Menyedihkan! Salat Bertahun-tahun Tapi Tidak Diterima, Apa Sebab?

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 17:17 WIB
Ada beberapa hal yang menyebabkan salat kita tidak diterima oleh Allah Taala. Di antaranya karena syirik, ujub, takabbur atau sombong dengan amalan. Foto/Istimewa
Kali ini kita mendapat nasihat luar biasa dari Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf, dai muda lulusan Al-Azhar Mesir. Sebagian di antara kaum muslimin mungkin merasa bahwa amalan yang dikerjakannya sudah sempurna. Ada yang merasa bahwa ia telah meggugurkan kewajiabannya kepada Allah Ta'ala.

Secara zahir mungkin tampak iya, namun ternyata ibadah yang kita lakukan tidak diterima Allah. Sungguh ironis, salat kita bertahun-tahun tidak diterima karena ada penyakit di hati kita. Penyakit apakah itu? Berikut penjelasan Imam an-Nawawi dalam Syarah Hadits Arba'in menyebutkan:

1. Syirik.

Kita melakukan sesuatu karena manusia. Apabila kita melihat kepada yang spesifik syirik dibagi 6 :

~ syirik istiqlal.



~ syirik tab'idh.

~ syirik taqrib.

~ syirik taqlid.

~ syirik aghradh.

~ syirik asbab.

( )

Dalam akidah ahlus sunnah wal jama'ah Asy'ariyyah menyatakan tidak ada yang melakukan apapun melainkan hakikatnya Allah Ta'ala yang melakukan (kehendak-Nya). Kita tidak boleh meyakini kita bisa menciptakan perbuatan kita sendiri, bisa timbul kesombongan dan mencapai kekufuran. ( )

"Apakah ada yang begitu? Ada, yaitu orang Qadariyah. Mereka mengatakan kalau perbuatan baik itu Allah yang bikin, kalau yang buruk itu manusia yang bikin," kata Habib Geys.

Perbuatan Manusia dibagi 2 Kelompok:

1. Al-Af'al Iftiyariyah (perbuatan yang kita punya kesadaran Mutlak).

2. Al-Af'al Iftirariyah (perbuatan yang tidak ada kesadarannya).

Pembagian Tauhid oleh orang yang kita kenal dengan Salafi yang membagi tauhid menjadi 3 itu keliru. Ini adalah pemikiran yang keliru dan banyak disebarkan di masyarakat dan banyak yang tertipu.

As-Sayyid Alawi al-Maliki mengatakan:

"Orang kalau tawassul tidak akan syirik kalau mengetahui 4 hal ini :
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya setan mengalir dalam pembuluh anak Adam layaknya aliran darah.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More