Topik Terkait: Akhlak Muslim (halaman 11)

  • Seorang Muslim Wajib...
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 13:00 WIB
    Benarkah menepati janji adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim? Apakah menepati janji juga termasuk akhlak mulia? Bagaimana hukumnya bila ingkar?
  • Apakah Kita Sudah Benar-benar...
    Tausyiah
    Rabu, 04 November 2020 - 20:39 WIB
    Saat ini dunia dihebohkan dengan penerbitan karikatur Nabi yang mulia oleh majalah Prancis. Apakah kita sudah benar-benar mencintai Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam?
  • 3 Amalan Sunah Pagi...
    Tips
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 08:19 WIB
    Sebelum memulai aktivitas ke luar rumah atau hendak bekerja, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan kaum muslim agar mendapat pahala ini.
  • Tabdzir dan Isrof, Sikap...
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 08:30 WIB
    Di antara sekian banyak hal yang sering menyibukkan perempuan adalah suka berhias dan berdandan. Sebenarnya hal itu tidak tercela selama masih dalam batas -batas syari dan koridor agama.
  • Pelakor Viral Lagi,...
    Muslimah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 12:56 WIB
    Bagi seorang istri sah, kehadiran pelakor jelas-jelas sangat menyakitkan dan merusak keharmonisan rumah tangganya. Bagaimana sebenarnya pandangan syariat tentang kehadiran pelakor ini?
  • Sifat Qanaah: Arti,...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
    Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.
  • Kenapa Imam Muslim Tidak...
    Hikmah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Meskipun berguru kepada Imam Al-Bukhari, tapi ternyata Imam Muslim tak pernah meriwayatkan hadis dari Imam Al-Bukhari. Berikut alasannya.
  • 3 Hal yang Membinasakan...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 20:03 WIB
    Islam sangat perhatian dengan masalah akhlak dan menjadikannya sebagai pondasi yang sangat penting. Berikut tiga perkara yang membinasakan manusia.
  • Hadapi Muslim, Persia...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 06:27 WIB
    Rustum sampai di Kadisiah dengan pasukannya yang terdiri dari 120.000 orang, didahului oleh 33.000 gajah, di antaranya gajah putih milik Shapur. Gajah-gajah yang lain sudah jinak dan mengikutinya.
  • Bolehkah Anak Menasehati...
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:54 WIB
    Dalam kehidupan banyak kita jumpai berbagai watak manusia. Termasuk dalam lingkup keluarga sendiri. Orang tua, kerabat dekat, teman, dan tetangga yang memiliki watak yang tidak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
  • Sering Menunda Shalat?...
    Muslimah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:29 WIB
    Tahukah muslimah, bahwa ada satu jenis telat yang jauh lebih berbahaya. Yakni telat shalat. Azab Allah Taala berupa datangnya semua kesulitan akan menimpa seorang muslim jika sering menunda shalat.
  • Taat dan Keteguhan Hati...
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:50 WIB
    Firaun dikenal sebagai raja yang dihukumi Allah sebagai raja fasik yang mengaku sebagai tuhan. Tidak demikian dengan istrinya Asiyah. Ia justru mendapat rahmah dan.kasih sayang dari Allah sehingga dijamin masuk surga.
  • Bercermin, Berdialog...
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 16:03 WIB
    Bercermin. Setiap orang pasti senang melakukannya, apalagi kaum perempuan. Saat becermin, kita merasakan nikmat dan tidak pernah bosan. Sekali pun wajah yang kita lihat di cermin, tetap itu-itu juga.
  • Ibnu Khaldun, Ilmuwan...
    Dunia Islam
    Rabu, 10 November 2021 - 16:58 WIB
    Ibnu Khaldun adalah bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi dan ekonomi. Saat masih remaja seluruh keluarganya, termasuk gurunya meninggal karena wabah sampar.
  • Yuk, Tahan Lisan untuk...
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Kebiasaan mengomentari makanan sepertinya sudah sangat biasa dalam masyarakat kita. Dan mungkin, tanpa sadar, kita sendiri pun kerap melakukannya. Padahal, mengomentari makanan adalah akhlak tercela yang harus ditinggalkan kaum muslimin.
  • Sambil Menangis Gus...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 14:52 WIB
    Ulama kharismatik Kiyai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau lebih akrab dipanggil Gus Mus menyampaikan pesan yang menyentuh hati kepada para pemuka agama dan pendakwah di Tanah Air.
  • Macam-macam Talak Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 10:57 WIB
    Macam-macam talak menurut syariat Islam ada beberapa jenis, ada yang berdasarkan jumlah, boleh tidaknya rujuk, keadaan istri, dari segi penyampaian, serta dari segi langsung atau tidaknya suami menjatuhkan talak.
  • Mengenakan Pakaian Populer,...
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Pakaian adalah perhiasan hidup manusia, dengan pakaian itu manusia akan tampak indah, rapi, menawan sehingga penampilan semakin mantap. Namun demikian, hal yang harus dihindari dalam berpakaian ialah pakaian syuhrah atau pakaian popularitas. Kenapa?
  • Al-Kindi: Pening dengan...
    Dunia Islam
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 17:13 WIB
    Al-Kindi dibuat pusing dalam menghadapi kritikus Al-Quran dari kaum atheis, Yahudi, Kristen dan aliran-aliran lain. Al Kindi akhirnya mengirim muridnya untuk bertanya kepada ulama yang mumpuni.
  • Kisah Prof Leon, Ilmuwan...
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Nama dan titel lengkapnya setelah memeluk Islam adalah Prof Haroon Mustapha Leon MA PhD LLD FSP. Beliau adalah anggota kehormatan dari bermacam-macam masyarakat kaum cendekiawan Eropa dan Amerika.