Proyek Kereta Cepat dan Awal Penghancuran Khilafah Utsmaniyah

Senin, 27 Juli 2020 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Ketiga, mempermudah tugas pengamanan dan pertahanan khilafah dari pihak mana saja yang berusaha melakukan penentangan terhadap pemerintah. Sebab rel-rel ini akan sangat membantu untuk menyebarkan kekuatan secara cepat ke berbagai pelosok.

Rel kereta Hijaz adalah jalan paling penting yang dibangun pada pemerintahan Sultan Abdul Hamid II.



Pan-Islamisme
Kruemer perwakilan lnggris di Mesir (1301-1325 H/1883-1907 M) adalah orang pertama yang memberi peringatan tentang bahaya Pan-lslamisme ini kepada negara-negara Eropa. Dia demikian semangat untuk membicarakannya dalam setiap laporan tahunan tentang Pan-lslamisme dengan kebencian yang begitu mendalam.

Pada saat yang sama, surat kabar Al-Ahraam yang terbit di Mesir menulis pernyataan terbuka dari seorang menteri Perancis yang bernama Hanatu yang dengan tegas menyerang Pan-lslamisme ini.



Serangan terhadap Pan-Islamisme berbuntut serangan pada pemerintahan Utsmani hingga akhirnya kesatuan negara-negara Islam itu kembali terpecah dalam rangka menghadapi serangan kolonialis yang telah memiliki agenda matang untuk memporak-porandakan kesatuan ini dan akan menjadi penghalang untuk bersatunya kembali kekuatan umat dalam bentuk kesatuan apapun, agar orang-orang kafir itu tetap berkuasa atas negeri-negeri Islam. Maka mereka pun mengambil langkah-langkah berikut ini:

Pertama, semakin gencarnya seruan regional khususnya mengenai nasionalisme , tanah kelahiran, kesukuan, dan keturunan.

Kedua, penciptaan pemikiran secara umum untuk memerangi kesatuan umat Islam.

Ash-Shalabi menyebut semua ini merupakan awal dari usaha dihancurkannya khilafah Utsmaniyah hingga ke akar-akarnya. Usaha ini mereka lakukan dengan cara bekerja sama dengan Zionisme internasional, juga dengan Yahudi Dunamah dan antek-anteknya dari kelompok-kelompok Turki Muda, serta Organisasi Persatuan dan Pembangunan. ( )
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)