Doa Buka Puasa Arafah dan Tata Caranya

Senin, 26 Juni 2023 - 18:55 WIB
loading...
Doa Buka Puasa Arafah dan Tata Caranya
Bila waktu berbuka puasa tiba, segerakan dan jangan lupa membaca doa-doa sebelum berbuka puasa Arafah yang mustajab. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa buka puasa Arafah dan tata caranya ini penting diketahui dan hendaknya diamalkan setiap muslim yang telah menjalankan puasa Arafah (9 Dzulhijjah). Meskipun doa yang dipanjatkan ini, umum dilakukan setiap hari tetapi ada doa-doa khusus yang hendaknya diamalkan saat berbuka puasa di waktu istimewa tersebut.

Seperti diketahui, puasa Arafah adalah puasa sunah yang keutamaannya sangat luar biasa, bahkan disebutkan salah satunya bisa menghapuskan dosa-dosa kita setahun yang lalu.

Berikut doa dan tata cara buka puasa Arafah sesuai tuntunan syariat.

1. Segerakan berbuka jika waktunya telah tiba.

2. Sebelum berbuka puasa alangkah baiknya mengawali dengan bacaan 'Bismillahir rahmanir rahim'.

3. Makan kurma dengan jumlah ganjil, diajurkan tiga butir dan jangan lupa membaca doa sebelum makan.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَناَ وَقِناَ عَذَابَ النَّارِ


Bismillahirrahmanirrahim. Alloohumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa adzaabannaar.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, berkahi untuk kami apa yang Engkau rezekikan untuk kami, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka."

4. Jika tidak ada bisa meminum air zamzam atau air mineral lainnya dalam tiga tegukan.

5. Setelah itu disunahkan membaca doa buka puasa sambil mengangkat kedua telapak tangan.

Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ، إِنْ شَاۧءَ اللّٰهُ تَعَالَى، يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ، اِغْفِرْ لِيْ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الّذِيْ أَعَانَانِيْ (هَدَانِيْ) فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ


Artinya: " Ya Allah bagiMulah aku berpuasa, atas rizki-Mulah aku berbuka, padaMulah aku beriman, kepadaMulah aku bertawakkal (berserah diri). Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan semoga tetaplah pahala --puasa, insya Allah Taala. Duhai Yang Maha Luas Anugerah-Nya, berikanlah ampunan bagiku. Segala puji bagi Allah Yang telah menolongku (memberikan petunjuk) sehingga aku berpuasa, dan yang telah memberikan rizki kepadaku sehingga aku bisa berbuka"

6. Makan dan minumlah secukupnya.

7. Setelah makan, baca doa berikut.

الْحَمْدُ لله الَّذِي أَطْعَمَنَا، وَسَقَانَا، وَجَعَلَنَا مِن المُسْلِمِينَ


Alhamdulillahilladzi ath-'amanaa wasaqoonaa waja'alanaa minal muslimiin.

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan memberi minum kami, dan menjadikan kami sebagian dari golongan orang-orang yang pasrah."

8. Selain membaca doa-doa tersebut di atas juga dianjurkan berdoa apa saja yang dikehendaki, sebab doa saat berbuka puasa itu dikabulkan oleh Allah sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah berikut:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم:" ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالْإِمَامُ الْعَادِلُ وَالْمَظْلُومُ"، رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ


Rasulullah bersabda, "Ada tiga doa mereka yang tidak pernah ditolak, yaitu doanya orang yang berpuasa saat berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang teraniaya." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)