Topik Terkait: Al Mujib

  • Mengenal Sifat Allah sebagai al-Mujib
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 16:11 WIB
    Apabila kita mengenal Allah dengan baik, kita pasti tidak akan protes kepada-Nya atas apa pun yang telah ditetapkan untuk kita. Karena Allah Taala adalah pencipta kita, Allah yang memiliki diri kita, dan Allah Mahatahu segala permasalahan dan keperluan kita.
  • Al-Mujib, Sifat Allah yang Maha Mengabulkan Permohonan
    Hikmah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 10:26 WIB
    Salah satu sifat Allah Subhanahu wa taala yakni Al-Mujib, sesungguhnya Allah itu Maha Pemalu lagi Mahamulia. Bagi seorang Hamba, sifat Allah SWT ini perlu dikenali dengan sebaik-baiknya.
  • Arti Surat Al Maun dan  Keutamaannya
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:05 WIB
    Arti surat Al Maun adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini. Surat al Maun juga dinamakan Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Araaita
  • Inilah Sahabat yang Mengkhatamkan Al-Quran Dalam Salat Malamnya
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB
    Al-Quran terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 huruf (menurut Imam Syafii). Jika 1 huruf sama dengan 10 kebaikan, maka berapa kebaikan yang kita dapat ketika membaca dan mengkhatamkannya?
  • Keutamaan dan Keistimewaan Surah Al-Fatihah
    Hikmah
    Rabu, 20 November 2019 - 20:21 WIB
    Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat yang diulang terus menerus dalam Alquran atau disebut Sabul Matsani. Berikut keistimewan dan keutamaannya.
  • 7 Keutamaan Surah Al-Baqarah
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 20:11 WIB
    Surah Al-Baqarah (sapi betina) adalah surah kedua dari 114 surah Alquran. Surah Al-Baqarah dimasukkan dalam golongan surat Madaniyyah dan merupakan surah terpanjang dalam Alquran.
  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran (2)
    Hikmah
    Senin, 10 Februari 2020 - 08:45 WIB
    Pada bagian pertama (1), kita telah mengulas 10 fadhillah keutamaan Al-Quran. Berikut lanjutan 40 Hadis Nabi mengenai keutamaan Al-Quran yang dirangkum dari berbagai sumber.
  • 4 Sikap Mengabaikan Al Quran Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Senin, 15 Januari 2024 - 10:58 WIB
    Di zaman sekarang, banyak orang-orang yang mengaku Islam namun enggan atau mengabaikan Al-Quran sebagai kitabullah. Padahal kewajiban muslim adalah membaca dan mengamalkan isi Al Quran itu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Tajwid ? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 18:58 WIB
    Menurut Syekh Ibnul Jazari, hukum mempelajari ilmu tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardu kifayah. Namun berbeda hukumnya dengan membaca Al Quran menggunakan tajwid maka hukumnya fardhu ain.
  • Penjelasan Makna dari Hadis Membaca Surat Al Ikhlas Setara dengan Sepertiga Al Quran
    Tips
    Senin, 31 Oktober 2022 - 09:30 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat yang pernah disabdakan Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam. Yakni, membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Subhanahu wa Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis Keutamaan Membacanya
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 21:15 WIB
    Surat Al-Kahfi (Surat ke-18 dalam Al-Quran) adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis keutamannya.
  • Membaca Al Fatihah untuk Orang Sakit
    Tips
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:43 WIB
    Membaca Al-Fatihah untuk orang sakit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak fadhilah atau keutamaan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga dinamakan al-Syifa (obat/penyembuh).
  • Surat Al-Waqiah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 14 Juni 2023 - 23:25 WIB
    Surat Al-Waqiah lengkap Arab latin dan terjemahan sangat dianjurkan dibaca kaum muslim setiap hari. Surat ini memiliki keutamaan membuka pintu rezeki dan penghalang kemiskinan.
  • Surat Al-Insyirah: Bersama Kesulitan Ada Kemudahan
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:29 WIB
    Surat Al Insyirah, bersama kesulitan ada kemudahan. Surat ini dikenal sebagai surat penghibur Rasulullah sekaligus menguatkan hati beliau ketika mengemban misi dakwah.
  • Keutamaan Surat Al Waqiah, Dijauhkan dari Kemiskinan hingga Dapat Syafaat
    Hikmah
    Jum'at, 26 April 2024 - 15:43 WIB
    Banyak keutamaan surat Al Waqiah serta faedah bila rutin membacanya. Surat ini dikenal sebagai surat Al-Quran yang mustajab mengatasi kesulitan ekonomi.
  • Habib Ahmad dan Majlis Sirah Doakan Donatur Ponpes Al-Hawthah Al-Jindaniyah
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 21:48 WIB
    Pondok Pesantren Al Hawthah Al Jindaniyah menggelar acara Doa Bersama sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kepada para donatur yang telah memberi perhatian dan bantuannya.
  • Surat Nasehat al-Hasan al-Bashri  untuk Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Minggu, 04 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kisah di bawah ini, syarat dengan hikmah tentang bagaimana sosok pemimpin yang bijaksana dan dapat mengemban amanah dunia ini dengan sebaik-baiknya, dan ia pun terbuka pada nasehat orang lain.
  • Inilah 4 Faedah Menghadiahkan Al Fatihah untuk Diri Sendiri
    Tips
    Senin, 21 November 2022 - 09:41 WIB
    Banyak sekali keutamaan Surat Al Fatihah, termasuk manfaat menghadiahkan surat ini untuk diri sendiri, selain akan mendapatkan pahala karena membacanya.
  • Inilah Faedah Surat Al-Baqarah saat Menempati Rumah Baru
    Hikmah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 13:25 WIB
    Manfaat dan faedah Surat Al-Baqarah sudah banyak dijelaskan, salah satunya ketika akan menempati rumah baru. Membaca surah al-Baqarah untuk mengusir dan menjaga rumah tersebut dari keburukan dan setan yang terkutuk.
  • 5 Khasiat Surat Al Mulk, Nomor 3 Bisa Meluaskan Rezeki dan Menjauhkan Diri dari Kefakiran
    Tips
    Rabu, 06 Desember 2023 - 11:05 WIB
    Dengan mengetahui khasiat surat Al Mulk Ayat ke-14 mungkin dapat menjadi inspirasi umat Islam untuk selalu mengamalkannya. Surat Al Mulk juga merupakan surat yang ke-67 dalam Al-Quran dan memiliki 30 ayat.