Amalkan Surah At-Taubah, Bisa Selamat dari Pencurian

Selasa, 06 Juni 2023 - 17:48 WIB
loading...
Amalkan Surah At-Taubah, Bisa Selamat dari Pencurian
Barangsiapa yang membawanya saat berdagang atau meletakkannya dalam pecinya, niscaya dia selamat dari pencurian dan kebakaran. Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews
A A A
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah At-Taubah , Muhammad Taqi berkata: "Barangsiapa yang membawanya saat berdagang atau meletakkannya dalam pecinya, niscaya dia selamat dari pencurian dan kebakaran."



Surah At-Taubah adalah surah ke-9 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Madaniyah yang terdiri atas 129 ayat. Dinamakan At-Taubah yang berarti "Pengampunan" karena kata At-Taubah berulang kali disebut dalam surah ini.

Dinamakan juga dengan Bara'ah yang berarti berlepas diri, maksudnya adalah memutus hubungan, disebabkan sebagian besar pokok pembicaraannya tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin.

Surah ini merupakan surah yang tidak diawali ucapan basmalah, karena surah ini adalah surah perang dengan arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musyrikin, sedangkan basmalah bernapaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

Surah ini diwahyukan setelah Nabi Muhammad kembali dari Ekspedisi Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H. Pengumuman ini disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib pada musim haji tahun itu juga.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)