Topik Terkait: Adab Membaca Alquran

  • Adab Membaca Al Quran saat Tadarus di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 14:30 WIB
    Salah satu amalan prioritas di bulan Ramadan adalah membaca atau tadarus Al Quran. Agar amalan ini diterima, maka ada adab yang perlu diperhatikan saat membaca Al Quran tersebut. Kenapa adab ini sangat penting?
  • Bolehkah Membaca Al Quran dengan Aurat yang Masih Terbuka?
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 08:11 WIB
    Kegiatan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Hanya saja, masih ada perempuan muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka. Bagaimana hukumnya?
  • Begini Adab Membaca Al-Quran dan Tingkatannya
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 13:11 WIB
    Adab membaca Al-Quran ini penting diketahui oleh setiap muslim, mengingat pahala besar dari membaca kitabullah tersebut.
  • IBBQ Gelar Kembali 2 Kelas Pembelajaran Alquran di Bandung
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 09:15 WIB
    Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) kembali menggelar pembelajaran Alquran sebanyak 2 kelas di Bandung pada Sabtu, 11 Juni 2022.
  • Saat Membaca Al-Quran, Menangislah..! Boleh Juga Pura-Pura Menangis
    Tausyiah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:28 WIB
    Menangis menjadi salah satu kesunnahan saat membaca Al-Quran, tanda bahwa sang qari tersebut menghayati bacaannya hingga menangis, walaupun hal ini tidak bisa menjadi parameter penuh.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Hukum Wanita Membaca Al-Quran Tetapi Tidak Berjilbab, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 20 April 2022 - 12:54 WIB
    Kegiatan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Hanya saja, masih ada sebagian muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka.
  • Adab Berdoa dalam Salat yang Perlu Dipahami
    Tips
    Minggu, 10 September 2023 - 09:15 WIB
    Adab berdoa dalam salat terutama ketika sujud banyak yang belum memahami. Padahal adab-adab ini penting diketahui agar doa yang kita panjatnya diterima Allah subhanhu wa Taala, termasuk adab doa ketika atau salat dilakukan seperti saat bersujud.
  • Bolehkah Membaca Al-Quran Tanpa  Mengetahui Artinya?
    Muslimah
    Jum'at, 11 Juni 2021 - 13:28 WIB
    Banyak keutamaan dari membaca Al-Quran. Namun bagaimana ketika kita membaca Al-Quran tanpa tahu artinya?Bolehkah kita melakukannya? Dan bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • Adab Saat Bepergian yang Sering Terlupakan
    Tips
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:09 WIB
    Saat kita bersafar atau bepergian ada adab-adab yang harus diperhatikan, bahkan terkadang adab bersafar ini sering dilupakan atau dilalaikan. Padahal, Islam mengajarkan ada adab-adab yang mesti diperhatikan saat kita bersafar tersebut.
  • 5 Adab Bergurau dalam Islam, Salah Satunya Dilarang Berbohong
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Banyak manusia menjadikan canda maupun gurauan sebagai relaksasi untuk menghibur diri. Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya. Berikut adab-adabnya.
  • Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 06:21 WIB
    Salah satu kenikmatan hidup yang dirasakan manusia adalah hidup sehat. Nikmat sehat ini akan terasa besarnya, justru ketika mengalami sakit. Terlebih sakit yang susah untuk disembuhkan.
  • Adab Bertamu atau Bersilaturahmi  dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 13:18 WIB
    Saat perayaan Idulfitri, umat muslim dianjurkan untuk bersilaturahmi dengan sesama saudarannya seiman. Silaturahmi tersebut biasanya saling mengunjungi atau bertamu dengan tetangga, saudara bahkan kerabat yang jauh dari tempat tinggal.
  • 6 Adab Berzikir yang Penting Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Nasihat untuk Pembaca Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 14:21 WIB
    Ada satu hal yang sering disalahpahami sebagian umat ini. Ketika membaca ayat-ayat Al-Quran, timbul di benak mereka: Kan sudah berkali-kali, untuk apa dibaca berulang-ulang.
  • Mencontoh Adab Berkomunikasi Sesuai Tuntunan Rasul
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 07:29 WIB
    Salah satu bentuk interaksi manusia adalah dengan berbicara atau berkomunikasi, dan alat komunikasi yang sering digunakan adalah bahasa lisan. Dan, akhlak yang baik akan mengeluarkan bahasa yang baik.
  • Hukum Membaca Al-Fatihah Sebelum Membaca Al-Quran
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 11:46 WIB
    Hukum membaca Al-Fatihah sebelum membaca Al-Quran adalah sesuatu amalan yang tidak dicontohkan Rasulullah SAW maupun para sahabat nabi ra. Hal itu sebagai sesuatu yang diada-adakan.
  • Adab dan Doa saat Terjadinya Hujan
    Tips
    Rabu, 01 Mei 2024 - 17:17 WIB
    Di musim hujan, biasanya kita akrab dengan yang namanya petir, gemuruh, guntur atau kilat. Di antara adab saat musim hujan dilarang untuk mencela hujan.
  • 6 Adab yang Perlu Diperhatikan Orang yang Berpuasa
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 19:50 WIB
    PALING tidak ada 6 adab berpuasa. Dan bagi orang yang berpuasa hendaknya memperhatikan adab tersebut. Berikut adab-adab berpuasa berdasarkan hadis Nabi SAW.
  • Inilah Adab Ketika Mengalami Mimpi Buruk
    Tips
    Kamis, 17 Maret 2022 - 18:47 WIB
    Ternyata ketika kita mengalami mimpi buruk, ada adab yang harus kita lakukan. Salah satu adabnya yakni tidak boleh meceritakan perihal mimpi buruknya tersebut kepada orang lain. Kenapa demikian?