5 Doa Ketika Sujud Sesuai Sunnah Nabi, Tinggal Pilih yang Disukai

Jum'at, 22 September 2023 - 22:07 WIB
Sujud merupakan momen terdekat seorang hamba dengan Tuhannya. Maka perbanyaklah berdoa ketika sujud dalam sholat. Foto/ist
Doa ketika Sujud dalam sholat cukup banyak. Rasulullah ﷺ mengajarkan lebih dari satu doa. Kita tinggal memilih doa mana yang kita sukai.

Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda: "Momen terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa saat itu." (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa-i)

Keutamaan bersujud ketika sholat dapat menggugurkan dosa-dosa sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah ﷺ dalam Hadis berikut:

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا قَامَ يُصَلِّي أُتِيَ بِذُنُوبِهِ فَوَضَعَتْ عَلَى رَأْسِهِ أَوْ عَاتِقِهِ فَكُلَّمَا رَكَعَ أَوْ سَجَدَ تساقطت عنه

Artinya: "Sesungguhnya, tatkala seorang hamba berdiri sholat, didatangkanlah seluruh dosanya, kemudian diletakkan di atas kepala dan kedua bahunya, maka ketika ia rukuk dan sujud, dosa-dosa tersebut berguguran." (HR Ibnu Hibban, Ath-Thabrani)



Berikut Lima Doa Ketika Sujud Sesuai Sunnah Nabi:

1. Subhanakallahumma Robbana...

Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ memperbanyak doa berikut ini ketika rukuk dan sujud. Berikut doanya:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي


Subhaanakallaahumma Robbanaa wa bi hamdika, Allaahummaghfirlii.

Artinya: "Mahasuci Engkau Ya Allah, Tuhan kami. Segala puji bagi-Mu wahai Tuhanku. Ampunilah dosaku." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

2. Subhaana Rabbiyal A'laa wa Bihamdi

Doa Sujud kedua ini bersumber dari Hadis riwayat Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi dan lainnya. Doa ini dibaca tiga kali atau lebih ketika kita sujud.

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ


Subhaana Rabbiyal A'laa wa Bihamdihi.

Artinya: "Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi, dan segala pujiaan atas-Nya." (HR Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi, Thabrani, Daruquthi)

3. Subbuuhun Qudduusun...

Doa Sujud ini diketengahlan dalam Hadis riwayat Imam Muslim. Berikut bacaan doanya:

سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوحِ
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More