alexametrics

Beragam Bacaan Istighfar untuk Meraih Ampunan Allah Ta'ala

loading...
Beragam Bacaan Istighfar untuk Meraih Ampunan Allah Taala
Sebanyak apapun dosanya, seorang hamba harus terus berdoa kepada Allah Taala untuk meminta ampunan-Nya. Foto ilustrasi/ist
Di antara hal penting yang harus diminta seorang hamba kepada Rabb-nya ialah memohon ampunan terhadap dosa-dosa atau hal lain yang berkaitan dengan penyebab marahnya Allah Ta'ala kepada seorang hamba.

Sebanyak apapun dosanya, seorang hamba harus terus berdo'a kepada Allah. Bahkan, dianjurkan agar tetap berdoa minta surga dan dihindarkan dari siksa neraka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

عَنْ أَنَسِ بنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَـى : يَا ابْنَ آدَمَ ، إنَّكَ مَا دَعَوْتَنِيْ وَرَجَوْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيْكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ، ثُمَّ اسْتَغفَرْتَنِيْ ، غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ، ثُمَّ لَقِيتَنيْ لَا تُشْرِكُ بِيْ شَيْئًا ، لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابهَا مَغْفِرَةً



Dari Anas bin Mâlik radhiyallahu'anhu ia berkata,

“Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Allâh Azza wa Jalla berfirman, ‘Hai anak Adam! Sesungguhnya selama engkau berdo’a dan berharap hanya kepada-Ku, niscaya Aku mengampuni dosa-dosa yang telah engkau lakukan dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam ! Seandainya dosa-dosamu setinggi langit, kemudian engkau minta ampunan kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam! Jika engkau datang kepadaku dengan membawa dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan memberikan ampunan sepenuh bumi.” (HR. at-Tirmidzi).



Terkhusus buat para muslimah, teruslah berupaya untuk mencari ridha Allah dan hindari hal-hal yang membuat Allah marah pada dirimu. Jadilah sosok wanita yang takut berbuat dosa, melanggar syariat, dan mudah berbuat maksiat. Jadilah wanita muslim yang penuh kelembutan yang memancar cahaya kesopanan dan keanggunan, karena wanita muslimah adalah sebaik-baiknya perhiasan. Malulah ketika nafsu sudah menang sehingga hilang kehormatan dan meremehkan maksiat. (Baca juga :Hati-hati, Inilah Cara Iblis Celakakan Manusia)

Ingatlah bahwa Nabi Shalllallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholihah”. (HR muslim)

Wanita muslimah, harus menjaga izzah (harga diri yang mulia dan agung). Jauhi fitnah dengan cara membentengi diri pada syariat Allah Ta'ala. Peliharalah juga iffah, yakni menjauhi segala aktifitas yang berpotensi mendekatkan pada kemaksiatan. Secara bahasa, 'iffah adalah menahan. Adapun secara istilah, iffah adalah menahan diri sepenuhnya dari perkara-perkara yang Allah haramkan.
halaman ke-1 dari 6
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ فِى الدَّرۡكِ الۡاَسۡفَلِ مِنَ النَّارِ‌ ۚ وَلَنۡ تَجِدَ لَهُمۡ نَصِيۡرًا
Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.

(QS. An-Nisa:145)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak