Belajar dari Islam, Eropa Menuju Renaissance

Rabu, 28 Agustus 2024 - 19:43 WIB
loading...
A A A


Islam di Andalusia juga berhasil menciptakan madrasah atau sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Di Cordoba, Sevilla, Toledo, Granada, Murcia, Almeria, Valencia, dan Cadiz terdapat madrasah yang dibangun oleh Kekhalifahan Cordoba pada masa pemerintahan Abd al-Rahman III.

Tidak hanya madrasah, Kekhalifahan Cordoba pada masa pemerintahan Abd al-Rahman III juga membuat perpustakaan di kota-kota besar yang menyebar ke seluruh daerah kekuasaannya di Semenanjung Iberia.

Jumlah perpustakaan dan koleksi buku dalam segala bidang ilmu pada waktu itu merupakan jumlah terbesar di Eropa. Madrasah dan perpusatakaan dibangun untuk menyaingi tingkat intelektual kehidupan Bagdad.

Para pelajar Eropa lebih memilih belajar di Andalusia karena jarak yang lebih dekat, dan lebih mudah belajar di Andalusia karena terdapat bahasa Spanyol yang menjadi bahasa perantara antara bahasa Arab dengan bahasa di luar Spanyol.



Ketika Islam dikalahkan pada tahun 1248 dan 1492, buku-buku karangan Islam diterjemahkan ke berbagai bahasa dan dipelajari di seluruh Eropa serta dijadikan buku wajib di berbagai universitas, seperti buku kedokteran karangan Ibnu Sina.

Islam tidak membawa apa pun kecuali nyawa dan pakaian yang mereka pakai ketika diusir dari Andalusia. Saat itulah Eropa mengalami Renaisans, atau Era Terlahir Kembali, untuk menuju pada kemajuan layaknya majunya Eropa ketika masa peradaban Yunani Kuno.
(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2877 seconds (0.1#10.140)