Memaknai Keberkahan Ramadan (6): Kemuliaan Seseorang Ditentukan Nilai Spiritualitasnya

Jum'at, 31 Maret 2023 - 22:34 WIB
loading...
A A A
Karenanya doa berbuka dikaitkan langsung dengan ikatan Ilahi: "Untuk Engkau Aku berpuasa, kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu juga aku berbuka puasa. Maka terimalah dariku. Sunnguh Engkau Maha mendengar lagi Maha melihat."

Karenanya bulan Ramadan ini harus menjadi momentum yang baik dalam membangun kehidupan ruhiyah yang solid. Kerapuhan nilai-nilai spiritualitas menjadikan manusia terombang-ambing dalam pergerakan gelombang dunia yang tiada akhir.

Kehidupan materialistis, konsumeris dan hedonistis yang terbangun di atas paham kapitalisme menjadikan manusia semakin rakus dan kehilangan nuraninya.

Akibatnya dalam dunia yang kerap kali diakui sebagai dunia modern, manusia yang seharusnya lebih beradab (civilized), justeru seringkali berkarakter biadab. Bahkan lebih biadab dari hewan.

"Mereka bagaikan hewan. Bahkan lebih sesat dari hewan." (Al-Qur'an)

Semoga puasa kita menumbuh suburkan hati dan ruh kita sehingga dorongan dunia yang dahsyat ini mampu terimbangi. Dengan ajaran keseimbangan antara nilai-nilai fisikal dan ruhiyah inilah yang menjadikan Islam sangat unik dalam karakternya.

Agama yang membangun kebaikan pada dua aspek kehidupan. Hasanah fid-dunya wa hasanah fil-akhirah. Aamin.

Jamaica Hills, 27 Maret 2023

Bapak/Ibu, di bulan mulia ini kembali kami mengajak untuk berinfaq (termasuk zakat harta) bagi penyelesaian pembangunan pesantren di US. Saat ini sedang menyelesaikan pengadaan dapur umum dengan pembiayaan sekitar $150,000. Semoga Allah menerima dan memberkahi rezeki semuanya. Amin!

Di US melalui fasilitas zelle: Nusantarafoundation24@gmail.com.
Di Indonesia melalui Rekening bank:
BNI Syariah: 887000045
Bank Mandiri: 1240000018185
Bank Syariah Mandiri: 7774454459
A.n: Yayasan Inka Nusantara Madani

Jazakumullah khaer!

(Bersambung)!

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)