Topik Terkait: Belajar Sabar (halaman 3)

  • Quraish Shihab: Puasa Dipersamakan dengan Sikap Sabar
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 15:20 WIB
    Kalau melihat sikap Al-Quran yang seringkali melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya, maka agaknya kewajiban berpuasa pun dapat dikatakan demikian.
  • Bolehkah Menceritakan Nikmat kepada Orang Lain?
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah menceritakan nikmat kepada orang lain? Betulkan hal itu adalah bentuk syukur atau pamer? Bagaimana Islam memandangnya?
  • Kisah Hikmah : Belajar Tolong Menolong dari Dzulqarnain
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 15:54 WIB
    Menolong orang lain yang kesusahan merupakan amalan yang sangat mulia. Banyak dalil yang menerangkan tentang hal tersebut. Salah satunya dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahuanhu.
  • Hikmah dan Keutamaan Sikap Tawakkal, Allah Jamin Kesuksesan Dunia Akhirat
    Muslimah
    Senin, 16 Mei 2022 - 14:08 WIB
    Dalam kehidupannya, Rasulullah selalu berserah diri kepada Allah, Beliau tidak pernah gelisah dan resah dalam menghadapi berbagai persoalan. Sifat ini pun memiliki hikmah dan keutamaan luar biasa.
  • Belajar dari Para Sahabat Nabi dalam Mengamalkan Ilmu
    Tausyiah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 07:05 WIB
    Ketika menerima petuah dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, para sahabat menjadikannya sebagai amalan istimewa yang dikerjakan secara istiqamah.
  • Semangatnya Ibu-Ibu Belajar Membaca dan Menghafal Alquran
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juni 2017 - 19:51 WIB
    Sebuah undangan hadir dari ibu-ibu Majelis Taklim Al Ikhlas untuk belajar cara menghafal Alquran dengan metode khas Daarul Qur&rsquoan yaitu&nbspOne Day One Ayat (ODOA).
  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Hati-hati Belajar Tanpa Guru, Imamnya Bisa Setan
    Tausyiah
    Senin, 13 September 2021 - 17:20 WIB
    Dalam satu hadis diterangkan: Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga. Bagaimana jika menuntut ilmu tanpa guru?
  • Surat Yasin Ayat 30-31: Belajar dari Kisah-Kisah Terdahulu
    Tausyiah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 17:42 WIB
    Surat Yasin ayat 30-31 mengingatkan akan pentingnya mengambil hikmah kisah-kisah terdahulu. Dua ayat ini menyinggung orang-orang yang mengolok-olok para utusan Allah SWT.
  • Renungan: Membunuh dengan Lidah, Belajar dari Kodok Budeg
    Hikmah
    Jum'at, 16 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagian ulama berkata, Seandainya kalian yang membelikan kertas untuk para malaikat yang mencatat amal kalian, niscaya kalian akan lebih banyak diam daripada berbicara.
  • Belajar Bertaubat dari Sosok Syawanah al-Ubullah
    Muslimah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Syawanah adalah perempuan dari Persia yang sangat kuat penghambaannya kepada Allah Taala dan memiliki suara merdu. Masa hidupnya adalah sekitar abad ke-8 Masehi.
  • Belajar dari Proses Pengharaman Khamar
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 22:32 WIB
    Rasanya mustahil memisahkan bangsa Arab dari khamar. Karena khamar bukan sekadar budaya, tapi juga merupakan sumber ekonomi mereka.
  • Belajar dari Atsar Sa’ad bin Waqqash: Jangan Mengadu Domba Ustaz
    Hikmah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 09:37 WIB
    Suatu ketika, ada seorang yang mencela Khalid di depan Saad, maka beliaupun (Saad) marah dan menegur orang tersebut seraya mengatakan: Diamlah kamu.
  • Belajar dari Kisah Para Nabi dan Rasul
    Hikmah
    Selasa, 08 Mei 2018 - 06:05 WIB
    Alquranul-Karim merupakan kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Firman-Nya berisi petunjuk kebenaran agar manusia memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.
  • Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Lengkap dengan Latin dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 14:59 WIB
    Bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar, sangat baik kita ajarkan kepada anak-anak. Doa-doa pendek ini, akan memudahkan, anak-anak kita dalam menerima pelajaran atau ilmu.
  • Kisah Sedih dan Takjub Nenek Nabi Isa Alaihis Salam
    Muslimah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 11:23 WIB
    Adalah Hannah bin Faqud bin Qobil, seorang wanita yang ahli ibadah. Dia adalah Ibunda Maryam yang berarti pula nenek dari Nabi Isa alaihis salam. Dia adalah istri Imran bin Basyim bin Amun...bin Mutsam bin Azira...bin Sulaiman bin Daud.
  • Bersabarlah dalam Menghadapi Ketetapan Allah Taala
    Muslimah
    Kamis, 17 September 2020 - 15:10 WIB
    Sebagai orang beriman, patuh dan taat kepada program pemerintah adalah anjuran Al-Quran. Namun, orang beriman semestinya juga punya standar sendiri untuk mengatasi ujian dan musibah. Termasuk ujian dan musibah pandemi virus.
  • Anjuran Bersabar dan Hakikat Sabar dalam Al Quran
    Tausyiah
    Kamis, 03 November 2022 - 13:55 WIB
    Sabar sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Ada yang diucap. Ada yang dirasa. Sabar termasuk akhlak yang paling mulia dan utama. Sabar mendapat banyak perhatian dari Al-Quran di dalam surat-surat-Nya.
  • Belajar dari Istri Nabi Musa : Selalu Menjaga Rasa Malu
    Muslimah
    Sabtu, 13 November 2021 - 05:15 WIB
    Ada beberapa istri para nabi yang patut kita teladani dari sifat maupun akhlaknya. Salah satunya adalah istri Nabi Musa alaihissalam, yakni Shafura atau Shafuriyya.
  • Belajar Mengingat Kematian dari Hafshah binti Sirin
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 14:20 WIB
    Mengingat kematian juga merupakan salah cara hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala. Mereka yang senantiasa mengingat kematian akan mengontrol nafsu duniawinya