Pesantren Nur Inka Nusantara Madani dan Komunitas Virtual Generasi Baru

Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:07 WIB
Sesuatu yang tentunya sangat penting dan relevan. Maklum Komunitas masa depan akan didominasi oleh Komunitas yang berkarakter dunia maya (virtual).

Tentu hal ini dilandasi oleh kenyataan bahwa dunia kita yang saat ini dilanda Covid-19 mengalami pergeseran/perubahan yang dahsyat. Dunia yang sangat berbeda dari dua-tiga tahun lalu. Dunia yang lebih dikenal dengan katakter normal yang baru (new normal).

Karenanya silaturrahim misalnya yang selama ini kita kenal dengan saling mengunjungi secara fisik telah mengalami pergeseran dengan silaturrahim virtual. Dan karenanya sadar atau tidak, komunitas generasi baru juga akan terinovasi dengan bentuk baru. Itulah sesungguhnya yang saya istilahkan dengan "Virtual Community".

Saya tidak ingin menuliskan lagi semua bentuk kegiatan dan dampaknya selama program pesantren Musim Panas ini. Tapi pastinya sebuah program unggulan yang akan ditunggu-tunggu oleh para santri dan orang tuanya.

Satu hal juga yang telah menjadikan program ini unik karena dibina oleh guru-guru yang luar biasa. Mereka para huffadz dan ahli Al-Qur'an, memiliki kapasitas keilmuan yang mapan, Wawasan yang luas, dan tentunya kemampuan komunikasi (termasuk bahasa Inggris) yang sangat baik.

Hari Sabtu, 28 Agustus, kegiatan ini akhirnya berakhir. Tentu harapan kita semoga terus manfaat, menjadi kesaksian Islam dan iman, serta komitmen untuk menjadi Muslim dan generasi Muslim yang lebih baik. Bahkan harapan kita semoga program ini menjadi benih atau langkah awal terbangunnya generasi yang solid, pengemban amanah dakwah di masa depan.

Tapi yang terpenting dari semua itu semoga Allah ridho, memberikan rahmah dan berokahNya, serta menerimanya menjadi amalan kebaikan (saleh) dari semu yang terlibat. Toh apalah arti semua kerja/karya kita jika Allah tidak ridho dan tidak pula mengabulkannya. Maka doa saya untuk semua yang telah memberi saham dalam mensukseskan program ini: "Jazakumullah khaer al-jazaa fid-dunia wal-akhirah!"

Di mana ada awal di situ ada akhir. Di mana ada pertemuan di situ ada perpisahan. Akhir program dan perpisahan santri-santiryah terjadi Sabtu lalu dengan semarak, penuh dengan syahdu nan indah. Kegembiaraan tapi juga kesedihan menyatu dalam rasa jiwa. hati, dibalut oleh tekad, dan niat suci untuk terus melangkah mewujudkan mimpi hingga masanya menghadirkan pesantren pertama di bumi Amerika.

Ini sekaligus ajakan kepada semua untuk mengambil bahagian di jalan juang ini. Semoga dengan donasi/kontribusi, bahkan doa terbaiknya menjadi "asbab" (jalan) untuk Allah bukakan pintu-pintu kemudahan selanjutnya. Amin Ya Rabbal 'Alamin.

New York, 30 Agustus 2021

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Semua perbuatan tergantung niatnya, dan balasan bagi tiap-tiap orang tergantung apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan

(HR. Bukhari No.1)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More