6 Fakta Albania Hendak Dirikan Negara Islam Mirip Vatikan

Rabu, 25 September 2024 - 14:45 WIB
Albania hendak mendirikan negara Islam mirip Vatikan. Foto/Ilustrasi: . sarakuehn
Albania hendak mendirikan negara Islam mirip Vatikan. Perdana Menteri Albania, Edi Rama, mengatakan telah menyiapkan sebidang tanah di dalam ibu kota , Tirana. Tanah itu nantinya akan diberikan kepadapengikut sekte Bektashi, sebuah ordo Sufi Syiah , untukmendirikan negara Islam mirip dengan negara Katolik Vatikan .

Berikut6 fakta Albania hendak mendirikan negara Islam mirip negara Katolik Vatikan tersebut.

1. Disebut Negara Islam itu sejatinya hanya untuk ordo Sufi Syiah bertajuk sekte Bektashi. Imam paling senior dari ordo tersebut, Edmond Brahimi, yang dikenal sebagai Baba Mendi, sedang bersiap untuk memimpin apa yang akan menjadi negara terkecil di dunia jika semuanya berjalan sesuai rencana.



Imam dari ordo ini memiliki rencana tidak resmi untuk negara Islam mini barunya, yang diharapkan menjadi daerah kantong independen mirip dengan Vatikan.

2. Negeri mini itu membebaskan perdagangan alkohol dan wanita diizinkan untuk mengenakan apa pun yang mereka suka tanpa batasan gaya hidup.

Baba Mendi menjelaskan bagaimana ia bermaksud untuk memerintah sebidang tanah seluas 27 hektar, yang ingin mengubah wilayah di Albania itu menjadi negara berdaulat dengan administrasi, paspor, dan perbatasannya sendiri.

"Semua keputusan akan dibuat dengan cinta dan kasih sayang," kata Baba Mendi, 65 tahun, seorang mantan perwira militer Albania yang dikenal dengan gelar resminya, Yang Mulia Hadji Dede Baba.



Mendi adalah pemimpin "tertinggi" ordo Bektashi, sebuah ordo Sufi Syiah yang didirikan pada abad ke-13 di Turki tetapi sekarang berpusat di Albania.

3. Ide Perdana Menteri Edi Rama mendirikan negara mini tersebut sebagai bagian dari upayanya untuk mempromosikan toleransi beragama di negara tersebut.

Negara baru itu untuk mempromosikan versi "Islam" yang toleran yang dapat dibanggakan Albania. "Kita harus menjaga harta karun ini, yaitu toleransi beragama, dan tidak boleh diremehkan," katanya.

Ia akan mengumumkan rencana untuk entitas baru tersebut dalam waktu dekat, yang akan disebut "Negara Berdaulat Ordo Bektashi."

4. Wilayah "Negara Islam" baru yang diusulkan adalah kompleks perumahan rakyat dengan harga sewa rendah di Tirana timur, seperempat dari ukuran Kota Vatikan, yang saat ini merupakan negara terkecil di dunia dan diperintah oleh Paus dengan otoritas absolut.



"Ukuran tidak penting," kata Papa Mende, seraya menambahkan, "Saya tidak harus menjadi diktator," tetapi ia mengakui bahwa hanya Tuhan yang menjadi batas kekuasaannya.

5. Bangunan-bangunan negara baru itu meliputi aula pertemuan, aula doa berkubah, museum yang memamerkan sejarah ordo itu, klinik, arsip, dan kantor administrasi untuk Baba Mundi, yang digambarkan oleh New York Times sebagai pria berjanggut putih yang ceria dan membenci ekstremisme.

Syekh Bektashi mengatakan bahwa "para ekstremis Muslim" yang meledakkan bom dan menggunakan "kekerasan" untuk menyebarkan visi agama mereka "tidak lebih dari sekadar koboi."

Ia menunjukkan bahwa banyak penganut Syiah dan Sunni konservatif menganggap para pengikut tarekat Bektashi sebagai bidah , dengan mengklaim bahwa mereka telah dianiaya selama berabad-abad.

Syekh tarekat itu mengatakan negara barunya mungkin memerlukan badan intelijen kecil, "karena kami juga punya musuh, tetapi kami tidak akan punya tentara, penjaga perbatasan, atau pengadilan."



6. Pasal 1(2) Konstitusi Albania menyatakan bahwa "Republik Albania adalah negara kesatuan dan tidak dapat dibagi." Untuk mengubahnya, diperlukan amandemen konstitusi, yang harus disetujui oleh mayoritas 94 suara, atau dua pertiga dari semua anggota parlemen.

Albania telah lama dianggap sebagai negara yang menjunjung tinggi kerukunan dan toleransi beragama. Masjid dan gereja sering kali berdiri berdekatan, dan pernikahan beda agama diterima dengan baik dalam masyarakat Albania.

Menurut sensus tahun 2023, sekitar 50% dari 2,4 juta penduduk Albania beragama Islam. Sebagian besar adalah Muslim Sunni, dengan sekitar 10% Muslim berasal dari komunitas Bektashi. Umat Katolik Roma dan Kristen Ortodoks merupakan mayoritas dari populasi lainnya.

(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ الَّذِيۡنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتۡ قُلُوۡبُهُمۡ وَاِذَا تُلِيَتۡ عَلَيۡهِمۡ اٰيٰتُهٗ زَادَتۡهُمۡ اِيۡمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمۡ يَتَوَكَّلُوۡنَ (٢) الَّذِيۡنَ يُقِيۡمُوۡنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقۡنٰهُمۡ يُنۡفِقُوۡنَؕ (٣) اُولٰۤٮِٕكَ هُمُ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ حَقًّا ‌ؕ لَهُمۡ دَرَجٰتٌ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ وَمَغۡفِرَةٌ وَّرِزۡقٌ كَرِيۡمٌ‌ۚ (٤)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah kuat imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, Yaitu orang-orang yang melaksanakan shalat dan yang menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat tinggi di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.

(QS. Al-Anfal Ayat 2-4)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More