Topik Terkait: 6 Tingkatan Iman (halaman 3)

  • Inilah Keberuntungan Orang Beriman, Dapat Kenikmatan Dunia dan Akhirat yang Tak Terhingga
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 15:07 WIB
    Beriman kepada Allah Taala dan rukun iman yang lainnya harus kita yakini dan amalkan. Dari keimanan ini, banyak buah yang bisa kita petik. Buah-buah iman itu banyak berserakan di dalam firman Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • Apakah Wali Hanya Dikenal Oleh Para Wali? (Bagian 1)
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 14:16 WIB
    Mengawali diskusi terkait persoalan ilmu tasawuf yang mendominasi sisi keberagamaan masyarakat kita, masalah kewalian menjadi topik yang seringkali diperbincangkan.
  • Trilogi Ajaran Ilahi: Islam, Iman, dan Ihsan
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:40 WIB
    Ketiga istilah itu memberi umat Islam (Sunni) ide tentang Rukun Iman yang enam, Rukun Islam yang lima dan ajaran tentang penghayatan terhadap Tuhan Yang Maha Hadir dalam hidup.
  • Tingkatan dan Tips Khusuk dalam Shalat
    Tips
    Senin, 13 September 2021 - 13:26 WIB
    Khusyuk menjadi faktor penting dalam menjalankan ibadah shalat. Namun, setiap muslim, mempunyai tingkatan berbeda-beda dalam urusan khusyuk saat menunaikan shalat ini.
  • Mengenal 10 Malaikat Mulia dan Tugas-tugasnya
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 21:50 WIB
    Setiap mukmin beriman wajib mengenal Malaikat-malaikat Allah dan mengenal sifat-sifatnya serta tugas-tugasnya. Percaya kepada Malaikat adalah salah satu rukun iman dalam syariat Islam.
  • Mengapa Kita Harus Mencintai Wali Allah? Ini Alasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 20:11 WIB
    Siapa sebenarnya Waliyullah (Wali Allah)? Secara bahasa, Wali adalah pihak yang dekat, mencintai, dan siap menolong. Wali Allah adalah kekasih Allah atau orang-orang yang beriman dan bertakwa.
  • Inilah Buah Manis dari Keimanan Kepada Allah Taala
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 06:15 WIB
    Beriman atau iman kepada Allah Subhanahu wa Taala merupakan rukun iman yang pertama dalam Islam. Kedudukannya sangat tinggi, karena iman kepada Allah Taala ini adalah mempercayainya, meyakininya dengan sepenuh hati.
  • Puasa Syawal Dulu Atau Bayar Qadha Ramadhan? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Besok kita sudah memasuki 3 Syawal 1443 H bertepatan Rabu (4/5/2022). Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadhan atau puasa sunnah 6 hari syawal?
  • Andai Semua Manusia Ingkar, Allah Taala Tetap Mulia!
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 21:20 WIB
    Allah Taala memerintahkan manusia untuk menyembah-Nya, bukan karena DIA butuh untuk disembah. Tetapi manusialah yang butuh kepada Allah Taala.
  • Apakah Wali Hanya Dikenal Oleh Para Wali? (Bagian 2/Tamat)
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juli 2021 - 15:06 WIB
    Yang paling lazim adalah seseorang atau orang-orang awam mengetahui kewalian karena ada wali lain yang sudah masyhur mengatakan bahwa Syekh A adalah Waliyullah.
  • Membangun Kualitas Iman dan Takwa di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari lagi. Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan suci dimana tempat seorang hamba ditempa dan dilatih menjadi manusia yang bertakwa lebih dalam lagi
  • Al-Quran dan Hadis Tegaskan Kaum Mukmin Melihat Allah Taala di Akhirat Kelak
    Tausyiah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 13:03 WIB
    Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa setiap mukmin kelak di akhirat akan dapat melihat Allah SWT secara langsung. kaum mukminin mengimani ini
  • Alasan Mengapa Waktu Pasti Kiamat Dirahasiakan oleh Allah Taala
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:23 WIB
    Alasan mengapa waktu pasti kiamat dirahasiakan oleh Allah karena perkara gaib. Seandainya waktu pasti kiamat itu diberitahu kepada makhluk, maka perkara tersebut tidaklah menjadi perkara yang gaib.
  • Tingkatan Zikrullah Para Wali dan Belajar dari Seekor Kucing
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:58 WIB
    Tingkatan zikir para wali, pikiran-pikirannya seluruhnya terserap dalam perenungan dan keagungan Allah, dan sama sekali tidak menyisakan lagi ruang di hati mereka untuk hal-hal lain.
  • Adanya Takdir Tidak Menghalangi Manusia untuk Berusaha
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun tidak terlepas dari hukum-hukum yang telah mempunyai kadar dan ukuran tertentu.
  • Antara Rezeki dan Keimanan
    Muslimah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 14:23 WIB
    Bagi orang yang tahu pembagi rezeki adalah Allah Subhanhu wa taala, bahwa kita ini sudah lengkap dengan rezekinya. Kita tidak disuruh mencari rezeki tetapi menjemput rezeki.
  • Beriman Sebagian, Ingkar Sebagian
    Muslimah
    Selasa, 21 September 2021 - 05:10 WIB
    Ada fenomena fatal di sekitar masyarakat kita terhadap ayat Al-Quran, yakni beriman (yakin) pada sebagian ayat, namun sangat ingkar pada sebagian ayat Al-Quran yang lain.
  • 3 Pesona Dunia yang Bisa Melumpuhkan Iman Manusia
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 21:30 WIB
    Ada tiga pesona dunia yang membuat manusia tak berdaya dan akan membuatnya tersungkur dalam kehinaan baik di dunia, di mata manusia, dan di akhirat, di sisi Allah.
  • Ketika Abu Nawas Membagi Manusia dalam 3 Tingkatan
    Hikmah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 08:57 WIB
    Abu Nawas adalah seorang alim, maknanya ulama. Dia mengajar banyak santri. Suatu ketika, Abu Nawas membagi manusia menjadi 3 tingkatan. Apa saja?
  • Dunia, Penjara Bagi Orang Beriman dan Surga Bagi Orang Kafir
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 17:37 WIB
    Kenapa engkau sebagai seorang beriman menjadi seorang hakim besar di Mesir, dalam arak-arakan yang mewah, sedang aku -yang kafir- dalam penderitaan dan kesengsaran?