Upaya Meraih Kekayaan: Jangan Anggap Sepele Doa dan Tawakal

Rabu, 14 Oktober 2020 - 05:00 WIB
Sekiranya seseorang bertawakal kepada Allah Taala dengan sebenar tawakal, dengan penuh keyakinan bahwa tidak ada yang memberi atau menahan rezeki selain Allah Azza wa Jalla, lalu ia berusaha dengan menekuni mata pencahariannya, pasti ia akan diberi rezeki, layaknya burung yang keluar di pagi hari buta dengan perut kosong dan pulang di petang hari dalam keadaan kenyang. ( )


Jadi tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla adalah sebab yang paling agung dalam mendatangkan rezeki. Tawakal adalah setengah dari agama ini, yang merupakan bentuk permintaan tolong seoang hamba kepada Rabbnya.

Ia adalah amalan hati, bukan ucapan lisan atau perbuatan anggota badan, bukan pula pengetahuan yang dimiliki seseorang.

Tawakal yang paling utama adalah tawakal dalam hal yang wajib; yaitu yang wajib terhadap Allah Azza wa Jalla, yang wajib terhadap sesama manusia, dan yang wajib terhadap dirinya. Yang wajib terhadap Allah adalah dengan meminta tolong kepada Allah Ta’ala dalam taat kepada-Nya, bertumpu pada-Nya dan tidak bersandar pada kekuatan dirinya. Ini disertai dengan usaha dan ikhtiar. ( )Adapun yang wajib terhadap diri adalah dengan bersandar kepada Allah Azza wa Jalla dalam memperbaiki urusan dirinya, sambil meniti jalan untuk mencari kebaikan diri dan kemanfaatannya.

Sedangkan yang wajib terhadap sesama manusia adalah bertawakal kepada Allah SWT dalam memperbaiki perkaranya, dengan memperkuat relasi antara diri dan Rabb nya, sehingga Allah pun akan membuat relasi dirinya dengan sesama manusia menjadi harmonis. Sebagaimana ia juga meminta pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam memperbaiki sesama manusia, tidak mengandalkan ilmu dan usahanya. Karena ia tahu bahwa hati manusia ada di tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. ( )


Sedangkan tawakal yang paling bermanfaat adalah tawakal terhadap suatu efek yang terjadi dalam hal kemaslahatan terkait agama, dan dalam hal menolak bahaya terkait agama.

Ini merupakan tawakalnya para nabi dalam menegakkan agama Allah Azza wa Jalla dan menolak sepak terjang yang dilakukan para perusak di muka bumi. Dan inilah tawakalnya para pewaris nabi.

Ada yang mengartikan tawakal sebagai bentuk percaya dan yakin dengan (kekuasaan) Allah Azza wa Jalla, merasa tenang dan nyaman dalam bersandar kepada-Nya.




Ada lagi yang mengartikannya sebagai bentuk keridhaan terhadap apa yang ditakdirkan. Sebagian orang salih berkata, “ada orang yang berkata: aku bertawakal kepada Allah Azza wa Jalla! Namun sebenarnya ia dusta kepada Allah Azza wa Jalla. Sekiranya ia benar-benar tawakkal kepada Allâh Azza wa Jalla, ia pasti akan ridha dengan apa yang Allah perbuat terhadapnya.

Mewujudkan tawakal, bukan kemudian berarti meniadakan usaha menempuh sebab dan ikhtiar mencari rezeki. Tawakal akan menjadi nonsense ketika tanpa diiringi usaha menempuh sebab dan ikhtiar. Tawakkal tanpa ikhtiar sama saja dengan bentuk berpangku tangan dan pengangguran.




Di samping bertawakal, Allah Azza wa Jalla pun memerintahkan untuk menempuh sebab dan usaha. Jadi, meniti sebab dengan berusaha memberdayakan anggota badan, juga merupakan bentuk ketaatan kepada Allah Azza wa Jalla, sebagaimana bertawakal kepada Allah Azza wa Jalla dengan hatinya, merupakan bentuk keimanan kepada-Nya.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allâh dan ingatlah Allâh banyak-banyak supaya kamu beruntung. [Al-Jumu’ah/ 62: 10]

Artinya menebarlah di penjuru bumi untuk mencari penghidupan dengan berbagai cara yang dihalalkan, agar harta halal bisa mengalir dan rezeki-Nya pun bisa dinikmati. Dan perlu diingat, bahwa ikhtiar kita tidak akan mendatangkan hasil kecuali apa yang telah Allah Taala tetapkan.




Bila memang sulit diwujudkan, maka itulah apa yang telah Allah takdirkan. Kalaupun memang mudah, maka itu karena Allah telah memudahkannya. Karena usaha dan ikhtiar bukanlah yang memberi rezeki, namun Allah Dzat Yang memberi rezeki.

Oleh karena itu, merupakan bentuk kesempurnaan tawakal adalah tidak condong dan berserah pada sebab, serta memutuskan keterpautan hati dengan sebab. Sehingga keadaan hatinya adalah percaya sepenuhnya kepada Allah, bukan kepada sebab, sedangkan sikap fisiknya adalah mengupayakan sebab dan ikhtiar.

Bisa saja Allah memberi rezeki kepada sebagian hamba yang yakin dan tawakal dengan tulus, sehingga Allah Taala pun memberikan hal yang di luar kadar kebiasaan. Ini seperti halnya makanan dan buah-buahan yang datang dari Allah Azza wa Jalla kepada Maryam, di mana ia telah beribadah secara total kepada Allah SWT.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Mas'ud, dia berkata, Saya bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, Amalah apakah yang paling utama? Beliau menjawab: Shalat pada waktunya. Aku bertanya lagi, Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: Berbakti kepada kedua orang tua. Aku bertanya lagi, Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: Berjuang pada jalan Allah. Kemudian aku tidak menambah pertanyaan lagi karena menjaga perasaan beliau.

(HR. Bukhari No. 5513)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More