Kematian Husnul Khatimah atau Suul Khatimah dan Syair Abu Nawas

Rabu, 02 Juni 2021 - 19:44 WIB
Abu Laits as-Samarkandy mengatakan bahwa seseorang yang masih mempunyai rasa takut kepada Allah, memiliki ciri-ciri yang tidak kurang dari tujuh macam.

Pertama, tanda itu akan tampak sekali pada lisannya. Ia tidak akan pernah menggunakannya untuk mengumpat, berdusta, atau ucapan lain yang tidak bermanfaat.

Ia akan mempergunakannya untuk membaca Al-Qur'an, berzikir kepada Allah, atau untuk memperdalam berbagai disiplin ilmu yang bermanfaat.

Kedua, selalu menjaga urusan perut. Dengan demikian, ia tidak akan sembarangan memasukkan makanan apa saja yang didapat. Ia akan berusaha mendapatkan makanan halal, dengan ukuran sekadar cukup.

Ketiga, selalu menjaga pandangan agar tidak melihat kepada apa pun yang dilarang agama. Tidak pula untuk melihat ke arah duniawi dengan pandangan tertegun keheranan, melainkan ia memandang semua itu sebagai 'ibrah (pelajaran).

Keempat, selalu menjaga tangannya agar tidak melakukan berbagai kemaksiatan, dan berusaha agar apa yang dilakukan tangan itu selalu penuh manfaat.

Kelima, memperhatikan tindakan kaki agar tidak terjerumus kepada perkara yang haram, dan selalu berusaha agar apa yang dikerjakan kaki menjadi bagian ibadah.

Keenam, mencermati apa saja yang terlintas dalam hati, dan berusaha agar selalu terjauh dari menyimpan dendam, permusuhan, mendengki sesama kawan, dan berbagai penyakit hati yang lain. Bahkan, ia selalu berusaha agar dalam hati tertanam harap supaya handai taulan selalu mendapat kebahagiaan yang diridhai Allah, juga berbelas kasih kepada mereka.

Ketujuh, berusaha agar pendengarannya terjauh dari apa pun yang dilarang Allah sehingga akan terbiasa mendengar berbagai kebenaran dan kebajikan.

Semoga kita diberi kekuatan dan kemampuan untuk menggapai semuanya, menebar kebajikan yang dapat kita jadikan bekal dalam perjumpaan dengan-Nya. Amin.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya para pelukis pada hari kiamat akan disiksa. Dikatakan kepada mereka, Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan.

(HR. Ibnu Majah No. 2142)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More