Topik Terkait: Akhlak Muslim (halaman 31)

  • Seorang Pria Non-Muslim...
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 22:15 WIB
    Di tengah agresi barbar militer Israel terhadap Palestina, seorang pria non-Muslim Kanada angkat bicara berharap Islam menguasai dunia demi tegaknya keadilan.
  • Hati-hati, Kebencian...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Juni 2021 - 10:40 WIB
    Para ulama terdahulu mengingatkan kita agar tidak menaruh kebencian kepada sesama saudara muslim. Sebab, kebencian terhadap saudara termasuk perkara maksiat.
  • Membiasakan Diri Memberi...
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Setiap orang tua hendaknya membiasakan diri untuk memberi contoh tentang akhlak-akhlak mulia kepada jiwa anak-anak mereka sejak dini. Karena pengaruh orang tua sangat penting terhadap kehidupan anak-anak di masa yang akan datang.
  • Inilah Cara Berdakwah...
    Muslimah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 10:09 WIB
    Cara berdakwah kaum muslimah hendaknya meniru cara Rasulullah Shallahualaihi wa Sallam, yakni dengan sikap yang lemah lembut namun tetap tegas.
  • Fatimah al-Fihri: Janda...
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:59 WIB
    Fatimah al-Fihri adalah wanita muslim yang mendirikan universitas pertama di dunia. Tidak hanya sekadar pendiri, ide mengenai Universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal dari dia.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Masih Adakah Rasa Malu?
    Tausiyah
    Kamis, 26 September 2019 - 20:15 WIB
    Dalam dunia ini selalu ada dua bentuk aturan. Ada aturan tertulis (written laws) dan ada juga aturan-aturan yang tidak tertulis (unwritten laws).
  • Tazkiyatun Nafs : Pentingnya...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 18:27 WIB
    Tazkiyatun Nafs adalah menyucikan jiwa dan menjernihkan hati. Tazkiyatun nafs bisa diraih dengan akhlak yang mulia.
  • Iblis Tertawa Bahagia...
    Muslimah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 10:21 WIB
    Rasulullah SAW selalu mengingatkan umatnya tentang tipu daya atau langkah-langkah iblis untuk merusak anak Adam. Dan salah satu kerja iblis ini adalah merusak hubungan sebuah rumah tangga
  • Besarnya Pahala Orang...
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:02 WIB
    Bagi orang-orang muslim dan mukmin, tidak perlu susah-susah untuk menentukan cara mendidik anak. Sebab, Islam telah mengajarkan metode pendidikan anak ala Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Penaklukan Mesir: Kisah...
    Hikmah
    Senin, 15 Juli 2024 - 13:40 WIB
    Kota ini merupakan pusat utama Kekristenan awal dan merupakan pusat Patriarkat Aleksandria, yang merupakan salah satu pusat utama Kekristenan di Kekaisaran Romawi Timur.
  • Pertempuran Nahawand...
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 14:33 WIB
    Pasukan Muslimin dengan kekuatan 30.000 orang diketahui oleh Firozan. Dia tidak menganggapnya enteng, juga dia tidak akan tertipu bahwa yang akan menghadapi mereka adalah 150.000 orang.
  • Kisah Paceklik dan Wabah...
    Hikmah
    Senin, 01 Juli 2024 - 15:47 WIB
    Pada tahun ini hujan tidak turun di segenap penjuru negeri Syam, al-Jazirah, Irak, negeri-negeri al-Bakariyyah, Moshul, negeri-negeri pegunungan, Khalath, dan lain-lain. Paceklik dan musim panas menghebat.
  • Adab-adab dalam Berjihad,...
    Tips
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 17:54 WIB
    Perang Palestina dan Zionis Israel membangkitkan kembali semangat jihad. Meski berperang dengan jihad fii sabilillah, namun dalam Islam ada adab-adab berjihad yang sangat diutamakan.
  • Pentingya Ilmu Manajemen...
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:30 WIB
    Pernikahan adalah anjuran Allah Taala bagi manusia untuk mempertahankan keberadaannya. Pernikahan juga untuk mengendalikan perkembangbiakan dengan cara yang sesuai dan menurut kaidah norma agama.
  • Pejabat China: Al-Quran...
    Dunia Islam
    Minggu, 11 Juni 2023 - 09:43 WIB
    China tengah berjuang menghapus hal-hal yang berbau Arab pada masjid-masjid di Negeri Tirai Bambu itu. Tentu saja, Al-Quran berasal dari Arab Saudi, tetapi setelah tiba di China, harus beradaptasi.
  • Mengenal ISNA, Organisasi...
    Dunia Islam
    Rabu, 06 September 2023 - 14:13 WIB
    Tidak dapat diingkari bahwa Islam di Amerika dan Barat menjadi perhatian tersendiri bagi dunia Islam. Ada semacam harapan bahwa kebangkitan Islam bakal datang dari arah Barat. Allahu Alam.
  • Lentera Hati dan Aplikasi...
    Dunia Islam
    Sabtu, 26 November 2022 - 16:13 WIB
    Bagi kaum muslimin yang ingin menikmati buku-buku karya cendekiawan muslim M Quraish Shihab dapat membacanya melalui aplikasi Kesan, sebuah aplikasi Islami.
  • Fatwa Rasulullah SAW...
    Muslimah
    Minggu, 18 Desember 2022 - 18:11 WIB
    Memahami nasab tetap perlu untuk diketahui karena nantinya akan menentukan pembagian waris, perwalian, mengetahui mahram, dan lain sebagianya.
  • Joker dan Thaha Husien,...
    Hikmah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 18:45 WIB
    Joker sebagai tokoh antagonis fiktif dan Thaha Husien sebagai tokoh pemikir Islam liberal pernah mengalami masa lalu yang sama.
  • Tanda-Tanda Anak Baligh,...
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Ketika mendapati tanda anak-anak kita telah mencapai usia baligh, apa yang harus dilakukan? Dan bagaimana orangtua harus menyampaikan hal tersebut sesuai ketentuan syariat?