Topik Terkait: Akhlak Buruk

  • Doa  yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Dijauhkan dari Akhlak Buruk 
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:45 WIB
    Doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar kita dijauhkan dari memiliki akhlak atau tabiat yang buruk. Doa ini merupakan salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Tirmidzi dan An-Nasa.
  • 3 Macam Akhlak Penghuni Surga
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:39 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin menyebutkan tiga macam akhlak penghuni surga.
  • Doa Agar Dikaruniai Akhlak Mulia yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 21:42 WIB
    Tidak ada manusia yang dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut doa agar dikaruniai akhlak mulia.
  • Hidup Mengalami Takdir Buruk, Bagaimana Menyikapinya?
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 06:19 WIB
    Ada dua ketentuan atau takdir yang diterima setiap mahkluk Allah ini, yakni takdir baik dan takdir buruk. Bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini?
  • 5 Akhlak Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Muslim, Nomor 1 Sangat Gampang Dilakukan
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 14:39 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlaknya. Akhlak yang baik seorang muslim harus mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa demikian? Akhlak dasar apa yang harus dimiliki setiap muslim ini?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • 4 Alasan Ujub Harus Dihindari, Nomor 2 Sangat Ngeri Akibatnya
    Muslimah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 08:43 WIB
    Ujub adalah satu keburukan yang harus dihindari. Mengapa? Sebab ujub bisa menggugurkan amal kita. Sama halnya dengan riya, ujub juga merupakan salah satu bentuk syirik kecil.
  • Inilah Karakter Buruk Manusia yang Disebutkan dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 09:01 WIB
    Disamping kedahsyatan penciptaan manusia dan struktur yang ada dalam tubuhnya, manusia juga dianugerahi beberapa karakter buruk yang jika tidak diobati, maka akan merugikan manusia itu sendiri.
  • 3 Keutamaan Sifat Memaafkan, Nomor 1 Lebih Mulia dari Akhlak Terpuji
    Tips
    Sabtu, 24 September 2022 - 17:23 WIB
    Sifat memaafkan orang lain banyak keutamaannya. Sebab memaafkan merupakan sifat terpuji dan bagian dari akhlak mulia yang telah diperintahkan oleh Allah Shubhanahu wa Taalla pada para nabi serta hamba -Nya.
  • Berlemah Lemah Lembut Kepada Perempuan adalah Akhlak yang Mulia
    Muslimah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Termasuk akhlak yang dipuji Rasulullah Shallahu alaihi wa aallam adalah akhlak sesorang laki-laki kepada perempuan. Rasulullah senantiasa memberikan wasiat agar berbuat baik kepada kaum perempuan.
  • Akhlak Nabi Muhammad SAW: Benda Mati Saja Diberi Nama yang Indah
    Hikmah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 15:10 WIB
    Al-Quran mengakui secara tegas bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat agung. Bahkan dapat dikatakan bahwa konsideran pengangkatan beliau sebagai nabi adalah keluhuran budi pekertinya
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • Hadis Arbain: Kebaikan Itu Adalah Akhlak yang Baik
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:13 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-27 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Aktualisasi Akhlak Muslim, Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 01:01 WIB
    Seseorang dikatakan jujur apabila menyatakan kebenaran sesuai dengan fakta yang ada tanpa menambah-nambahi ataupun mengurang-ngurangi Jujur juga bermakna kesesuaian kata hati dengan ucapan
  • Ketika Hidup Mengalami Takdir Buruk, Begini 6 Pandangan Imam Ibnul Qayyim
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 20:47 WIB
    Allah taala telah menetapkan takdir manusia di dunia, ada takdir yang baik dan takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Perempuan yang Memiliki Dua Wajah dan Dua Lisan
    Muslimah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:40 WIB
    Sebagian dari kaum perempuan, ada yang mempunyai sifat seperti bunglon. Setiap hari selalu berubah warna. Dia datang kepada orang-orang dengan warna tertentu, kemudian pergi kepada orang lain dengan warna lainnya
  • Akhlak Rasulullah SAW adalah Al Quran, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 09:21 WIB
    Ada ungkapan populer yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah Al-Quran yang berjalan. Begini penjelasannya.
  • Inilah Perangai Buruk yang Harus Dihindari Para Suami
    Muslimah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Seorang lelaki pasti mendambakan istri sholehah, begitu juga seorang wanita pasti menginginkan suami yang shaleh pula. Namun, bagaimana bila suami atau pasangan yang kita dapat ternyata memiliki perangai yang buruk?
  • Pemaaf, Salah Satu Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW yang Jadi Cermin Akhlak Muslim
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:55 WIB
    Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemaaf dan berlapang dada. Pemaaf ini juga merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (4): Bulan Menempa Karakter dan Akhlak Mulia
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 00:21 WIB
    Di antara keberkahan Ramadan yang tidak kalah pentingnya adalah dipersiapkan sebagai bulan untuk menempa karakter kemanusiaan kita. Karakter yang dimaksud adalah akhlak mulia.