Mengenal dan Meneladani Sosok Ummul Mukminin (6)

Ummu Salamah, Pemilik Saran dan Ide Dakwah yang Cerdas

loading...
Ummu Salamah, Pemilik Saran dan Ide Dakwah yang Cerdas
Sejak remaja, Ummu Salamah sudah menampakkan keperibadian yang kuat untuk menjadi perempuan terhormat. Beliau juga memiliki paras yang cantik jelita. Foto ilustrasi/ist
Sosok Ummul Mukminin selanjutnya adalah Ummu Salamah radhiyallahu’anha. Perempuan mulia dengan kesabarandan ketabahannya membuahkan balasanyang agung.

Imam Adz-Dzahabi menjelaskan tentang Umm Salamah; “ Umm Salamah adalah wanita terhormat, berhijab dan suci. Namanya Hindun binti Abu Umayyah bin Mughirah bin Abdullah bin Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah Al-Makhzumiyah. Ummu Salamah merupakan sepupu kepada Khalid bin Walid yang digelar Saifullah (Pedang Allah) dan Abu Jahal bin Hisyam. Dia termasuk wanita yang pertama kali berhijrah. Sebelum menjadi isteri Nabi Muhammad SAW, Ummu Salamah menikah dengan Abu Salamah bin Abdul Asad Al-Makhzumi, seorang lelaki yang soleh.”

(Baca juga :Aisyah Al-Humaira, Obat dari Atas Langit yang Ketujuh)

Bagaimana kisah hidup Ummu Salamah sebenarnya? Di dalam berbagai literatur dan kitab tentang perempuan mulia dan para shahabiyah disebutkan, bahwa Ummu Salamah adalah seorang perempuan yang sangat terhormat dan mulia, berasal dari keluarga yang terhormat karena beliau berasal dari bani Makhzum.



Ayahnya juga adalah seorang tokoh Quraisy yang dermawan dan pemurah dan selalu memberi bekal kepada musafir yang kehabisan bekal. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang dermawan membuatkan Ummu Salamah menjadi seorang yang dermawan, mempunyai hati yang bersih serta sangat menghayati arti belas kasihan sehingga memancarlah kebaikan dan kemurahan hatinya kepada manusia.

(Baca juga :Zainab binti Khuzaimah, Ibundanya Kaum Fakir Miskin)

Sejak kecil lagi Ummu Salamah sudah menampakkan kepribadian yang kuat untuk menjadi wanita terhormat. Beliau juga memiliki paras yang cantik jelita. Setelah meningkat dewasa, Ummu Salamah dipinang oleh Abdullah (Abu Salamah) bin Abdul Asad. Abu Salamah merupakan seorang pemuda Quraisy yang terkenal dengan kemampuan menunggang kuda, beliau juga saudara sesusu Rasulullah Shallahu’alaihi wa sallam. Pernikahan Hindun (Ummu Salamah) dan Abu Salamah dilangsungkan dan mereka hidup bahagia. Setelah Islam tersebar ke Makkah, mereka berdua termasuk di antara yang bersegera beriman.



(Baca juga :Hafshah binti Umar, Penjaga Al-Qur'an yang Ahli Puasa dan Salat Malam)
halaman ke-1 dari 5
cover top ayah
قُلۡ اِنۡ كَانَ لِلرَّحۡمٰنِ وَلَدٌ ۖ فَاَنَا اَوَّلُ الۡعٰبِدِيۡنَ
Katakanlah (Muhammad), “Jika benar Tuhan Yang Maha Pengasih mempunyai anak, maka akulah orang yang mula-mula memuliakan (anak itu).

(QS. Az-Zukhruf:81)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video