alexametrics

Ketidakadilan Hukum Membuat Rasulullah Marah

loading...
Ketidakadilan Hukum Membuat Rasulullah Marah
Ustaz Miftah el-Banjari, Dai lulusan Kairo Mesir yang juga pakar ilmu Linguistik Arab. Foto/Ist
Ustaz DR Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Golongan elit Quraisy Makkah pernah direpotkan oleh masalah seorang perempuan Mukhzumiyah dari kalangan suku Arab terpandang yang terkena kasus pencurian. Orang-orang Quraisy berembuk tentang siapakah yang akan diutus untuk membicarakan kasus perempuan tersebut kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam (SAW).

Ada yang berpendapat, "Bagaimana kalau yang menyampaikannya adalah Usamah bin Zaid, sebab dia sahabat kesayangan Rasulullah SAW, dan tidak ada orang yang berani menyampaikan selain dia". (Baca Juga: Tsauban: Jangan Kabari Rasulullah)

Maka, Usamah bin Zaid menemui Rasulullah untuk membicarakannya agar kasus perempuan itu cukup diselesaikan secara kekeluargaan atau permintaan maaf saja demi menjaga nama baik sukunya yang terhormat di kalangan suku-suku Arab.



Lantas apa jawab Rasulullah? "Apakah kamu mau memintakan keringanan penetapan keadilan hukum Allah?" ujar Rasulullah marah.

Rasulullah SAW berdiri lalu berkhutbah: "Sesungguhnya yang merusak/membinasakan orang-orang sebelum kalian adalah bahwa mereka dulu apabila orang mulia di antara mereka yang mencuri, maka mereka membiarkannya.



Akan tetapi, jika orang lemah di antara mereka yang mencuri, maka mereka menegakkan hukum atas orang tersebut. Demi Allah, sekiranya Fatimah binti Muhammad mencuri, sungguh aku akan potong tangannya".

Dalam sebuah riwayat disebutkan maka berubahlah wajah Rasulullah SAW lalu beliau bersabda: "Apakah engkau akan memberi syafa'at dalam urusan keringanan hukum-hukum Allah?"

Usamah berkata, "Mintakanlah ampunan untukku, ya Rasulullah!" (Baca Juga: Pesan Nabi, Teladanilah Dua Orang Ini Sepeninggalku)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَاِنَّهٗ لَتَذۡكِرَةٌ لِّلۡمُتَّقِيۡنَ
Dan sungguh, Al-Qur'an itu pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

(QS. Al-Haqqah:48)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak