Topik Terkait: Fatwa Ulama

  • 19 Fatwa Ulama Terdahulu yang Membolehkan Peringatan Maulid Nabi
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 23:42 WIB
    Peringatan Maulid Nabi tanggal 12 Rabiul Awal sudah lama menjadi tradisi dari generasi ke generasi sejak ratusan tahun silam. Berikut 19 Fatwa ulama yang membolehkan Maulid Nabi.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal
    Tausiyah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 17:43 WIB
    Ramai polemik di masyarakat tentang hukum mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristiani. Bagaimana sebenarnya pandangan syariat terhadap masalah ini?
  • Fatwa Ulama Terdahulu Bisa Diralat, Jika Ini yang Terjadi
    Tausyiah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 06:28 WIB
    Dia mencontohkan pendapat mengenai pembagian dunia kepada Dar Islam dan Dar Harb, yaitu suatu konsep yang pada dasarnya menganggap hubungan kaum Muslimin dengan orang bukan Muslim adalah peperangan.
  • Fatwa Imam Ibnul Jauzi: Wajib Bersabar Menunggu Terkabulnya Doa
    Tausyiah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:33 WIB
    Semua doa pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa Taala. Karena hal itu merupakan janji Allah sendiri. Karena itu, Imam Ibnul Jauzi heran masih ada saja seorang hamba yang berprasangka buruk kepada Allah Taala bahwa doanya tidak dikabulkan.
  • Begini Tata Cara Thawaf Menurut Sejumlah Ulama
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 19:03 WIB
    Tatacara thawaf adalah memulai setelah menyentuh hajar aswad lalu menjadikan Kakbah di sebelah kirinya kemudian memutar mengelilingi di luar Hijr dari Hajar Aswad ke Hajar Aswad tujuh putaran.
  • Kewajiban Haji: Hukum Melontar Jumrah pada Malam Hari
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 12:13 WIB
    Syaikh Abdul Aziz mengatakan yang lebih hati-hati adalah melontar sebelum Maghrib bagi orang yang mampu melakukan demikian itu karena berpedoman kepada Sunnah dan keluar dari perselisihan.
  • Ustaz Abdul Somad Beberkan Alasan Mengapa Indonesia Tak Punya Mufti
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 November 2021 - 08:52 WIB
    Dai kondang yang juga ahli Hadis dan Fiqih Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskan mengapa Indonesia tidak punya Mufti. Berikut keterangan UAS dalam kanal IG-nya.
  • Habib Quraisy Baharun: Dosa Jadi Penyebab Sempitnya Rezeki
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 15:10 WIB
    Hati-hati dengan dosa karena ia dapat menjadi penyebab sempitnya rezeki. Setiap muslim hendaknya tidak memandang remeh perkara dosa.
  • Hadis Palsu yang Digunakan Dalil Kiamat 15 Ramadan Tahun Ini
    Tausiyah
    Sabtu, 04 April 2020 - 05:05 WIB
    Pada 15 Ramadan tahun ini bertepatan dengan hari Jumat. Oleh beberapa pihak, pada hari itu dipercaya bakal terjadi kiamat. Kepercayaan ini lahir didasari sebuah hadis.
  • Pandangan Islam Terhadap Orang yang Membakar Hutan dan Lahan
    Tausiyah
    Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:04 WIB
    Kebakaran hutan yang melanda Riau, Jambi, dan Kalimantan belakangan ini, setidaknya memberikan penyadaran kepada masyarakat betapa pentingnya arti melindungi hutan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Jenazah Pasien Covid-19 Boleh Tak Dimandikan dan Dikafani
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 01:09 WIB
    Apabila dipandang darurat dan mendesak, jenazah pasien Covis dapat dimakamkan&nbsp tanpa dimandikan dan dikafani
  • Begini Isi Lengkap Fiqih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19 Menurut NU
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 17:58 WIB
    Kedudukan dan perlakuan jenazah korban virus corona sama dengan jenazah muslim pada umumnya, yaitu wajib dimandikan, dikafani, dishalati, dan dimakamkan.
  • Haram Menolak Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19, Ini Dasar Hukumnya
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 11:18 WIB
    Pernahkah kita membayangkan jenazah yang tertolak itu adalah keluarga kita, saudara kita, atau tenaga medis, dokter, perawat yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan virus ini.
  • NU Terbitkan Panduan Praktis Salat Jumat di Tengah Pandemi Covid-19
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 13:09 WIB
    PWNU Jawa Timur menerbitkan panduan praktis salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 sebagai bagian dari khidmah diniyyah bagi kaum muslimin di tengah situasi mutakhir.
  • Penolakan Jenazah Pasien Covid-19, Haedar Nashir: Mereka Saudara Kita
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 10:10 WIB
    Haedar mengatakan, pasien yang meninggal akibat covid-19 adalah saudara kita yang harus diperlakukan dengan penghormatan yang baik.
  • Inilah Sebab-sebab Perbedaan Ulama Fiqih (2)
    Tausiyah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 15:21 WIB
    Bagi orang awam mungkin sedikit bingung dan bertanya-tanya kenapa para ulama banyak berbeda pendapat. Apa sih penyebab adanya perbedaan ulama ahli fiqih ini.
  • MUI Imbau Salat Ghaib untuk Korban Covid-19 yang Wafat
    Hikmah
    Senin, 23 Maret 2020 - 07:40 WIB
    Seiring bertambahnya korban wabah Covid-19 dan tidak terkendalinya penyebaran virus Corona tersebut, Komisi Fatwa MUI mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Ghaib.
  • KH Muammar Bakry: Menjaga Jiwa Adalah Hal Pokok dalam Islam
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juli 2021 - 13:34 WIB
    Menjaga jiwa merupakan bagian terpenting yang asasi atau pokok dalam syariat Islam. Menjaga jiwa ini nilainya sama halnya dengan menjaga agama, akal pikiran, harta dan juga keturunan.
  • Begini Pesan Al-Azhar untuk Dunia Terkait Covid-19
    Tausiyah
    Sabtu, 04 April 2020 - 10:52 WIB
    Syaikh Ahmad Al-Tayyeb berpesan agar kita semua melakukan tindakan pencegahan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh para ilmuwan, dan mengajak untuk memperbanyak sedekah serta berserah diri pada Allah dengan salat dan doa
  • Ceramah Gus Baha tentang Orang yang Membidahkan Maulid Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Ceramah Gus Baha tentang orang yang membidahkan Maulid Nabi menarik untuk disimak. Kalau tidak paham sebaiknya diam. Kalau tidak mengerti ilmunya, jangan menghukumi bidah.