Topik Terkait: Bahasa (halaman 3)

  • Sejarah Muslim di Amerika: Budak yang Pintar Membaca dan Menulis Arab
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 11:20 WIB
    Ada beberapa hal yang membedakan budak yang muslim dengan nonmuslim. Umat Islam lebih terpelajar. Suatu persyaratan Islam karena orang beriman perlu membaca Al-Quran,.
  • Kisah Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 28 Agustus 2023 - 16:06 WIB
    Doa penutup acara rapat ini biasanya dipanjatkan setelah semua rangkaian kegiatan acara rapat selesai, baik acara resmi, kegiatan syukuran, organisasi, acara rapat dan lainnya.
  • Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
    Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Berikut bacaan niat dan doa setelah wudhu.
  • Lirik Anta Nurullahi Fajran Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 19 Desember 2023 - 09:51 WIB
    Lirik Anta Nurullahi Fajran banyak dicari oleh umat Muslim, pasalnya ini merupakan salah bentuk selawat Nabi yang berisi pujian tanpa henti kepada Nabi Muhammad SAW.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Lirik Sholawat Tibbil Qulub Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaan
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:30 WIB
    Lirik sholawat Tibbil Qulub menjadi informasi penting untuk diketahui. Pasalnya, bacaan sholawat ini termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat.
  • Doa Setelah Sholat Tahajud Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 21:58 WIB
    Doa setelah sholat Tahajud ini termasuk di antara doa yang dianjurkan Rasulullah SAW dibaca ketika qiyamullail. Berikut bacaannya lengkap bahasa Arab, latih dan terjemahan.
  • Bacaan Doa Mengantar Orang Naik Haji Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Kamis, 09 Mei 2024 - 10:07 WIB
    Bacaan doa mengantar orang naik haji penting diketahui. Doa tersebut bisa diamalkan seorang Muslim ketika mengantar keluarga atau tetangga yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji.
  • Khotbah Arafah Disiarkan dan Diterjemahkan dalam 10 Bahasa, Termasuk Indonesia
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 22:48 WIB
    Berdasarkan arahan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaizizal Saud, Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (GPH) akan menerjemahkan khotbah Arafah dalam 10 bahasa.
  • Doa Berhenti PMO dalam Islam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Rabu, 27 Maret 2024 - 14:28 WIB
    Berikut adalah doa untuk berhenti PMO menurut ajaran Islam beserta artinya. Doa ini dapat diamalkan sebagai upaya menghentikan perilaku tercela tersebut.
  • Doa dan Zikir setelah Salat Tarawih dan Witir, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 14:29 WIB
    Doa dan zikir setelah salat tarawih dan witir penting diketahui umat Muslim. Terlebih, pekan ini kita semua telah memasuki bulan suci Ramadan.
  • Nama Nabi Isa dalam Beberapa Bahasa dan Ciri-cirinya
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 23:09 WIB
    Nama Nabi Isa alaihissalam dalam beberapa bahasa menarik untuk diketahui. Dalam perspektif Islam, Nabi Isa merupakan seorang Rasul Allah yang diutus untuk Bani Israil.
  • Bacaan Wirid setelah Salat Zuhur, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 07:38 WIB
    Bacaan wirid setelah salat Zuhur menjadi informasi penting untuk diketahui. Tak hanya menambah pengetahuan, namun juga bisa turut diamalkan agar memperoleh banyak pahala.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain: Huruf, Contoh Bacaan, dan Cara Bacanya
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:41 WIB
    Sebelum membahas hukum bacaan idgham mutajanisain (huruf, contoh bacaan, dan tara bacanya), terlebih dahulu kita apa yang dimaksud dengan idgham mutajanisain.
  • 25 Ucapan Isra Mikraj 2024 dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya.
    Tips
    Rabu, 07 Februari 2024 - 17:27 WIB
    Ada beberapa ucapan Isra Mikraj 2024 bahasa Inggris beserta artinya anti mainstream, untuk ucapan di sosial media maupun tugas sekolah.
  • Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tausyiah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 17:44 WIB
    Bacaan Surat Yasin dan Tahlil lengkap bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia adalah amalan yang dianjurkan karena bertabur pahala dan keutamaan.
  • Ketika Takdir Menjadi Komoditas Politik Muawiyah
    Tausyiah
    Senin, 25 Juli 2022 - 18:45 WIB
    Tatkala Muawiyah bin Abi Sufyan menggantikan Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah, ia menulis surat kepada salah seorang sahabat Nabi, menanyakan, Apakah doa yang dibaca Nabi setiap selesai sholat?
  • Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Bahasa Arab, Latin, Terjemahan Serta Keutamaan
    Tips
    Rabu, 13 September 2023 - 19:34 WIB
    Bacaan Sholawat Nariyah termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat. Keutamaan membaca sholawat tak perlu diragukan lagi.
  • Mengenal Makharijul Huruf Beserta Jenis-jenisnya
    Tips
    Rabu, 17 April 2024 - 19:43 WIB
    Saat membaca Al-Quran, umat Islam perlu melafalkan hurufnya dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pelafalan huruf yang bisa berakibat pada perbedaan arti.
  • Doa Jeda Tarawih Allahumma Innaka Afuwwun, Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 26 Maret 2024 - 15:02 WIB
    Doa jeda tarawih penting diketahui umat Muslim. Biasanya, doa tersebut akan dibacakan di sela-sela pelaksanaan salat tarawih. Salat tarawih sendiri merupakan salah satu amalan yang bisa dikerjakan pada bulan Ramadan