Musa Sadr: Tokoh Anti-Zionis yang Penuh Misteri

Selasa, 03 September 2024 - 16:11 WIB
loading...
A A A
Singkatnya, komunitas Syiah sangat membutuhkan peremajaan ekonomi dan sosial – serta representasi politik yang memberikan manfaat material bagi komunitas tersebut tanpa mengorbankan nilai-nilai Islam.

Musa Sadr tidak membuang waktu. Pengorganisasian tingkat dasar selama bertahun-tahun di wilayah selatan menghasilkan pendirian panti asuhan, sekolah kejuruan dan teknik, dan tentu saja Institut Islam.

Pada tahun 1974, setelah berbulan-bulan bertemu dengan para pekerja dan pejabat Syiah setempat, ia mendirikan "Harakat al-Mahrumin" yang berarti "Gerakan Orang-orang yang Dirampas".

Atau dikenal sebagai gerakan Amal, organisasi ini menjadi kekuatan besar pertama representasi Syiah di Lebanon. Meskipun berakar pada pemikiran Islam, gerakan ini berupaya menyatukan semua orang yang tercerabut haknya di wilayah selatan, bahkan di antara komunitas Kristen.



Di tengah upaya Musa Sadr yang tak henti-hentinya untuk menyemangati masyarakat setempat adalah agresi Zionis. Hanya beberapa kilometer jauhnya, rezim Israel terus-menerus melakukan agresi di wilayah utara Palestina yang diduduki, menyebabkan perselisihan besar baik bagi penduduk Lebanon selatan maupun penduduk Palestina, yang mencari perlindungan di Lebanon dan bersumpah akan melakukan pembalasan terhadap pendudukan.

Musa Sadr memahami penderitaan rakyat Palestina dan juga rakyat Lebanon setempat. Ketika mengecam pendudukan Zionis, ia terkenal dengan mengatakan bahwa Israel adalah “yang paling jahat.”

Pertemuannya dengan penduduk setempat dan politisi menekankan pentingnya bersatu melawan agresor Zionis.

“Setiap peluru yang ditembakkan ke desa Kristen seolah-olah ditembakkan ke rumah saya, hati saya, dan anak-anak saya,” katanya suatu kali.

Musa Sadr bermaksud menyatukan masyarakat luas melawan tirani, khususnya agresor asing seperti pendudukan Zionis. Dia memperingatkan masyarakat sejak dini tentang niat agresor Zionis untuk memperluas dan menaklukkan wilayah tersebut.

Dia menekankan pentingnya pertahanan melawan agresor ini, sehingga warisannya akan semakin kokoh.



Muammar Gaddafi

Pada tahun 1978, pemimpin Libya Muammar Gaddafi mengundang Musa Sadr ke Tripoli. Tanggal 31 Agustus adalah terakhir kalinya dia terlihat hidup di Libya. Banyak yang mengklaim bahwa Gaddafi memerintahkan pembunuhan atau penahanannya, namun tidak ada bukti nyata yang muncul, bahkan setelah pemboman ilegal AS dan penggulingan pemimpin Libya pada tahun 2011.

Yang lain berspekulasi bahwa dia mungkin masih hidup di penangkaran, namun pihak berwenang Libya saat ini belum – atau menolak – mengungkapkan bukti baru tentang keberadaannya.

Musa Sadr mungkin tidak akan pernah menyaksikan hasil karyanya. Setahun kemudian, Revolusi Islam yang bersejarah di Iran menggulingkan rezim Pahlavi yang didukung Barat.

Imam Musa bekerja sama dengan kaum revolusioner Iran seperti Mostafa Chamran, yang bekerja bersama Musa Sadr dalam mengembangkan gerakan Amal serta bekerja bersama Organisasi Perlawanan Palestina (PLO) di Lebanon selatan.

Chamran akan menjadi tokoh revolusioner penting bagi Republik Islam, menggunakan pengalamannya bekerja bersama Musa Sadr untuk naik ke posisi menteri pertahanan pertama Republik Islam.



Gerakan Amal akan berkembang menjadi organisasi politik yang kuat, dan dari Amal akan muncul kelompok perlawanan Hizbullah di Lebanon, yang terdiri dari anggota Amal yang ingin mengejar arah yang lebih Islami daripada Amal yang sedikit condong ke arah sekuler.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)