Ini Si Pemalu yang Dicintai Allah Ta'ala

loading...
Ini Si Pemalu yang Dicintai Allah Taala
Allah Taala menyuruh manusia agar menutup semua aurat dan tubuh, karena Dia menyukai tertutup dan membenci telanjang. Foto/Ilustrasi/Ist
Banyak riwayat hadis tentang fadhail amal yang menjelaskan tentang amalan yang paling dicintai Allah. Namun para ulama hadis berkata bahwa jawaban Rasulullah dalam hadis-hadis tersebut disesuaikan dengan sang penanya.

Asma` binti Rasyid ar-Ruwaisyid dalam "Ibadah Yang Paling Dicintai Allah" menyebut ada belasan ibadah yang sangat dicintai Allah. Dari yang belasan itu, di antaranya adalah sikap malu dan menutupi.

Malu dalam bahasa Indonesia artinya merasa sangat tidak enak hati karena berbuat sesuatu yang kurang baik atau segan melakukan sesuatu karena ada rasa hormat, agak takut, dan sebagainya. Dalam agama Islam malu adalah bagian dari agama, orang yang memiliki rasa malu pasti akan menuai banyak kebaikan. (Baca juga: Jadi Hamba yang Mudah, Pemaaf, dan Lembut untuk Meraih Cinta Allah )

Allah subhanahu wa ta’ala menyukai sikap malu dan menutupi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( إن الله عز وجل حليم حيي ستير يحب الحياء والستر فإذا اغتسل أحدكم فليستتر )) [أخرجه النسائي].

“Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala Maha Santun, Malu, lagi menutupi, menyukai sikap malu dan menutupi. Apabila salah seorang darimu mandi maka hendaklah ia menutupi.” (HR An-Nasa`i)

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( الإيمان بضع وسبعون شعبة والحياء شعبة من الإيمان )) [أخرجه مسلم].

“Iman terbagi lebih dari tujuh puluh cabang, dan sikap malu satu cabang dari iman.” (HR Muslim)

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih pemalu dari pada wanita perawan dalam pingitannya.
halaman ke-1
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ يَقۡبَلُ التَّوۡبَةَ عَنۡ عِبَادِهٖ وَيَعۡفُوۡا عَنِ السَّيِّاٰتِ وَيَعۡلَمُ مَا تَفۡعَلُوۡنَ
Dan Dialah yang menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan,

(QS. Asy-Syura:25)
cover bottom ayah
preload video