Doa Ketika Masuk Kota Mekkah Lengkap Arab dan Latin

Senin, 10 Oktober 2022 - 10:30 WIB
loading...
Doa Ketika Masuk Kota Mekkah Lengkap Arab dan Latin
Doa memasuki Kota Mekkah penting diamalkan oleh umat muslim sebagai adab dan penghormatan terhadap kota yang dimuliakan Allah dan Rasul-Nya itu. Foto/Ist
A A A
Doa ketika masuk Kota Mekkah Al-Mukarramah dianjurkan dibaca sebagai bentuk penghormatan terhadap tanah haram yang disucikan Allah Ta'ala. Doa ini dibaca seorang muslim di batas kota suci tersebut.

Mekkah merupakan kota yang wajib dihormati semua manusia dan memiliki keutamaan yang tidak dimiliki kota lainnya di muka bumi, di samping Kota Madinah, Arab Saudi.

Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadisnya beberapa keistimewaan yang dimiliki kota ini. Salah satunya keberadaan Ka'bah di Masjidil Haram yang menjadi kiblat umat Islam ketika melaksanakan sholat. Selain itu, kota ini menjadi tempat bagi muslim yang menunaikan ibadah Haji dan Umrah.

و روي عن الحسَنِ البَصريِّ رضي الله عنه: أنَّ من صام فيها بمائةِ ألفِ يومٍ، ومن تصَدَّق فيها بدِرهمٍ كتُبِ له مئةُ ألفِ دِرهَمٍ صَدَقةً و كذالك كل حسنة بمائة ألف

Artinya: "Diriwayatkan dari Hasan al-Bashri, sesungguhnya siapapun yang melakukan puasa sunnah di Makkah maka akan diganjar pahala sebanyak 100.000 hari berpuasa. Barangsiapa sedekah satu Dirham saja di Mekkah maka akan memperoleh ganjaran 100.000 Dirham. Demikian juga setiap amal kebaikan di dalamnya akan dibalas 100.000 kali lipat pula."

Bagi umat muslim yang hendak memasuki Mekkah dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Berikut bacaan doa masuk Kota Mekkah dikutip dari ebook Kementerian Agama berjudul "Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah"

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَآئِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ

Allahumma haadza haramuka wa amnuka faharrimlahmi waddami wabasyari 'alannar, wa aminnii min 'adzabika yauma tab'atsu 'ibaadaka waj'alnii min auliyaa ika wa ahli tho'atik."

Artinya: "Ya Allah, kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu."

Demikian bacaan doa ketika masuk Kota Suci Mekkah. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)