingga Syawwal, maka pelaksanaan salat Idul fitri (Id) bisa dikerjakan di rumah. Ada dua opsi, bisa melakukannya sendirian atau berjamaah dengan keluarganya.
  • Tata Cara Salat Orang Tunarungu dan Tunanetra
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 12:20 WIB
    Tata cara salat orang tunarungu dan tunanetra prinsipnya sama dengan tata cara salat orang yang nomal. Hanya saja, orang yang mengalami dua difabilitas tersebut tidak diwajibkan salat.
  • Rajin Menjaga Salat Dhuha, Pahala Akan Terus Mengalir
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 19:37 WIB
    Dalam ibadah salat, ada salat sunnah Dhuha yang pahala dan fadhilahnya luar biasa besar untuk memperberat timbangan amal kebaikan kita. Ibadah salat Dhuha ini merupakan cara meningkatkan amal ibadah dan cara meningkatkan akhlak manusia
  • Siapakah Orang yang Salat Tapi Celaka? Ini Penjelasan Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 05:10 WIB
    Siapakah orang yang salat tapi dihukumi celaka? Ini merupakan peringatan bagi yang lalai dalam salatnya. Berikut keterangan Al-Quran terkait orang yang celaka meskipun salat.
  • Besok Gerhana Matahari, Berikut Tata Cara Salat Gerhana!
    Tips
    Rabu, 19 April 2023 - 18:38 WIB
    Pada hari Kamis, 20 April 2023 akan terjadi gerhana matahari hibrida. Umat Islam diperkenankan untuk melakukan sembahyang gerhana, secara berjamaah, tanpa azan dan ikamah.
  • Bacaan Zikir Setelah Salat Dhuha
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 09:51 WIB
    Selain doa, ada bacaan zikir setelah salat Dhuha yang banyak keutamaan dan pahalanya bila diamalkan. Untuk bacaan zikirnya agak berbeda dengan bacaan zikir setelah salat fardhu.
  • Ini Mengapa Zakat Dikaitkan dengan Salat Menurut Haekal
    Tausyiah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Haekal mengatakan dalam melakukan perbuatan baik, sedekah itu terletak pada tempat pertama, orang yang melakukannya akan mendapat pahala yang amat sempurna.