Apa Saja Batasan Aurat Perempuan Ketika Salat?

Sabtu, 06 Februari 2021 - 09:18 WIB
loading...
Apa Saja Batasan Aurat Perempuan Ketika Salat?
Ketika salat, ada beberapa batasan aurat perempuan yang masih diperdebatkan seperti telapak kaki dan tangan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap perempuan muslimah yang sudah baligh . Dalam kesehariannya, pakaian yang menutup aurat ini wajib dikenakan , yang tentu saja sesuai dengan persyaratan syariat. Lalu bagaimana dengan pelaksanaan ibadah salat kaum Hawa ini? Apa batasan aurat perempuan dalam melaksanakan salat tersebut?



Dikutip dari kitab 'Fiqhu as-Sunnah Li an-Nisa Wa Maa Yajibu An Ta’rifahu Kullu Muslimatin Min Ahkamin,' karya Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, dijelaskan bahwa:

1. Jika seorang muslimah melaksanakan salat bersama kaum lelaki yang bukan mahramnya , maka ia harus menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan dua telapak tangannya. Demikian menurut pendapat Jumhur ulama (Lihat Majmu’ Fatawa, 22/113-120)

2. Jika ada bagian yang terlihat –padahal bagian itu wajib ditutup- ketika ia berjama’ah dengan orang yang bukan mahramnya, maka ia berdosa, namun hal itu tidak membatalkan salatnya-menurut pendapat yang benar di kalangan para ulama-. Jadi, tidak ada dalil yang menyatakan bahwa salatnya menjadi batal karenanya.



3' Jika seorang muslimah salat sendirian atau bersama suami atau mahramnya, maka ia boleh membuka wajah dan kedua telapak tangannya ketika salat. Demikian pendapat mayoritas ulama.

Adapun tentang rambut perempuan ketika ia mengerjakan salat, maka Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa salam bersabda:

لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةَ حَائِضٍ إِلَّا بِخِمَارٍ

"Allah tidak menerima salat wanita yang telah haidh (yang sudah baligh) kecuali jika ia memakai penutup kepala (kerudung)" (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan lain-lain. Beberapa ulama menganggap hadis ini memiliki cacat. Lihat juga Jami’ Ahkamin Nisa‘, 1/310)



Walaupun derajat hadis ini dha’if (lemah), namun at-Tirmidzi mengatakan, “(Hadis ini) boleh diamalkan menurut para ulama; apabila sebagian rambut seorang wanita terbuka ketika melaksanakan salat, maka salatnya tidak sah. Ini pula yang menjadi pendapat imam asy- Syafi’i, ia mengatakan, ‘Salat seorang wanita dinyatakan batal jika sebagian dari badannya terbuka/terlihat”.

Namun jika rambut atau badan wanita hanya tersingkap sedikit ketika melaksanakan salat, maka salatnya tetap sah, dan ia tidak perlu mengulangnya -menurut pendapat mayoritas ulama-. Inilah yang menjadi madzhab Abu Hanifah dan Ahmad. Salat yang harus diulang adalah jika rambut atau bagian badan yang terbuka/terlihat itu banyak atau lebar. Demikian menurut pendapat mayoritas ulama termasuk imam yang empat dan lainnya (Majmu’ Fatawa, 22/123. Lihat al-Mughniy, karya Ibnu Qudamah, 1/601).

Baca juga: Sujud Sahwi, Kapan dan Bagaimana Tata Cara Melaksanakannya?

Kaki Wanita Dalam Salat

Diriwayatkan dalam hadis Ummu Salamah, bahwa ia pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam “Apakah seorang wanita melaksanakan salat dengan mengenakan baju kurung dan kerudung tanpa memakai sarung ? ” Maka beliau menjawab :

“Jika baju kurung berbentuk panjang (lebar) sehingga menutupi punggung dua telapak kakinya (maka ia boleh salat dengannya).” (HR. Abu Dawud, al-Baihaqi, dengan sanad yang dhaif (lemah) mauquf dan marfu)

Akan tetapi hadis ini dhaif (lemah).



Imam asy-Syafi’i berkata di dalam kitab al-Umm (1/77), “Setiap bagian tubuh wanita adalah aurat –yakni ketika melaksanakan salat- kecuali wajah, telapak tangan dan punggung telapak kakinya.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3808 seconds (0.1#10.140)