Surga dan Neraka: Apakah Sudah Ada dan Sudah Berpenghuni?

Selasa, 30 November 2021 - 15:59 WIB
loading...
A A A
Belum Berpenghuni
Hanya saja, sebagian ulama berpendapat bahwa surga dan neraka sudah ada namun belum berpenghuni. Mereka yang berpendapat demikian mendasarkan pada hadits-hadits berikut:

Rasulullah SAW bersabda, ”Saya adalah nabi yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat. Dan saya adalah manusia yang pertama kali mengetuk pintu surga.” (HR Muslim)

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menceritakan, “Aku mendatangi pintu surga pada hari kiamat. Kemudian aku meminta agar dibukakan. Lalu penjaga pintu surga bertanya, ”Siapa kamu?"

"Muhammad,” jawabku.

"Aku diperintahkan agar tidak membuka pintu untuk siapapun sebelum kamu," jawab penjaga surga.” (HR Ahmad)

Kalangan ini berpendapat bahwa kabar tentang telah adanya penghuni surga dan neraka adalah sebagai kabar peringatan saja.

Sebagaimana Imam Nawawi di dalam Syarh Sahih Muslim menjelaskan:

"Orang-orang yang dikabarkan berada di dalam surga bukan berarti ia sudah berada di surga, hal itu adalah sebagai kabar gembira bagi para sahabat dengan kesaksian Rasulullah SAW, baik di dalam mimpinya maupun ketika Mi’raj."

"Apabila penghuni surga sudah ada sebelum Rasulullah, berarti bertentangan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, 'Aku datang ke pintu Surga dan meminta supaya pintu itu dibuka. Penjaga Surga bertanya, "Siapakah engkau?" Aku berkata, "Muhammad." Penjaga surga berkata lagi, "Aku diperintah untuk tidak membuka pintu ini bagi siapa saja sebelum engkau."

Beberapa sahabat yang dikabarkan masuk surga mereka masih hidup dan mustahil mereka ketika itu berada di dalam surga.

Al Kirmani berkata, "Seseorang tidak akan masuk surga kecuali setelah ia mati."

Baca juga: Nabi Adam Menangis Selama 70 Tahun karena Diusir dari Surga

Roh tanpa Jasad
Pendapat ketiga, adalah surga dan neraka sudah ada dan dihuni roh tanpa jasad. Pendapat ini menggabungkan antara dalil kalangan pertama dan yang memegang pendapat kedua. Yakni hadits-hadits yang menginformasikan adanya penghuni surga dan neraka, dan keterangan bahwa surga dan neraka baru dimasuki setelah proses hari kiamat.

Pendapat ketiga ini juga dikuatkan adanya hadits yang menyebutkan bahwa ruh para syuhada akan beterbangan di surga. Ini menunjukkan bahwa roh saja yang berada di surga, sampai kemudian setelah proses hari kiamat, ia akan dimasukkan ke dalam surga berikut jasadnya.

Baca juga: Kriteria Pasangan Hidup yang Berkarakter Surgawi
(mhy)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2111 seconds (10.55#12.26)