Kumpulan Artikel: Berdoa (halaman 8)

  • Doa Sayidah Fatimah Az-Zahra pada Hari Kamis, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 08:19 WIB
    Sayyidah Fatiman Az-Zahra senantiasa berdoa dengan doa yang berbeda setiap harinya. Dalam kitab Shahifah al-Fathimiyyah yang disusun Al-Ustadz Asad Abud disebutkan pada hari Kamis.
  • Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Dijauhkan dari Zina
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 11:37 WIB
    Zina adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah. Imam Nawawi dalam kitab al-Azkar al-Nawawiyah mengajarkan doa sesuai sunah Nabi yang bisa kita baca agar terhindar dari perbutan zina.
  • Doa Agar Disucikan dari Penyakit Hati
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 09:30 WIB
    Berikut adalah doa agar kita selalu diberi hati yang bersih, senantiasa berzikir dan bertakwa kepada Allah serta disucikan dari penyakit hati seperti ingin dipuji, dengki, sombong, dendam dan lain sebagainya.
  • Doa yang Dibaca Sayidah Fatimah pada Hari Rabu
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Sayyidah Fatimah az-Zahra senantiasa membaca doa dengan doa yang berbeda saban harinya. Dalam kitab Shahifah al-Fathimiyyah disebutkan pada hari Rabu doa yang dibaca beliau adalah berikut ini.
  • Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Terhindar dari Kebakaran
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 17:50 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan kepada Abi Dardak tentang doa agar terhindar dari kebakaran rumah. Doa ini disampaikan Syekh Shafwak Sadallah Al-Mukhtar dalam kitabnya Anisul Muminin.
  • Doa Sayidah Fatimah az-Zahra pada Hari Selasa
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 09:38 WIB
    Sayidah Fatimah az-Zahra, senantiasa berdoa dengan doa yang berbeda saban harinya. Dalam Shahifah al-Fathimiyyah terdapat kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh putri bungsu Rasulullah SAW tersebut.
  • Doa yang Dibaca Nabi Muhammad SAW  ketika Melihat Makanan yang Dihidangkan
    Tips
    Senin, 15 Mei 2023 - 12:08 WIB
    Sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin bahwasannya Nabi SAW senantiasa makan makanan yang ada, dan ketika makanan dihidangkan, beliau mengucapkan doa ini.
  • Doa Berangkat ke Masjid Menurut Shihabuddin Al-Suhrawardi
    Tips
    Senin, 15 Mei 2023 - 11:12 WIB
    Ketika kita mau keluar dari rumah menuju masjid untuk melaksanakan salat berjemaah, maka kita dianjurkan untuk berjalan dengan tenang, penuh kekhusyukan dan tidak tergesa-gesa.
  • Doa Pulang dari Masjid Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tips
    Senin, 15 Mei 2023 - 07:06 WIB
    Di antara adab ketika kita pulang dari masjid setelah melaksanakan salat wajib berjamaah, atau setelah mengikuti pengajian di masjid, adalah memperbanyak zikir kepada Allah.
  • Begini Doa sebelum Makan dan Minum yang Diajarkan Syaikh Ali Al-Khawwas
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 13:21 WIB
    Syekh Muhammad bin Ahmad Al-Hajjar Al-Madani dalam kitabnya menyampaikan wasiat Syaikh Ali Al-Khawwas berkaitan dengan tuntunan doa ketika menghadapi berbagai hidangan.
  • Doa Setelah Salat Fardhu yang Diajarkan Imam Al-Ghazali
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 13:00 WIB
    Islam mengajarkan agar setiap umatnya senantiasa berdoa. Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad mengajarkan doa setiap waktu, terutama setelah salat fardhu sebagai berikut:
  • Doa Mendapatkan Kesempurnaan Nikmat Ajaran Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 12:58 WIB
    Di dalam kitab Kunuz al-Asrar wa al-Maani karya Syaikh Abdul Majid bin Thaha al-Jilani, disebutkandi antara hizib dan doa yang dibaca oleh Syaikh Abdul Qadir al-Jilani untuk kesempurnaan nikmat dari Allah .
  • Doa Keluar dan Masuk Rumah Arab, Latin, dan Terjemahannya
    Tips
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:31 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan bacaan doa saat keluar rumah. Sebab, dengan membaca doa seorang Muslim akan dihindarkan dari godaan setan.
  • Waktu Mustajab Berdoa Setelah Ashar di Hari Jumat, Ini Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 10:02 WIB
    Waktu paling mustajab berdoa di hari Jumat adalah setelah ashar. Meskipun seluruh waktu di hari istimewa umat Islam ini adalah mustajab
  • Inilah Golongan Orang yang Dimurkai Allah SWT
    Tausyiah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 19:38 WIB
    Di kalangan umat Islam ada sekelompok orang yang dimurkai Allah subhanahu wa taala. Golongan ini adalah orang yang enggan berdoa, mereka menyepelekan doa.
  • 4 Waktu Paling Dahsyat dan Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan
    Tips
    Rabu, 05 April 2023 - 12:31 WIB
    Allah Subhanahu wa taala dan Rasululullah Shallallahu alaihi wa sallam sangat menganjurkan kita untuk memperbanyak doa, terutama pada bulan Ramadan
  • Manfaat Berdoa saat akan Berpakaian, Nomor Terakhir Menghapus Dosa Masa Lalu
    Tips
    Senin, 16 Januari 2023 - 10:03 WIB
    Berdoa terlebih dahulu saat akan berpakaian ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya bahkan bisa menghapus dosa-dosa kita di masa yang lalu
  • Doa Pendek Memohon Hisab yang Mudah
    Tips
    Rabu, 04 Januari 2023 - 23:16 WIB
    Doa memohon hisab yang mudah perlu diamalkan kaum muslim dengan harapan Allah memberi kemudahan di Akhirat kelak. Doa ini tergolong pendek dan bisa dibaca setiap waktu.
  • Mengapa Masih Banyak Orang Malas Berdoa? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 12:01 WIB
    Rasa malas berdoa seringkali menimpa kita, bahkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib pun enggan untuk berdoa kepada Allah.
  • Bacaan Doa Awal Tahun 2023 Lengkap Arab dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:00 WIB
    Bacaan doa awal Tahun 2023 dapat diamalkan umat muslim sebagai wujud rasa syukur. Dalam kaidah fiqih memang tidak ada doa khusus saat pergantian tahun baru.