Topik Terkait: Al Jannah (halaman 26)

  • Rabiah Al-‘Adawiyah,...
    Muslimah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:35 WIB
    Sosok perempuan muslimah ini cukup dikenal sekitar abad ke 8. Ia tercatat, sebagai guru yang melahirkan tokoh-tokoh sufi terkenal di dunia hingga saat ini
  • Tajwid Surat Al Falaq,...
    Tips
    Kamis, 01 Agustus 2024 - 15:03 WIB
    Tajwid Surat Al Falaq ini perlu dipahami oleh setiap muslim, mengingat surah ini termasuk suratan pendek yang kerap dibaca ketika shalat fardhu atau sunnah.
  • 3 Sebab Ulama Haramkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:02 WIB
    Mengapa para ulama, fikih mutaakhirin lebih bersikap keras untuk melarang lagu-lagu terutama dengan alat-alat musik, daripada ulama fikih masa lalu? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menyebebut beberapa sebab.
  • Kisah Siti Maryam Bunda...
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • Memahami Pengertian...
    Tausyiah
    Selasa, 17 September 2024 - 13:56 WIB
    Mereka semua merujuk kepada sahabat Nabi, terutama Ibnu Abbas dan beberapa tabiin yang menafsirkan riba dalam ayat tersebut sebagai hadiah yang dilakukan oleh orang-orang yang mengharapkan imbalan berlebih.
  • Imam Al-Ghazali, Sang...
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 15:03 WIB
    Imam Al-Ghazali menulis dan menggunakan lambang dan simbol puisi. Nama julukan yang dipilihnya sendiri yang umum ia gunakan adalah al-Ghazali. Terutama alat ini, Pemintal.
  • Inilah Keindahan Bidadari...
    Muslimah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Tentang penggambaran bidadari surga yang disebut Rasulullah ini, tentu akal kita tak mampu melukiskannya. Bidadari yang menyinari dunia tentu tak sama dengan matahari yang sinarnya masih terbatas jarak dan menggelapkan sebahagian wilayah bumi.
  • Perempuan di Zaman Nabi...
    Hikmah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 19:32 WIB
    Siti Sarah dan Siti Hajar adalah gambaran perempuan pada zaman Nabi Ibrahim sebagaimana yang diinformasikan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Ketika Jatuh Sakit,...
    Hikmah
    Senin, 11 Oktober 2021 - 16:54 WIB
    Suatu hari Rabiah Al-Adawiyah jatuh sakit. Dia ditanya apa penyebabnya. Aku memandang Firdaus, jawabnya, Dan Tuhanku mendisiplinkanku. Ketika pemuka Basrah ingin membantu, ia menolak.
  • Konsep Manunggal dengan...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 05:00 WIB
    Makna hakiki bersatu dengan Allah ialah berlepas diri dari makhluk dan kedirian, dan sesuai dengan kehendak-Nya, tanpa gerakmu, yang ada hanya kehendak-Nya.
  • Khasiat Surat Al-Ahqaf,...
    Hikmah
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 10:55 WIB
    Keistimewaan Surat Al-Ahqaf barangsiapa yang menulisnya di suatu lembaran dan mencucinya dengan air zamzam lalu meminumnya maka dia akan menjadi orang yang terpandang.
  • Kalimat Kedua Syahadatain,...
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 19:22 WIB
    Kedua kalimat ini dikenal dengan nama Syahadatain atau dua kalimah kesaksian. Kalimat kedua merupakan jembatan hati antara setiap Muslim dengan al-Quran
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 20:40 WIB
    Dalam Kitab Ianah Attholibin, para ulama menganjurkan membaca Surat Al-Insyirah (Alam Nasyroh) dan Surat Al-Fil (Alam Taro) ketika sholat qobliyah Subuh. Ini keutamaannya.
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 16:40 WIB
    Cara membaca tajwid Surat Al-Humazah sangat penting dipelajari umat Muslim. Dinamai Al-Humazah diambil dari ayat pertama surat ini yang artinya pengumpat.
  • Khasiat Surat Al-Munafiqun,...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:13 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Munafiqun, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan dibacakan kepada orang terkena penyakit bisul maka insya Allah dia akan sembuh
  • Faedah Membaca Surat...
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 14:00 WIB
    Salah satu faedah dan keutamaan membacanya, di antaranya akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Apa sebenarnya maksud dari cahaya dua Jumat ini?
  • Hukum Seni Lawak, Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 05:58 WIB
    Sesungguhnya tertawa itu termasuk tabiat manusia. Tertawa itu datang setelah memahami dan mengetahui ucapan yang didengar atau suatu sikap dari gerakan yang dilihat, sehingga ia tertawa karenanya.
  • 10 Hewan yang Dijamin...
    Tausyiah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 13:07 WIB
    Ada beberapa hewan yang dijamin masuk surga yang tercantum dalam Al-Quran, baik pada nama surat maupun sebagai sebuah kisah. Hal ini tentu bukan sekadar dongeng belaka, namun banyak hikmah di dalamnya.
  • Al-Ghazali: Makanan...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 08:48 WIB
    Makanan yang baik menjadi fondasi utama bagi perjalanan suatu golongan. Jika pun ada seorang hamba mendirikan sholat laksana sholatnya budak, hal itu tak akan berguna selama dia tidak mengetahui apa yang masuk ke dalam perutnya
  • Sikap Islam Terhadap...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:58 WIB
    Umat Islam mengenal tradisi pemikiran Yunani sejak pertengahan abad kedelapan, menyusul penaklukan-penaklukan awal, terutama penaklukan atas Irak.