Topik Terkait: Agunan Dalam Utang Piutang

  • Ayat Tentang Utang Piutang di Surat Al-Baqarah
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:23 WIB
    Ayat tentang utang piutang di Surat Al-Baqarah, tepatnya pada ayat 282-283, menjadi pedoman bagi kita untuk urusan tersebut. Apa saja yang diatur soal utang piutang dalam Islam?
  • Hukum Pinjol dan Dalilnya dalam Islam
    Hikmah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:06 WIB
    Kasus pinjol ini sudah menjerat semua kalangan termasuk ke tingkat perguruan tinggi. Bagaimana sebenarnya hukum pinjol ini dalam Islam dan adakah dalilnya?
  • Ditahan di Dalam Kubur Gara-gara Masih Punya Utang Ketika Hidup
    Tausyiah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 15:34 WIB
    Persoalan utang bukan masalah sepele. Itu pula yang membuat Rasulullah SAW juga senantiasa berdoa kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan agar tidak terlilit hutang.
  • 11 Adab Tentang Utang Piutang yang Wajib Anda Ketahui
    Tausyiah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 14:50 WIB
    Utang piutang merupakan perkara yang tidak boleh dianggap remeh oleh kaum muslimin. Berikut 11 hal terkait utang piutang yang wajib diketahui umat muslim.
  • Pahala Menagih Utang, Menyelamatkan Orang dari Api Neraka
    Tausyiah
    Senin, 14 Februari 2022 - 11:28 WIB
    Pahala menagih utang bisa jadi sama dengan pahala menyelamatkan orang dari masalah di akhirat kelak. Namun meringankan kesusahan seorang mukmin di dunia akan dibalas Allah pada hari kiamat.
  • Kisah Mbah Malem Pedagang Kecil yang Bebas dari Jeratan Rentenir
    Hikmah
    Rabu, 07 September 2022 - 17:13 WIB
    Mbah Malem, warga Dusun Jintap, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur tak kuasa menahan tangisnya setelah terbebas dari jeratan rentenir.
  • Keutamaan Membayar Utang Tepat Waktu Dalam Islam
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 08:03 WIB
    Dalam konteks agama Islam, ada beberapa keutamaan membayar utang tepat waktu yang besar pahalanya. Berikut adalah beberapa poin terkait pahala membayar utang tepat waktu.
  • Masya Allah! Utang Segunung Emas Lunas dengan Doa Ini
    Tausiyah
    Senin, 06 Januari 2020 - 19:30 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah, Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan, memberi amalan doa agar bisa melunasi utang meskipun sebanyak gunung emas.
  • Doa Mustajab Melunasi Utang, Baca Sebelum Tidur
    Hikmah
    Senin, 04 November 2019 - 10:01 WIB
    Utang piutang adalah perkara yang lazim kita temui di tengah masyarakat. Islam membolehkan hukum utang piutang karena termasuk akad taawun (tolong menolong).
  • 5 Doa Minta Kaya dan Terbebas dari Utang
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 23:56 WIB
    Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan umat muslim agar diberi kekayaan dan terlepas dari utang. Doa ini bersumber dari beberapa riwayat Hadis Nabi.
  • Gus Baha Jelaskan Hukum Utang di Bank, Haram Atau Halal?
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Gus Baha: Memberi Utang Tapi Tidak Dikembalikan, Ini Jawabannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Gus Baha memberi jawaban terkait orang yang memberi utang namun tidak dikembalikan. Berikut ganjaran orang yang membebaskan utang orang lain terutama utang orang saleh.
  • Hukum Gadai dalam Pandangan Islam, Bolehkah?
    Tips
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:15 WIB
    Gadai biasanya dilakukan bagi orang yang meninggalkan jaminan berupa barang untuk utang. Berikut hukum gadai dalam pandangan syariat Islam.
  • Gus Baha: Ini Solusi untuk Orang yang Banyak Utang
    Tausyiah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 23:02 WIB
    Ulama Tafsir Al-Quran asal Rembang Gus Baha menyampaikan solusi untuk orang yang banyak utang. Berikut pesan beliau dilansir dari dari kanal Youtube.
  • Kisah Sahabat Nabi yang Suka Menawarkan Pinjaman Lalu Memutihkannya
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:16 WIB
    Kisah sahabat yang memutihkan utang orang-orang pada masanya patut jadi teladan. Sahabat yang gemar menawarkan pinjaman kepada umat muslim, justru memutihkannya saat ia sedang sakit.
  • Kiat Meluruskan Niat Dalam Setiap Amalan Ibadah
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas hanya untuk Allah semata.
  • Adakah Perjanjian Pranikah Dalam Islam?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Februari 2021 - 08:24 WIB
    Istilah perjanjian pra nikah mulai trend. Sesuatu yang semula terdengar tabu, sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia, terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebriti Tanah Air.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Zikrullah sebagai Kunci Istiqamah dalam Amal Ibadah
    Tips
    Minggu, 22 Mei 2022 - 16:54 WIB
    Salah satu kunci istiqamah itu adalah dzikrullah. Di sisi lain zikrullah merupakan amalan yang paling ringan, tidak mengeluarkan tenaga yang banyak akan tetapi banyak di antara kita yang tidak melakukannya
  • Bolehkah Menebar Janji? Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
    Tausyiah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 10:14 WIB
    Di masa kampanye pemilihan calon presiden dan wakil-wakil rakyat, banyak orang menebar janji-janji untuk menarik simpatisannya. Bolehkah menabar janji dalam Islam? Bagaimana hukumnya?