Menyayat Hati...! Merangkul Palestina dengan Puisi

Minggu, 18 Agustus 2024 - 09:43 WIB
loading...
A A A


Penyair Palestina Amerika Fady Joudah dengan pedih menulis tentang upaya Israel untuk membuat Palestina menghilang dalam koleksi barunya, sebuah tanggapan puitis terhadap perang terbaru di Gaza:

"Anda akan ada saat kami ada. Anda akan tetap ada saat kami tetap ada. Anda telah membuat air mata kami menjadi milik Anda, kenangan Anda tidak mungkin lagi tanpa kami.

"Kau akan membutuhkan langit kami agar langitmu tetap bertahan, dan gelombang laut kami untuk mengajarimu kembali.

"Kami akan kembali meskipun tidak seperti yang kau lakukan.

"Katakan kau menyesal. Maukah kau meminta maaf sekali? Berapa lama sebelum penyesalan pertamamu?

"Kami membebaskanmu dari ganti rugi, berjanji memaafkanmu.

Berapa lama sebelum kau memasuki kami untuk meninggalkan dirimu sendiri?"

Orang-orang Palestina akan tetap tinggal di tempat mereka dan terus menghantui Israel, selama mereka tetap terkunci dalam pelukan yang saling merusak ini. Seperti yang ditulis penyair Palestina Tawfiq Zayyad: "Kami tetap tinggal / Di tenggorokanmu / Seperti sepotong kaca, seperti kaktus."



'Kita adalah hasil panen satu sama lain'

Brigitte Herremans mengatakan meskipun banyak upaya untuk menghancurkan Palestina dan mengubah wilayahnya, Palestina tetap bertahan. Para penyair seperti Joudah dan Zayyad menunjukkan ketidakmungkinan membangun masa depan di kuburan bangsa lain.

Jenis pelukan ketiga adalah pelukan dari para pengamat yang peduli - orang-orang yang menyadari kerentanan dan ketidakpastian, dan mengakui ketergantungan kita yang mendalam pada orang lain.

Mereka bersedia terjun untuk mencoba memperbaiki kehidupan warga Palestina dengan berdemonstrasi, menduduki, memboikot, memohon, berbaris, bernyanyi, mengadvokasi, berkabung, menulis, dan memobilisasi.

Mereka peka terhadap berbagai cara membayangkan dan menghuni dunia pengalaman yang mungkin. Mereka menyadari kedalaman pengalaman Palestina, rasa sakit karena tidak dapat menceritakan kisah Anda, beban suara yang tidak terekam.

Mereka juga memahami dampak bencana dari kekerasan epistemik yang diarahkan pada pengetahuan dan budaya Palestina, dan perlunya melawan ketidakadilan. Namun, mereka tidak dapat menghentikan kekerasan atau mencegah "bumi tertutup" bagi orang Palestina, untuk menggunakan analogi Darwish.



Tentu saja, kata Brigitte Herremans, para pengamat ini tidak hanya merupakan kekuatan untuk kebaikan; mereka dapat mengaburkan suara orang Palestina, dibutakan, atau keliru. Namun pada saat yang sama, mereka bekerja untuk mencegah kesalahan tidak dikenali, ditutup-tutupi, diputarbalikkan, atau dilupakan.

Mereka berusaha untuk bersama-sama menciptakan jalan menuju keadilan dan akuntabilitas. Seperti yang dicatat oleh penyair Amerika Gwendolyn Brooks: "Kita adalah hasil panen satu sama lain: kita adalah bisnis satu sama lain: kita adalah ukuran dan ikatan satu sama lain."

Keterasingan dan pengasingan orang-orang Palestina dari "tatanan berbasis aturan" bukanlah hal yang pasti; kita semua harus hidup bersama di dunia ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)