Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 156)

  • Kisah Luqman Al Hakim...
    Hikmah
    Selasa, 06 Agustus 2024 - 15:30 WIB
    Nama Luqman Al Hakim telah diabadikan dalam kitab suci Al Quran. Padahal, dirinya bukanlah seorang nabi ataupun rasul, melainkan digambar sebagai ahli hikmah.
  • Begini Doa sebelum Makan...
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 13:21 WIB
    Syekh Muhammad bin Ahmad Al-Hajjar Al-Madani dalam kitabnya menyampaikan wasiat Syaikh Ali Al-Khawwas berkaitan dengan tuntunan doa ketika menghadapi berbagai hidangan.
  • Mencari Warna Islami...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:51 WIB
    Sedikit kesan islami pada resepsi pernikahan Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi pada Kamis 1 Juni kemarin.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 17:29 WIB
    Makna kata umat dalam Al-Quran sangat lentur, dan mudah menyesuaikan diri. Tidak ada batas minimal atau maksimal untuk suatu persatuan. Yang membatasi hanyalah bahasa.
  • Riba Jelas Haram, Lalu...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:44 WIB
    Ayat-ayat di atas lebih memperkuat kesimpulan bahwa kelebihan yang dipungut, apalagi bila berbentuk pelipatgandaan, merupakan penganiayaan bagi si peminjam.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Selasa, 18 April 2023 - 00:55 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan tentang petunjuk dan sebagai Furqan.
  • Bahaya Sifat Munafik...
    Tausiyah
    Minggu, 26 Mei 2019 - 14:26 WIB
    Allah dan Rasul-Nya telah mengingatkan kita akan bahaya sifat munafik. Penyakit ini selain mencelakai diri sendiri juga membawa keburukan bagi orang lain.
  • Masyarakat Religius...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:54 WIB
    Quraish Shihab mengatakan semakin kokoh hubungan manusia dengan alam raya dan semakin dalam pengenalannya terhadapnya, akan semakin banyak yang dapat diperolehnya melalui alam itu.
  • Koreksi Syaikh Muhammad...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:49 WIB
    Mengapa perkara-perkara yang remeh ini ditampilkan padahal perkara ini malah dapat menghalangi jalan Allah, dan menampilkan Islam dengan cara seperti itu akan lebih menggambarkan Islam berwajah garang?
  • Mariyah al-Qibthiyah...
    Hikmah
    Selasa, 19 April 2022 - 15:46 WIB
    Saat pertama kali melihat Maria, Rasulullah SAW terpesona dengan paras dan akhlak wanita dari kalangan Kristen Koptik yang memang cantik dan anggun itu
  • Surat Al-Ahzab Ayat...
    Hikmah
    Minggu, 23 Juli 2023 - 12:11 WIB
    Surat Al-Ahzab ayat 69, misalnya, salah satu khasiatnya adalah bisa dijadikan wasilah dan doa agar dicintai banyak orang. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut..
  • Kisah Shalahuddin Al-Ayyubi...
    Hikmah
    Minggu, 07 Juli 2024 - 11:42 WIB
    Dikisahnya, kala itu Bangsa Eropa telah membangun sebuah benteng kokoh di Banyas, Negeri Syam, dekat rumah Nabi Yakqub as, di daerah yang bernama Makhadlat al-Ahzan.
  • Anjuran Bersabar dan...
    Tausyiah
    Kamis, 03 November 2022 - 13:55 WIB
    Sabar sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Ada yang diucap. Ada yang dirasa. Sabar termasuk akhlak yang paling mulia dan utama. Sabar mendapat banyak perhatian dari Al-Quran di dalam surat-surat-Nya.
  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 17:11 WIB
    Surat An-Nur Ayat 13 ini merupakan pelajaran berharga sekaligus peringatan kepada manusia agar tidak sekali-kali menuduh orang lain tanpa saksi atau bukti konkret.
  • Bacaan Ghunnah: Pengertian,...
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 11:54 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh dari bacaan ghunnah akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran dengan menggunakan ilmu tajwid adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam.
  • Habib al-Ajami: Rentenir...
    Hikmah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:26 WIB
    Habib bin Muhammad al-Ajami al-Basri nama lengkapnya. Jauh sebelum namanya ngetop karena kesalehannya, Habib al-Ajami adalah seorang rentenir yang amat tajir.
  • Imam Syafii: Usia 7...
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sebutan asy-Syafii dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Syafi bin as-Saib. Beliau bertemu nasabnya dengan Rasulullah SAW pada Abdi Manaf bin Qushay, kakek Rasulullah yang ketiga.
  • Begini Khasiat Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 19:11 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Insyiqaq, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan memudahkan kelahiran jika diletakkan di tubuh wanita, tetapi jika wanita telah melahirkan maka segeralah mencabutnya.
  • Ketika Al-Quran Menjadi...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 09:48 WIB
    Pada tahun 1700-an, tafsir Al-Quran dalam bahasa Inggris benar-benar menjadi buku terlaris di kalangan Protestan di Inggris dan koloni Amerikanya. Salah satu pembacanya adalah Thomas Jefferson.
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 16:40 WIB
    Cara membaca tajwid Surat Al-Humazah sangat penting dipelajari umat Muslim. Dinamai Al-Humazah diambil dari ayat pertama surat ini yang artinya pengumpat.