Hadis Palsu yang Digunakan Dalil Kiamat 15 Ramadan Tahun Ini

loading...
Hadis Palsu yang Digunakan Dalil Kiamat 15 Ramadan Tahun Ini
Hadis Palsu yang Digunakan Dalil Kiamat 15 Ramadan Tahun Ini
SEJAUH ini Pemerintah memang belum memutuskan kapan dimulai awal puasa atau 1 Ramadhan 1441 H. Namun, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awalpuasa dimulai pada Jumat, 24 April 2020.

Jika pemerintah dan ormas lainnya, seperti Nahdlatul Ulama (NU), sama-sama memutuskan 1 Ramadhan adalah 24 April, maka puasa dimulai hari Jumat dan pertengahan puasa atau tanggal 15 Ramadhan 1441 akan jatuh pada hari Jumat pula. Itu bertepatan dengan 8 Mei 2020.

Angka 15 Ramadhan bertepatan dengan hari Jumat ternyata mengandung makna mengerikan bagi mereka yang percaya. Belakang ini, beredar broadcast di media sosial bahwa kiamatakan terjadi pada malam Jumat atau hari Jumat pertengahan bulan Ramadhan.

Pada broadcast itu disampaikan sabda Nabi Muhammad Salallahu alaihi wa salam (SAW) yang menyatakan jika tanggal 15 Ramadhan bertepatan dengan malam Jumat, maka akan terdengar suara keras yang mengagetkan semua orang. Yang tidur pulas akan terbangun, yang bangun akan kaget, perempuan-perempuan berhamburan keluar dari biliknya.



Pada hari itu akan terjadi gempa bumi merata di mana-mana, selanjutnya dalam bulan Dzulhijjah akan terjadi pertumpahan darah.

Lantaran video kiamat dan hura-hura itu viral maka Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Dr Syamsuddin MA, merasa perlu meluruskan. Ia menulis artikel berjudul "Luruskan Hadits Prahara 15 Ramadhan" di media resmi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, pwm.co. yang tayang 31 Maret lalu.

Menurut dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini, bagi umat Islam, Ramadhan adalah bulan istimewa. Allah Subhanahu wa Taala (SWT) memuliakan hamba-hamba-Nya pada bulan ini dengan limpahan barakah, kebaikan, dan rahmat.



Dengan demikian, bulan Ramadhan adalah bulan bahagia, gembira, suka cita yang harus disyukuri oleh semua orang Islam. Bukan bulan yang menakutkan dan mencemaskan.
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَمَنۡ يَّقۡتُلۡ مُؤۡمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيۡهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيۡمًا
Dan barangsiapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.

(QS. An-Nisa:93)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video